Foto Tabrakan LRT Jabodebek Terlanjur Viral, Ternyata Pemicu Kecelakaan Gegara Masalah Sepele Ini

Senin, 20 Desember 2021 | 21:55
Facebook

Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.

Fotokita.net - Foto tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi pada Senin (25/10/2021) siang terlanjur viral di media sosial. Netizen ramai membahas kecelakaan LRT Jabodebek yang masih dalam uji coba itu. Ternyata pemicu kecelakaan itu gegara masalah sepele ini.

PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA mengkonfirmasi insiden tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021).

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA Budi Noviantoro mengatakan insiden tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, melibatkan Train Set (TS) 20 & 29 pada KM 12+800 antara Stasiun Harjamukti - Ciracas pada Senin siang.

"Pada Senin, tanggal 25 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB telah terjadi kecelakaan tabrakan dari belakang pada saat pengujian sarana internal oleh PT INKA," kata Budi Noviantoro dalam konferensi pers LRT Jabodebek Senin 25 Oktober 2021.

Dalam kesempatan yang sama,Budi Noviantoro juga mengatakan,dugaan sementara kecelakaan terjadi akibat adanya indikasi human error. Diduga, masinis melebihi kecepatan langsir (bergerak) dan menyalahi Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca Juga: Heboh Foto Tabrakan LRT Jabodetabek, Warga Terkejut Dengar Suara Menggelar, Ini Kondisinya

"Makanya saya bilang ini terindikasi adanya human error, masinis pada saat langsir ini kecepatannya melebihi. Tapi itu nanti akan diketahui oleh hasil investigasi KNKT. Tapi indikasi awal berdasarkan situasi di lapangan seperti itu," kata Budi.

Foto tabrakan Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur langsung viral di media sosial. Netizen membahas foto yang menunjukkan dua gerbong kereta terlihat mengalami kerusakan parah. Beragam foto tersebar luas di berbagai platform media sosial.

Dalam foto tabrakan itu, gerbong LRT Jabodebek yang bertubrukan langsung mendapatkan penanganan dari petugas. Namun, netizen merasa miris melihat tingkat kerusakannya. Terlebih lagi, kereta layang ini sedang masa uji coba. Mereka bertanya-tanya, LRT Jobodebek belum operasi saja sudah mengalami kecelakaan yang cukup fatal.

Pembangunan LRT Jabodebek dilatarbelakangi oleh kemacetan parah yang selalu terjadi di Jakarta. Mengurangi kepadatan dan meminimalisir kemacetan Jalan Tol Jakarta Cikampek, serta Jalan Tol Jagorawi menjadi tujuan disediakannya LRT sebagai salah satu moda transportasi publik.

LRT merupakan moda layanan transportasi yang mengoperasikan kereta penumpang di atas rel ringan. Kemudian, LRT bekerja dengan konsep memindahkan penumpang lebih banyak melalui operasi rute yang lebih banyak.

Baca Juga: Dapat Pujian Setinggi Langit dari Jokowi, Insinyur Perempuan Jebolan ITB Itu Bikin 2 Menteri Ini Rela Keluarkan Hadiah Tambahan. Prestasi Apa yang Sudah Dibuatnya?

Facebook

Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.

Sampai saat ini, LRT Jabodetabek tahap 1 terdiri dari tiga lintas layanan, yakni lintas layanan 1 Cawang-Cibubur, lintas layanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan lintas layanan 3 Cawang-Bekasi Timur.

LRT Jabodebek ini juga akan berbekal teknologi tinggi dengan mengadopsi teknologi kereta api Grade of Automation (GoA) tingkat 3, yang memungkinkan mengoperasikan kereta tetap bergerak tanpa perlu dikendalikan oleh masinis.

LRT ini dapat bergerak tanpa perlu dikendalikan oleh masinis. Tingkatan teknologi yang digunakan tentu lebih tinggi dari teknologi kereta yang digunakan pada LRT Sumsel atau MRT Jakarta.

General Manager Sekretaris Perusahaan di Inka (Persero) Puguh Dwi Tjahjono menegaskan insiden kecelakaan itu terjadi saat dalam proses uji coba. Belum ada penumpang yang diangkut dalam LRT itu.

Namun, dalam peristiwa tersebut terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis Inka yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. Masinis itu mengalami rasa sakit di bahu dan mata. Namun, setelah dilakukan observasi, tidak ditemukan kelainan dan diharapkan dalam beberapa hari ke depan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Baca Juga: Ngeri! Foto Kawanan Monyet Bantai 250 Anjing Bikin Bergidik, Pemicunya Masalah Sepele Ini

Facebook

Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.

Setelah peristiwa kecelakaan terjadi, Kementerian Perhubungan menggelar simulasi perbaikan Prosedur Standar Operasi/Standard Operating Procedure (SOP) atau Table Top Exercise SOP pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa kecelakaan LRT Jabodebek saat uji coba pekan lalu menjadi pelajaran mahal. Sehingga menjadi momentum seluruh unsur terkait untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki tata kerja, baik dari aspek SDM maupun SOP.

Menurut Budi, aspek keselamatan menjadi aspek utama dalam setiap pembangunan infrastruktur transportasi. Setiap orang yang bekerja di sektor transportasi juga harus memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan. "Kelalaian yang disebabkan faktor manusia tidak akan terjadi kalau dalam melaksanakan pekerjaannya memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan," tegasnya.

Terkait peristiwa kecelakaan itu, PT Inka mengaku melakukan evaluasi secara menyeluruh di internal perusahaan. Tidak hanya dari keterangan masinis, namun juga dari data-data yang tersimpan dalam data logger (perekam data) kereta.

Puguh menyebut data logger tersebut berada di dalam rangkaian kereta. Untuk kondisinya baru bisa diketahui setelah kereta yang rusak akibat kecelakaan itu tiba di Inka Madiun untuk diperbaiki. PT Inka sudah melakukan kegiatan evakuas rangkaian yang rusak itu.

Baca Juga: Foto Joseph Suryadi Tersangka Penodaan Agama Terlanjur Dihujat, Ternyata Pelaku Nekat Sebar Chat Hina Nabi Gegara Masalah Sepele Ini

Facebook

Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.

Senior Manager PKBL, CSR & Relationship PT Inka Bambang Ramadhiarto menyebut kegiatan evakuasi di lapangan dilakukan pada pukul 22.00-04.00 WIB dengan pertimbangan agar tidak terlalu menggaggu lalu lintas jalan tol. Setelahnya, seluruh rangkaian yang rusak dibawa ke PT Inka Madiun.

PT Inka mengevakuasi sebanyak tiga gerbong kereta LRT Jabodebek yang bertabrakan, yakni satu gerbong dari rangkaian kereta Nomor 29 dan dua gerbong dari rangkaian kereta Nomor 20. Nantinya, ketiga gerbong kereta LRT yang rusak itu dibawa ke PT Inka yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur untuk diperbaiki di sana. Penanganan pertama yang akan dilakukan adalah melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui bagian mana saja yang rusak.

"Lalu kita akan lakukan perbaikan sesuai kerusakan atau mengganti komponen baru. Setelah diperbaiki akan dilakukan pengujian ulang sesuai prosedur yang ada," imbuhnya. Pasca kecelakaan, kini pemerintah diminta berpikir ulang untuk mengoperasikan LRT Jabodebek pada pertengahan 2022 karena berpotensi menjebol finansial negara.

Foto tabrakan LRT Jabodebek sudah terlanjur viral di media sosial. Kini, pemicu kecelakaan itu terungkap.Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi terhadap kecelakaan sekaligus memberikan rekomendasi dari permasalahan yang ada. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan dan meningkatkan faktor keselamatan.

Baca Juga: Foto Tampang Polwan Bripda Tazkia Nabila yang Dibogem Anggota TNI Diunggah, Pemicunya Ternyata Masalah Sepele Ini

Facebook

Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.

Dalam keterangannya, Senin (20/12/2021), pada moda kereta api, KNKT telah melaksanakan investigasi kecelakaan sebanyak 5 kasus dengan kategori kecelakaan 3 anjlokan/terguling dan 2 tabrakan.

"Tabrakan rangkaian kereta uji coba TS 29 dan TS 20 LRT Jabodedek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 menjadi kejadian yang paling menonjol sepanjang tahun 2021, temuan di lapangan menunjukkan bahwa teknisi TS 29 mengalami distraction akibat penggunaan ponsel sehingga tidak fokus dalam menjalankan kereta, melihat kecepatan dan posisi kereta," bunyi laporan tersebut.

Dengan demikian, penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, teknisi main HP. Sayangnya, foto tabrakan LRT Jabodebek sudah terlanjur viral di media sosial.

Baca Juga: Foto Brimob Tenteng Senapan Kejar Anggota Kopassus di Papua Beredar, Pemicunya Ternyata Masalah Sepele Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya