Foto Driver Ojol Korban Bogem Mayor TNI AL Viral, KSAL Angkat Bicara

Selasa, 11 Januari 2022 | 23:59
Facebook

Foto korban yang terluka akibat pemukulan mayor TNI AL membuat ratusan driver ojol murka. Mereka menggeruduk Polsek Pamulang.

Fotokita.net - Seorang driver ojek online (ojol) menjadi korban bogem mayor TNI AL berinsial B di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Akibatnya, foto wajah korban yang bersimbah darah viral. Dari situ, ratusan driver ojol menggeruduk Polsek Pamulang.

Netizen sempat terkejut fotokantor Polsek Pamulang, Tangerang Selatan, digeruduk ratusan driver ojol. Polisi telah mengungkap kejadian itu bermula dari pemukulan oleh oknum TNI AL kepada salah seorang driver ojol.

"Awalnya memang belum diketahui sini pengemudi (ojol) di jalan umum saja, kan pengemudi sepeda motor. Kemudian ternyata ada cekcok di situ terjadi kesalahpahaman pemukulan," kata Kapolsek Pamulang Kompol Sujarwo, Senin (10/1/2022).

Sujarwo mengungkapkan peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/1/2022), sekitar pukul 18.00 WIB. Warga sempat melerai keributan itu hingga diketahui terduga pelaku pemukulan oknum TNI AL.

"Akhirnya ada beberapa masyarakat yang melerai ya, sudah ke Polsek ternyata diketahui bahwa itu oknum TNI AL. Kemudian keinginan dari pelapor atau korban sudah nanti ditangani saja orang yang berkompeten karena dia (terduga pelaku) TNI AL," jelas Sujarwo.

Anggota TNI AL, Mayor B, yang memukul driver ojek online (ojol) di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono,oknum TNI AL tersebut telah ditahan di Markas POM TNI AL Lantamal III Jakarta sejak Senin (10/1/2022). Penyidikan terkait kasus penganiayaan oleh Mayor B masih terus dilakukan.

Baca Juga: Foto Driver Ojol Korban Bogem Mayor TNI AL Viral, KSAL Angkat Bicara

Julius lalumenjelaskan awal mula terjadinya pemukulan itu. Katanya, tindak penganiayaan bermula saat korban yang berboncengan dengan anaknya bertemu Mayor B yang mengendarai mobil. Saat itu sepeda motor korban dan mobil oknum TNI AL melaju dari arah berlawanan.

Anggota TNI AL meminta korban untuk berhenti dan meminggirkan kendaraannya. Setelah itu, terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan terjadi tindakan penganiayaan.

"Kalau sudah terbukti melanggar, tidak ada seorang pun anggota TNI AL yang bersalah yang lolos dari jerat hukum. Masalah ini perlu ditindaklanjuti," kata Laksma Pertama TNI Julius, Selasa (11/1/2022).

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/1/2022) sekitar pukul 17.40 WIB. Warga sempat melerai keributan.

Insiden ini terekam kamera warga hingga foto korban bogem mayor TNI AL viral di media sosial (medsos).

Akibat penganiayaan tersebut, korban mengalami luka memar di bagian pelipis sebelah kanan.

TNI AL menyatakan berkomitmen menindak prajurit yang terbukti melakukan pelanggaran hukum.

Baca Juga: Bersimbah Darah, Foto Korban Penganiayaan Mayor TNI AL Bikin Murka Driver Ojol, Pelaku Diganjar Hukuman Ini

Facebook

Sejumlah driver ojol juga menyebarkan foto tampang pelaku pemukulan yang belakangan disebut memiliki pangkat mayor TNI AL.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono juga telah menegaskan tidak akan ada prajurit yang lolos dari hukum apabila terbukti melakukan tindak pidana.

Hal ini sudah menjadi komitmen dari Institusi TNI mulai dari Panglima TNI dan jajaran di bawahnya bahwa prajurit yang salah akan diproses secara hukum.

Terkait peristiwa ini, kantor Polsek Pamulang sempat digeruduk puluhan driver ojol.

Oknum TNI AL, Mayor B, sudah berdamai dengan driver ojek online (ojol) yang dipukulnya di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Meski sudah berdamai, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono meminta Mayor B tetap dihukum.

"Penyelesaian menggunakan mediasi pasti, sudah minta maaf, tapi hukum tetap berjalan. Sudah mediasi. Bapak KSAL menegaskan tetap dihukum," kata Kadispen AL, Laksma Julius Widjojono kepada awak media detik, Selasa (11/1/2022).

Julius menuturkan Mayor B sempat cekcok dengan driver ojol. Hingga akhirnya terjadi aksi pemukulan.

"Kalau cekcok pasti, kalau nggak ada cekcok nggak mungkin mukul. Tiba-tiba mukul kan nggak," tuturnya.

Baca Juga: Polsek Pamulang Digeruduk, Foto Tampang Mayor TNI AL yang Pukul Ojol Bikin Murka, Ternyata Pemicunya Masalah Sepele Ini

Facebook

Sejumlah driver ojol juga menyebarkan foto tampang pelaku pemukulan yang belakangan disebut memiliki pangkat mayor TNI AL.

Julius mengatakan ada kesalahpahaman di antara keduanya. Namun Julius tidak menjelaskan lebih lanjut kesalahpahaman yang dimaksud.

Dia menyebut pihaknya masih melakukan pendalaman keterangan.

"Awalnya kesalahpahaman, Tapi mengapa seseorang berbuat demikian masih didalami," ucapnya.

Julius mengatakan proses hukum terhadap Mayor B masih berjalan. Mayor B kata Julius, masih ditahan Polisi Militer Angkatan Laut (POM AL)

"Masih diproses POM AL, kemarin (Mayor B) belum keluar, sejak kejadian langsung kita tangani," imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Saksi Kunci Kolonel Priyanto, Ini Foto Tampang Pria yang Ikut Angkat Tubuh Korban Tabrak Lari Anggota TNI

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya