Foto Habib Bahar Bin Smith Murka ke Jenderal Kopassus Ramai Dibahas, Fadli Zon Beri Pesan Begini

Sabtu, 01 Januari 2022 | 18:56
Facebook

Kedatangan jenderal Kopassus, Brigjen Achmad Fauzi ke rumah Habib Bahar Bin Smith ikut direspons oleh politisi Partai Gerindra, Fadli Zon.

Fotokita.net - Habib Bahar Bin Smith terlihat murka kepada Komandan Korem 061/Surya Kencana, Brigjen Achmad Fauzi. Foto Habib Bahar yang emosi saat mendapat kedatangan jenderal Kopassus itu viral di media sosial. Melihat foto itu, Fadli Zon beri pesan begini.

Foto Habib Bahar marah-marah di depan seorang jenderal TNI bintang satu sedang menjadi perbincangan di jagat maya. Foto ini berasal dari tangkapan layar video yang memuat rekaman adu argumen antara Habib Bahar Bin Smith dan anggota TNI.

Dalam video yang beredar, anggota TNI yang berpakaian loreng lengkap dengan tongkat komando. Dari pakaian lorengnya, anggota TNI itu memiliki tanda pangkat bintang satu di kerahnya. Sementara itu,Habib Bahar mengenakan jaket berwarna abu-abu dengan kaus putih. Rambut Habib Bahar juga tampak diikat.

Anggota TNI berpangkat jenderal bintang satu itu tampakmeminta Habib Bahar menjaga ucapannya ketika menyampaikan ceramah.Dari situ, Habib Bahar Bin Smith tidak terima. "Ini nggak akan terjadi kalau Bapak menjaga kalimat Bapak," kata jenderal TNI dalam video itu.

"Saya menjaga kalimat saya," timpal Bahar. "Ini nggak akan terjadi kalau Bapak menjaga kalimat Bapak," kata jenderal TNI itu lagi. "Saya menjaga kalimat saya," timpal Bahar. "Menurut Bapak," kata anggota TNI itu.

Baca Juga: Emosi Didatangi Danrem Bogor, Foto Habib Bahar Bin Smith Dipegangi Ibu-ibu Viral, Jenderal TNI Buka Suara

Dalam video itu, Habib Bahar juga menanyakan maksud dan tujuan jenderal TNI itu datang ke kediamannya. Namun pria itu tidak menjelaskan secara detail alasan kedatangannya. "Tapi gini, Pak, saya mau tanya, urusannya apa?" tanya Habib Bahar.

"Saya mendapat pesan," katanya. "Pesan dari siapa?" timpal Bahar.

"Dari saya selaku penguasa wilayah. Sudah tugasnya, Pak. Bapak berikan ceramah yang baik kepada...," kata jenderal TNI itu.

Belakangan, jenderal TNI yang membuat Habib Bahar Bin Smith diketahui. Dia adalahKomandan Korem 061/ Surya Kencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi. Foto profil jenderal Kopassus ini juga banyak dicari netizen di media sosial.

Setelah foto dan video Habib Bahar emosi di depan jenderal TNI viral di jagat maya, beragam respons bermunculan. Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar, sebelumnya menyebut tindakan anggota TNI tersebut bentuk abuse of power (penyalahgunaan kekuasaan).

Baca Juga: Pancing Emosi Habib Bahar Bin Smith, Foto Profil Jenderal Kopassus Ini Ramai Dibahas, Dulu Ikut Operasi Perang Timor Timur

Facebook

Habib Bahar bin Smith emosi didatangi Danrem Bogor. Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar, mengatakan tindakan jenderal TNI itu sebagai bentuk penyalahgunaan kekuasaan.

"Bahwa tindakan Komandan Korem 061/ Surya Kencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi yang mendatangi Habib Bahar bin Smith di pondok pesantrennya diduga membuat takut warga sekitar Pondok Pesantren merupakan suatu bentuk abuse of power," ujar Aziz dalam keterangannya, Sabtu (1/1/2022).

Tindakan Brigjen Achmad Fauzi, sebut Aziz, sangat dikhawatirkan dapat mencederai hubungan baik antara TNI dengan rakyat. Aziz juga menyinggung terkait adanya dugaan ancaman ke Habib Bahar bin Smith.

"Bahwa dugaan ancaman yang dilakukan Komandan Korem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi yang mengatakan akan menjemput Habib Bahar bin Smith bila tidak memenuhi panggilan Polda Jawa Barat adalah kekeliruan dalam memahami konsep penegakan hukum yang notabene merupakan tugas Polri dan hal tersebut dikhawatirkan dapat merusak criminal justice system di Republik Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Danrem 061 Surya Kencana, Brigjen Achmad Fauzi mengimbau Habib Bahar Smith supaya menyampaikan ceramah yang memberi kedamaian. Dia tak akan segan untuk membubarkan ceramah Habib Bahar jika didapati ada unsur provokatif.

"Danrem menyampaikan alangkah baiknya ceramah seorang ulama seperti HBS dapat memberikan kedamaian kepada semua orang, tidak provokatif atau menjelekkan institusi tentunya hal ini apabila masih terjadi, kami tidak segan-segan membubarkan ceramah tersebut, sesuai ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku dengan melibatkan aparat yang terkait," kata Kapenrem 061 Surya Kencana, Mayor Ermansyah dalam keterangan tertulis yang dibagikan kepada awak media, Sabtu (1/1/2022).

Baca Juga: Ditagih Utang, Habib Bahar Bin Smith Bogem Terpidana Mati di Lapas, Foto Korban Bikin Syok

Facebook

Habib Bahar bin Smith emosi didatangi Danrem Bogor. Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar, mengatakan tindakan jenderal TNI itu sebagai bentuk penyalahgunaan kekuasaan.

Ermansyah menjelaskan kedatangan Brigjen Achmad Fauzi seperti dalam video viral untuk menyampaikan pesan terkait isi ceramah Habib Bahar yang juga menyinggung insitusi TNI. Dia menyebut Brigjen Achmad mengingatkan Habib Bahar untuk tidak menjelekkan pimpinan mereka Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

"Pertama kedatangan Danrem itu, menyampaikan pesan kepada Habib Bahar perihal isi ceramahnya yang viral karena, menyinggung institusi kami. Nah Danrem menyampaikan kalau ke depan dalam ceramah, janganlah ada unsur provokatif, menyinggung institusi kami apalagi menjelekkan dan menghina pimpinan kami Jenderal TNI Dudung Abdurahman ini akan meresahkan masyarakat Itu yang disampaikan," ujarnya.

Selain menyampaikan pesan, Ermansyah menyebut kehadiran Brigjen Achmad juga untuk sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan bersama. Menurut Ermansyah, selaku pimpinan wilayah, Brigjen Achmad mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kestabilan keamanan, ketertiban, dan kedamaian.

Ermansyah menyampaikan saat menyambangi Habib Bahar, Jenderal Achmad juga didampingi dengan sejumlah anggota. Dia menyebut kehadiran Jenderal bintang satu itu bukan untuk menakut-nakuti masyarakat.

"Kemarin Danrem juga didampingi dengan anggota Koramil setempat. Kehadiran itu bertujuan untuk mengajak dan saling menjaga ketertiban dan keamanan bersama-sama tidak ada untuk menakut nakuti masyarakat seperti yang diviralkan. Bagaimana pun juga ketertiban dan kondusifitas wilayah adalah tanggung jawab kami," ucapnya.

Baca Juga: Rileks di Jacuzzi, Gaya Berendam Habib Bin Smith Dikulik. Foto Laporan Polisi Jadi Perhatian

Facebook

Habib Bahar bin Smith emosi didatangi Danrem Bogor. Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar, mengatakan tindakan jenderal TNI itu sebagai bentuk penyalahgunaan kekuasaan.

Dia mengatakan seorang ulama seharusnya memberikan ceramah yang membuat ketenangan-kedamaian untuk umat, bukan sebaliknya atau malah mengurusi prajurit yang sedang bertugas di Papua. Apabila ceramah provokatif dan menyinggung institusi TNI masih terjadi, kata Ermansyah, pihaknya tidak segan-segan untuk membubarkan sesuai ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku.

"Danrem juga menyampaikan alangkah baiknya ceramah seorang ulama seperti HBS dapat memberikan kedamaian kepada semua orang tidak provokatif atau menjelekkan institusi, tentunya hal ini apabila masih terjadi, kami tidak segan-segan membubarkan ceramah tersebut, sesuai ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku dengan melibatkan aparat yang terkait," imbuhnya.

Kedatangan jenderal Kopassus ke rumah Habib Bahar Bin Smith ikut direspons oleh Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon.

Menurut Fadli Zon, aparat TNI yang mendatangi Ponpes Habib Bahar bin Smith tersebut seharusnya dapat memahami tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi).

Hal itu diungkapkan oleh Fadli Zon melalui cuitan di akun Twitter @fadlizon pada Jumat, 31 Desember 2021. “Seharusnya aparat TNI bisa memahami tupoksinya,” tulis Fadli Zon.

Lebih lanjut, Anggota DPR RI itu mengatakan sejumlah TNI yang mendatangi Habib Bahar secara jelas telah melewati batas dari tupoksinya. “Jelas telah melewati batas,” ujarnya.

Baca Juga: Tantang Habib Bahar Bin Smith, Foto Tampang Anggota TNI Tersebar Luas, Netizen Ingat Momen Kopassus Serbu Lapas

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya