Pilu! Foto Bocah Korban Kecelakaan Balikpapan Duduk Termenung, Kini Nasibnya Seperti Gala Sky

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:37
Facebook

Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan itu disandingkan dengan potret tampang sopir truk tronton maut. Kini nasibnya persis Gala Sky Andriansyah.

Fotokita.net - Seorang bocah yang menjadi korban kecelakaan maut di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menuai banyak simpati dari netizen. Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan yang duduk termenung sendirian bikin hati pilu. Kini nasibnya seperti Gala Sky Andriansyah, yatim piatu.

Polri mengungkap pengakuan sopir truk tronton, Muhammad Ali (47), yang menabrak sejumlah kendaraan di area turunan simpang traffic light Muara Rapak, Balikpapan Utara. Berdasarkan keterangan Ali, pompa angin rem truk yang dikendarainya tidak berfungsi.

"Keterangan sopir truk tronton, pompa angin rem tidak berfungsi," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

Dedi menyebut truk yang dikendarai Ali mengalami rem blong saat melintas di lampu merah Muara Rapak. Akibatnya, truk tronton itu langsung menabrak sejumlah kendaraan sekaligus. "Sehingga menyebabkan terjadinya rem blong," ucapnya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo pun mengkonfirmasi terkait kecelakaan maut Balikpapan yang terjadi pada Jumat pagi tadi (21/1).

"Iya tadi pagi (kejadiannya) jam 5 lebih," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo, Jumat (21/1/2022).

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo juga menyebutkan sopir truk yang mengalami kecelakaan maut di Balikpapan ini melanggar dua aturan. Aturan pertama yang dilanggar Muhammad Ali ialah peraturan Wali Kota (Perwali) Balikpapan yang melarang truk melintas di lokasi kejadian atau di Simpang Rapak pada jam kerja atau jam sibuk.

Baca Juga: Foto Tampang Sopir Truk Tronton Kecelakaan Balikpapan Disebarkan, Tingkahnya di Kantor Polisi Bikin Geram

"Sudah ada peraturan Wali Kota, dasar (aturannya) truk angkutan besar itu hanya diizinkan malam hari. Jadi pukul 06.00 Wita hingga 00.00 Wita itu tidak boleh melintas di situ," tegas Yusuf.

Pelanggaran kedua yang ditemukan ialah M Ali tidak mengecek terlebih dahulu kelayakan truk kontainer yang dikendarainya sebelum berjalan.

"(Pelanggarannya) dia nggak boleh lewat, yang pertama. Yang kedua, teknis layak jalan (truk) dia belum cek betul apakah rem kendaraannya blong apa tidak," kata Yusuf.

Atas perbuatannya, M Ali ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini dirinya masih diperiksa polisi atas kecelakaan maut Balikpapan tersebut. "Sudah (Tersangka), saat ini kita amankan dan diperiksa di Polresta Balikpapan," kata Yusuf.

Tersangka dijerat Pasal 310 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalau lintas angkutan jalan raya dengan ancaman 6 tahun dan di-juncto-kan dengan Pasal 359 KUHP. "Ancamannya 6 tahun penjara," pungkas Yusuf.

Foto sopir truk tronton kecelakaan Balikpapan yang menjadi tersangka saat diamankan turut beredar. Dalam foto beredar, tersangka mengenakan baju merah lis hitam yang dikenakan secara terbalik. Kemudian tersangka mengenakan celana jeans biru pada saat diamankan ke Polresta Balikpapan.

Masih dalam foto beredar, terlihat tersangka berdiri di samping salah seorang polisi dalam keadaan normal. Tak ada tanda-tanda tubuh sopir pemicu kecelakaan maut tersebut terluka.

Baca Juga: Foto Tabrakan di Flyover Pesing Bikin Merinding, Pemotor yang Terlempar ke Bawah Jembatan Ditilang, Polisi Buka Suara

Facebook

Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan itu disandingkan dengan potret tampang sopir truk tronton maut. Kini nasibnya persis Gala Sky Andriansyah.

Sebelumnya disebutkan, tersangka saat kejadian mengemudikan truk tronton yang membawa kontainer seberat 20 ton di atasnya. Kontainer itu disebut berisi kapur pembersih air.

Kepada polisi, tersangka mengaku akan melakukan perjalanan membawa kapur pembersih air tersebut ke Balikpapan Barat. Tapi saat berada di turunan Simpang Rapak Kota Balikpapan, Kaltim, rem truk tersangka blong hingga hilang kendali menyeruduk sejumlah pengendara.

Kecelakaan maut Balikpapan melibatkan truk tronton dan sejumlah pengendara di Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Kecelakaan maut tersebut terekam dari kamera pengawas atau CCTV.

Dalam peristiwa maut itu, satu unit truk tronton meluncur tanpa kendali. Truk tronton itu menabrak 20 kendaraan dengan rincian 14 sepeda motor dan 6 mobil. Kini sopir truk tronton yang menjadi penyebab kecelakaan maut itu diamankan di Polresta Balikpapan dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya, polisi menyebutkan kecelakaan maut Balikpapan ini mengakibatkan lima orang tewas. Namun kemudian polisi meralat jumlah korban dan menyebutkan ada empat orang yang tewas, bukan lima.

"Meninggal dunia empat orang," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Dedi menyebut satu korban lainnya kritis. Sementara itu, ada 21 orang lain yang mengalami luka-luka. "Kritis 1 orang, luka berat 4 orang, luka ringan 17 orang," tuturnya.

Baca Juga: Ngaku Dikawal Petugas, Foto Ayah Vanessa Angel Tabur Bunga di TKP Kecelakaan Bikin Kaget, Polisi Buka Suara

Facebook

Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan itu disandingkan dengan potret tampang sopir truk tronton maut. Kini nasibnya persis Gala Sky Andriansyah.

Para korban pun dilarikan ke tiga RS terdekat, yakn RSU Kanujoso, RS Beriman dan RS Ibnu Sina. Dari total korban kecelakaan maut Balikpapan tersebut, terungkap ada seorang anak-anak. Korban bersama orang tuanya saat itu sedang mengendarai mobil dan terlibat kecelakaan beruntun tersebut.

"Ada korban anak-anak. Saat kejadian, korban bersama kedua orang tuanya sedang mengendarai mobil dan berhenti persis di lampu merah," ucap Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali, Jumat (21/1/2022).

Disebutkan anak dan ibu yang berada di dalam mobil mengalami luka ringan. Sementara itu, kondisi ayahnya mengalami luka yang cukup parah. "Dan ketiganya sudah kita larikan ke rumah sakit," bebernya.

Ketiga korban berstatus ayah ibu dan anak tersebut merupakan warga Samarinda yang sedang melakukan perjalanan ke Balikpapan. "Mereka dari Samarinda. Pihak keluarga korban sudah juga sudah kita hubungi," kata Usman.

Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan yang duduk termenung sendirian itu diunggah akun gosip di Instagram. Dalam foto unggahan itu, sang bocah yang terlihat baik-baik saja duduk seorang diri.

Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan itu disandingkan dengan potret tampang sopir truk tronton maut. Dalam narasi yang beredar, orangtua bocah yang belum diketahui identitasnya itu meninggal dunia di rumah sakit.

Orangtua bocah korban kecelakaan maut Balikpapan itu menderita luka parah usai mobil yanhg mereka tumpangi remuk redam diseruduk truk tronton yang melaju tanpa kendali. Kini, nasib bocah itu seperti Gala Sky Andriansyah, yaitim piatu.

Seperti kita ketahui, Gala Sky harus kehilangan orangtuanya, Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah usai mengalami kecelakaan tunggal di jalan tol Trans Jawa pada awal November 2021.

Baca Juga: Foto Gala Sky Berontak Digendong Sahabat Vanessa Angel Bikin Miris, Keluarga Ungkap Fakta Mengejutkan

Instagram

Foto bocah korban kecelakaan Balikpapan itu disandingkan dengan potret tampang sopir truk tronton maut. Kini nasibnya persis Gala Sky Andriansyah.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya