Pantas Bisa Sewa Eksekutor, Ternyata Harta Dalang Pembunuhan Chef Fiky Berasal dari Sini, Foto Tampangnya Jadi Sorotan

Selasa, 15 Februari 2022 | 09:21
Tribun Jakarta

Foto tampang Lelih Mawalih yang menjadi dalang pembunuhan Fiky Firlana jadi sorotan. Ternyata punya harta dari bisnis ini.

Fotokita.net - Pembunuhan Chef Fiky Firlana (22) sudah menarik perhatian publik. Ternyata nyawa korban dihabisi oleh dua pembunuh bayaran. Dalang pembunuhan Chef Fiky sengaja menyewa jasa eksekutor lantaran terbakar api cemburu.

Lelih Mawalih, dalang pembunuhan Chef Fiky Firlana diketahui sebagai penyuka sesama jenis. Kekasihnya, Hilda Nurlangi (28) berpaling kepada Fiky yang jauh lebih muda usianya.

Lelih ternyata punya kekayaan yang cukup untuk menyewa dua eksekutor pembunuh Fiky Firlana. Ternyata harta dalang pembunuhan Chef Fiky berasal dari sini.

Lelih merupakan aktor utama di balik tewasnya Fiky Firlana (22) yang jasadnya ditemukan di TPU Kober, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (10/2/2022) pagi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan hubungan Lelih dengan para eksekutor bayaran.

Rumah Lelih dan DR bertetangga. DR lalu mengajak MYL dan mengenalkannya kepada Lelih.

"LM (Lelih Mawalih, red) seorang wiraswasta, punya kontrakan dan usaha pengumpulan kardus," terang Endra dalam rilis perkara di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (14/2/2022).

Baca Juga: Punya Kelainan Bercinta, Ini Foto Tampang Dalang Pembunuhan Chef Vicky di TPU Kober, Motifnya Sewa Pembunuh Bayaran Terungkap

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengungkapkan sepak terjang Lelih.

Ia memastikan Lelih telah tiga kali merencanakan pembunuhan terhadap Fiky, namun dua kali gagal.

"Jadi, ini sudah yang ketiga kali," Budhi menegaskan. Lelih telah meminta DR dan MYL untuk membunuh Fiky sejak Januari 2022.

Sampai akhirnya kedua eksekutor baru bisa menghabisi Fiky pada Kamis (10/2/2022) pagi.

"Dua kali tidak berhasil. Ini ketiga yang berhasil," ujarnya.

Menggunakan mobil Terios Hitam, wanita berusia 38 tahun itu menjemput eksekutor DR di rumahnya di Srengseng pada Kamis pukul 01.30 WIB. Kemudian, Lelih melajukan mobilnya Terios hitam menjemput MYL di Cipondoh, Tangerang.

Barulah Lelih, DR dan MYL menunggu di TPU Kober, Ulujami, Pesanggrahan, pada pukul 02.30 WIB untuk menunggu korban.

Baca Juga: Foto Tampang Fiky Korban Pembunuh Bayaran di TPU Kober Disensor, Ternyata Dalangnya Punya Hubungan Begini

Tribun Jakarta

Foto tampang Lelih Mawalih yang menjadi dalang pembunuhan Fiky Firlana jadi sorotan. Ternyata punya harta dari bisnis ini.

Fiky yang bekerja sebagai koki sebuah restoran di bilangan Puri Kembangan, Jakarta Barat akhirnya tewas di tangan eksekutor.

Setelah kasus ini terkuak dan polisi menetapkan tiga tersangka, status Lelih dan sumber kekayaannya ikut terungkap.

Sedangkan kedua eksekutor bayaran yang ditugaskan Lelih menghabisi nyawa Fiky berstatus pekerja serabutan.

Lelih menjanjikan bayaran kepada kedua pelaku masing-masing Rp 1 juta, tapi baru uang muka saja.

Eksekutor DR baru menerima Rp 500 ribu, sementara eksekutor MYL baru menerima Rp 300 ribu. Diketahui, Fiky tewas mengenaskan dengan dua luka tusukan di tubuhnya.

Lelih merasa cemburu dengan hubungan Fiky dan kekasihnya, Hilda Nurlangi. Di sisi lain, Lelih juga menjalin hubungan spesial dengan Hilda. Hubungan itu sudah berlangsung selama sembilan tahun.

Selama sembilan tahun itu, Lelih disebut membiayai hidup Hilda dengan memberikan uang setiap bulannya.

Baca Juga: Sakit Jiwa! Ini Foto Tampang Suami Mona Heidari yang Tenteng Penggalan Kepala Istrinya Keliling Kota

Warta Kota

Foto tampang Lelih Mawalih yang menjadi dalang pembunuhan Fiky Firlana jadi sorotan. Ternyata punya harta dari bisnis ini.

"Selama 9 tahun dia (Lelih) memberikan pembiayaan hidup (ke Hilda) karena juragan kontrakan dia. Banyak kontrakannya, jadi dia ngasih uang bulanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (14/2/2022).

Namun, lanjut Zulpan, secara tidak sengaja Lelih mengenalkan Hilda kepada Fiky. Hubungan Hilda dan Fiky pun berlanjut hingga mereka berpacaran. Lelih cemburu dan sakit hati melihat kedekatan Hilda dengan Fiky.

"Tiba-tiba dia juga membawa orang, nggak sengaja dikenalkan (Fiky ke Hilda), malah jadian," ujar Zulpan.

Saksi mata Umi (54) mengatakan anaknya, Hilda, berpacaran dengan Fiky. Korban sempat berkunjung ke rumahnya pada Rabu (9/2/2022) malam.

"Memang hampir setiap hari ke sini, semalam juga ke sini dia sama anak saya," kata Umi yang rumahnya berdekatan dengan TPU Kober Ulujami pada Kamis pekan lalu.

Fiky sering berkunjung ke rumahnya untuk bertemu Hilda dan teman-teman lainnya. "Kalau di sini juga enggak bisa diam kalau lihat bahan-bahan makanan. Ya namaya juga koki ya," ujar dia.

FIky pulang sehabis apel dari kediaman Hilda pada Kamis sekitar pukul 03.30 WIB. Pada pukul 05.10 WIB, Hilda melihat jenazah pacarnya sudah tergeletak di samping salah satu makam.

Baca Juga: Cabuli Anak di Bawah Umur, Foto Tampang Bos Warteg di Cikarang Disebarkan Tanpa Sensor, Ujungnya Lakukan Tindakan Pengecut

Istimewa

Foto tampang Lelih Mawalih yang menjadi dalang pembunuhan Fiky Firlana jadi sorotan. Ternyata punya harta dari bisnis ini.

Pagi itu baru berjalan beberapa meter dari rumah, Hilda melihat mayat pacarnya tergeletak di dekat salah satu makam. Lelih memang sangat berniat menghabisi Fiky melalui tangan DR dan MYL.

Ia lebih dulu mengetahui tindak-tandSetelah menjemput kedua eksekutor, Lelih menunggu korban di TPU Kober sekira pukul 02.30 WIB.

Ketika korban melintas menggunakan motor, kedua eksekutor MYL dan DR menghentikannya. Keduanya lalu menusukkan gunting pemberian Lelih ke perut Fiky hingga menyisakan dua luka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengungkapkan, nyawa korban dibiarkan begitu saja. Sementara motor korban dibawa eksekutor DR. Dalam kasus ini polisi menyita barang bukti dari tersangka, di antaranya satu mobil Terios hitam B 1932 VFQ milik LM.

Sebuah gunting, satu unit motor Yamaha Mio B 4660 SNM milik korban, satu unit handphone, uang tunai Rp 500 ribu sebagai imbalan Lelih kepada DR dan uang tunai Rp 300 ribu kepada MYL.

Lelih, DR dan MYL, tiga tersangka pembunuhan terhadap Fiky Firlana dijerat pasal berlapis. Mereka merupakan tersangka kasus pembunuhan dan pencurian menggunakan kekerasan.

Para pelaku dijerat Pasal 340 KUHP jo Pasal 338 KUHP dan atau pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun.

Tiga tersangka terancam hukuman mati karena melakukan pembunuhan berencana terhadap korban.

Baca Juga: Nyaris Dihajar Massa, Foto Tampang Bos Warteg di Cikarang yang Perkosa Pegawainya Disebarkan, Begini Modus Pelaku

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya