Foto Yana Cadas Pangeran Dihujat, Netizen Murka Sampai Harus Fitnah Setan Jalanan, Ini Modus Pelaku yang Bikin Geram

Jumat, 19 November 2021 | 09:11
Istimewa

Foto seorang warga Sumedang, Yana Supriatna yang dikabarkan hilang di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat dihujat

Fotokita.net - Foto seorang warga Sumedang, Yana Supriatna yang dikabarkan hilang di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat dihujat oleh netizen di media sosial. Netizen murka karena sebelumnya sampau harus mengeluarkan fitnah ke setan jalanan. Ujungnya, polisi mengungkap fakta mengejutkan.

Baru-baru ini netizen sempat dihebohkan dengan berita seorang pria Sumedang yang disebut menghilang secara misterius di jalan Cadas Pangeran. Kebetulan, jalan yang dibangun pada masa pemerintahanGubernur Jenderal Herman Willem Daendels ini kerap menghasilkan berbagai cerita mistik.

Jalan Cadas Pangeran sejak masa kolonial sudah menjadi bagian penting dalam perekonomian Jawa Barat. Jalan inimerupakan bagian dari jalur jalan nasional penghubung Bandung-Cirebon.

Cadas Pangeran adalah sebuah jembatan gantung yang menempel di perbuktian cadas di yang membentang di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

Nah, ketika kabar pria Sumedang bernama Yana Supriatna hilang misterius di Cadas Pangeran pada Selasa (16/11/2021) malam, netizen langsung dibuat heboh. Beragam spekulasi muncul. Bahkan, ada netizen yang menyebut Yana sudah digondol setan jalanan yang menghiasi cerita mistik di tempat itu.

Baca Juga: Gagal Berkelit, Keponakan Nia Daniaty Tertangkap Basah Nikmati Uang Panas Olivia Nathania dengan Cara Ini, Foto Profilnya Disorot

Sebelum dikabarkan hilang di Cadas Pangeran,Yana sempat mengirimkan pesan suara kepada istrinya. Selain pesan suara kepada istrinya, Yana meninggalkan motornya di kawasan tersebut saat kejadian.

Motor milik Yana bernomor Z 2333 AB ditemukan oleh keluarganya dalam posisi terparkir di pinggir Jalan Cadas Pangeran dengan keadaan stang yang terkunci. Motornya pun ditemukan tanpa mengalami kerusakan bersama helmnya.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prastyo Robbyanto mengatakan, posisi terakhir dari pelacakan ponsel korban berada di kawasan Cadas Pangeran. "Posisi di sini (di Kawasan Cadas Pangeran ) berdasarkan pelacakan dari HP korban," ungkap Kapolres, Kamis (18/11/2021).

Petugas yang menerima laporan langsung melakukan pencarian. Petugas gabungan dari Polri, Basarnas hingga BPBD Sumedang dikerahkan. Bahkan anjing pelacak tim unit K-9 Polda Jabar dikerahkan untuk mencari keberadaan Yana pada saat itu. "Karena yang bersangkutan menyampaikan demikian di voice mailnya ada di dasar jurang, kami masih fokus pada informasi tersebut," imbuh Eko.

Netizen ikut mengirimkan doa selama pencarian Yana itu. Seperti biasanya, netizen juga membuat sejumlah analisis berbasis asumsi terkait hilangnya pria sumedang itu. Bahkan, ada yang menyebut Yana hilang karena makhluk misterius yang menghuni Cadas Pangeran.

Baca Juga: Diserbu Netizen, Foto ART yang Maling Tanah Ibunda Nirina Zubir Jadi Sasaran Kemarahan, Ternyata Pelaku Ketagihan Akali Almarhumah dengan Modus Begini

Istimewa

Foto seorang warga Sumedang, Yana Supriatna yang dikabarkan hilang di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat dihujat

Namun, simpati netizen berubah menjadi murka saat mendengar Yana berhasil ditemukan dalam kondisi sehat.Yana ditemukan oleh Jajaran Satreskrim Polres Sumedang di wilayah Dawuan, Cirebon, Kamis sekitar pukul 16.00 WIB. Saat diamankan kondisi Yana dalam keadaan sehat dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan oleh petugas Satreskrim.

"Yang bersangkutan telah kita amankan, barusan dari tim kita dari Satreskrim sudah mengamankan yang bersangkutan di daerah Dawuan," unggkap Kabag Ops AKP Haryo Prastyo, Kamis (16/11/2021) malam.

Netizen murka karena mendapatkan kabar Yana sengaja menghilang lantaran terbelit masalah. Belum lagi, tim SAR juga menyebutkan kabar Yana hilang secara misterius adalah hoaks. "Sumpah plot twist sampe setan kena fitnah," tulis akun @tilaaag dengan kesal.

Foto Yana Cadas Pangeran dibanjiri hujatan.Ada netizen yang murka gegara Yana sudah berhasil membuat prank yang mengecoh netizen Tanah Air. "Satu negara kena prank si Yana," akun @pakne_ghanim mengamuk. Terlebih lagi, sejumlah paranormal dan indigo sudah turun gunung mencari Yana yang konon kabarnya dibawa dedemit alias jin.

Salah seorang netizen bernama Unni Soemardjo menuliskan kekesalannya di Facebook. "Ternyata si Yana ditemukan dalam kondisi sehat walafiat di Cirebon. Karena ketakutan, akhirnya dia menyerahkan diri pada pihak berwajib. Konyolnya, konon katanya apa yang dia lakukan hanyalah prank untuk istri tuanya semata. Sementara dia berada di Cirebon dengan istri keduanya."

Baca Juga: Foto Tampang Pengacara yang Sebar Uang Rp 40 Juta di Polsek Banyuwangi Dibahas, Ujungnya Berakhir Begini

Istimewa

Foto seorang warga Sumedang, Yana Supriatna yang dikabarkan hilang di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat dihujat

Yana yang tercatat sebagai warga Dusun Babakan Regol, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan itu disinyalir sengaja menghilang karena punya masalah pekerjaan. Meski demikian, keterangan Yana masih berubah-ubah selama diperiksa oleh pihak kepolisian.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan BPBD Kabupaten Sumedang, Rully Surya mengatakan Yana ditemukan kepolisian Kamis siang. "Menurut informasi (ditemukan) tadi siang. Kita menunggu dari pihak kepolisian benar apa enggaknya. Tapi bisa dipastikan sudah ketemu," kata Rully.

Rully mengatakan Yana dalam kondisi sehat. Ia pun langsung diberangkatkan petugas kepolisian Cirebon ke Sumedang. Kantor SAR Bandung resmi menghentikan pencarian Yana. Keterangan penghentian operasi disampaikan Kantor SAR Bandung melalui akun Instagram @basarnas_jabar.

Dalam cuplikan video singkat, Yana diduga salah satu pelaku tindak pidana. Kuwu Ciherang dalam sebuah pesan suara memberikan imbauan agar operasi SAR dihentikan. "Diduga modus dan orang yang dicari merupakan salah satu tersangka tindak pidana," demikian tertulis dalam akun tersebut.

Baca Juga: Foto Anggota Polres Palopo yang Curhat di Facebook Tersebar Luas, Aipda Aksan Adukan Polisi Curi Mobil Dinas, Polda Sulsel Buka Suara

Istimewa

Foto seorang warga Sumedang, Yana Supriatna yang dikabarkan hilang di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat dihujat

Dalam cuplikan video singkat, Kuwu Ciherang dalam sebuah pesan suara memberikan imbauan agar operasi SAR dihentikan.

"Imbauan yang mencari korban Cadas Pangeran, sudah hentikan pencarian. Ini hanya modus, orangnya ada di Cirebon. Sudah ditangani oleh pihak yang berwajib. Sekarang menuju Majalengka-Sumedang. Orang itu ketemunya di Cirebon. Sekali lagi hentikan pencarian," kata kuwu tersebut.

Sementara itu, Kapolres Sumedang Ajun Komisaris Besar Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan Yana ditemukan dalam kondisi sehat. "Sudah (ditemukan) di Dawuan, Cirebon. Sedang di perjalanan (ke Sumedang)," ucap Eko melalui pesan singkat, Kamis (18/11) malam.

Yana dilaporkan keberadaannya terakhir di sekitar Cadas Pangeran, pada Selasa (16/11) malam. Petugas kepolisian melacak Yana melalui ponsel yang digunakan bersangkutan.

Setelah ditemukan di Cirebon, Yana langsung diperiksa. Ia bakal diperiksa terkait dugaan perkara pekerjaan. "Interogasi awal terkait masalah pekerjaan. Namun belum pasti karena keterangannya masih berubah-ubah," ujarnya.

Baca Juga: Foto Anggota Polsek Delitua Nyaris Dibogem Warga Medan Disebarkan, Bripka Panca Simanjuntak Bikin Kapolda Sumut Malu, Ini Kronologinya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya