Foto Tampang YouTuber yang Bikin Tim Ducati Murka Disebarkan, Ternyata Sosoknya Punya Jabatan Ini di Sirkuit Mandalika

Kamis, 11 November 2021 | 20:58
Youtube

YouTuber yang ikut membuat foto dan video unboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok.

Fotokita.net - Foto tampang YouTuber yang ikut membuat foto dan video properti tim balap Ducati disebarkan oleh netizen di media sosial. YouTuber dengan nama akun Soul Kuta Lombok ini sudah membikin direktur tim Ducati murka. Ternyata sang YouTuber punya jabatan ini di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika tengah menyiapkan gelaran perdana di bulan November ini. Namun, di tengah persiapan ini, insiden memalukan terjadi sebelum bergulirnya seri terakhir Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika. Logistik milik tim Ducati yang akan berlaga di Superbike Indonesia 2021 dibuka tanpa izin oleh staf lokal.

Aksi unboxing ilegal yang terjadi di Mandalika sudah sampai ke telinga Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti. "Paolo Ciabatti bereaksi dengan kebingungan dan kemarahan atas kejadian yang tidak dapat ditoleransi ini," bunyi kutipan dari artikel di Speedweek.

"Seperti yang kita ketahui kejadian seperti ini di motorsport hanya terjadi di negara dunia ketiga dan dari masa 40 tahun yang lalu." Asal tahu saja, negara dunia ketiga merupakan istilah lama yang dianggap "kasar" untuk menyebut negara berkembang.

Speedweek melaporkan telah mendapat rekaman video dan gambar salah satu panitia lokal WSBK Mandalika membuka kotak kargo Ducati. Tak hanya itu, staf tersebut juga mengutak-atik motor pembalap Michael Rinaldi.

Baca Juga: Foto Tampang Tubagus Joddy Sesaat Setelah Kecelakaan Disebarkan, Ayah Vanessa Angel Ungkap Fakta Mengejutkan

Lazim dilakukan di setiap balapan, kargo logistik para pembalap hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo untuk mencegah spionase dan manipulasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Peristiwa ini juga mengundang komentar dari Direktur WorldSBK, Gregorio Lavilla. "Kami sangat menyesal, kejadian ini di luar kendali kami. Pegawai yang terlibat sudah dipecat," ucap Gregorio Lavilla.

Peristiwa ini tentu memberikan citra buruk bagi Indonesia yang sedang berusaha kembali menjadi tuan rumah event balap tingkat dunia.

Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla langsung menyampaikan permintaan maaf kepada Ducati dan mengaku telah memecat panitia lokal yang melakukan hal tersebut. "Kami minta maaf sebesar-besarnya. Insiden ini di luar kontrol kami. Karyawan yang membuka kargo tersebut sudah dipecat," kata Lavilla, seperti dikutip Speedweek.com.

Direktur Sport Ducati Corse Paolo Ciabatti pun marah terhadap insiden luar biasa ini. Kejadian tersebut dianggap sebagai kemunduran dan hanya terjadi saat gelaran balap internasional dilangsungkan di negara-negara dunia ketiga, 40 tahun lalu.

Baca Juga: Foto Tampang Ki Soleh Pet Sengaja Disebarkan Adam Deni, Ini YouTuber yang Dihujat Gegara Konten Panggil Arwah Bikin Manajer Vanessa Angel Histeris

YouTube

YouTuber yang ikut membuat foto dan video unboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok.

Belum diketahui apakah panitia lokal tersebut membuka boks kargo tim pabrikan lainnya. Penyelidikan internal oleh MGPA sedang dilakukan untuk memberikan kepastian kepada tim lain. Sebagian besar kru dan staf tim-tim WSBK memang belum tiba di Indonesia sampai Minggu dan Senin. Sebab mereka juga harus menjalani karantina selama dua hari.

Sementara beberapa perwakilan Dorna sudah tiba di lokasi. Pasalnya, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) sebelum WSBK Indonesia dihelat pada 19-21 November.

Pihak Bea dan Cukai Mataram menekankan video unboxing lain yang ramai di media sosial bukan milik mereka. "Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea dan Cukai," lanjut pihak mereka yang diwakili oleh Dimas Pratama, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea dan Cukai Mataram.

Pihak Bea dan Cukai juga mengatakan, para personelnya tengah fokus melakukan pemeriksaan terhadap motor sehingga tidak memperhatikan adanya pengambilan video oleh pihak lain. Ia juga menyampaikan alasan pihak Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan fisik terhadap motor di luar pelabuhan/bandar udara seperti lazimnya.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group, meminta maaf atas pembukaan kargo motor Ducati di Mandalika secara ilegal.

Baca Juga: Foto Tampang Pemilik Cek Rp 35,9 Miliar yang Tercecer di Bandara Soetta Beredar, Netizen Teringat Sumbangan Rp 2 Triliun yang Bikin Kapolda Sumsel Dicopot

YouTube

YouTuber yang ikut membuat foto dan video unboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok.

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan secara pribadi telah mendiskusikan hal ini dengan Dorna Sport dan meminta maaf karena dua hari lalu dan mereka dapat mengerti. Pihaknya menawarkan untuk berbicara dengan Ducati guna menjelaskan apa yang terjadi.

"Kami meminta maaf kepada pecinta balap motor tanah air dan Internasional atas insiden yang terjadi," kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Antara, Kamis (11/11/2021).

Selain itu, Kepala Operasi Olahraga Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dylan Dilato mengatakan bahwa kasus unboxing ilegal tersebut sudah selesai. Pihak Ducati pun sudah menerima permintaan maaf. Dylan berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya.

"Pihak Ducati sudah memaafkan, sudah selesai semuanya, dan tidak ada masalah lagi. Motor mereka juga tidak ada yang rusak," terangnya.

Bea Cukai ikut angkat bicara mengenai hal ini. Bea Cukai memastikan video yang viral itu bukan dibuat oleh pihaknya. Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, mengatakan Bea Cukai melakukan pemeriksaan kepabeanan selalu sesuai aturan. Pemeriksaan fisik selama ini juga disaksikan importir.

Baca Juga: Foto Tampang Kapolres Pasuruan Kota Tersebar Luas, Perwira Polisi yang Ditelepon Wanita Gegara Terseret Urusan Indomaret Bekasi

Instagram

YouTuber yang ikut membuat foto dan video unboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok.

"Pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan (Pasal 3 UU Kepabeanan No 17 Tahun 2006)," kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/11/2021).

Sudiro menyebut, dalam melakukan pemeriksaan fisik barang impor dan ekspor, pejabat Bea-Cukai selalu didampingi atau disaksikan oleh kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Sementara itu, terkait video pembukaan kargo Ducati yang viral, Bea Cukai memastikan video itu bukan dibuat pihaknya. "Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea-Cukai," sambungnya.

YouTuber yang ikut membuat foto dan videounboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok. Dia memiliki akun Instagram bernama @syamsoul_kuta_lombok. Dia biasa disapa Syamsul. Dalam profil Instagramnya, dia menulis sebagai surveyor team of Mandalika International Circuit. Rupanya, dia punya jabatan itu di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Foto Tampang Anggota Polisi Korban Pemukulan Kapolres Nunukan Muncul, Begini Nasib Brigadir SL Usai Sebarkan Video Rekaman ke Group WA

Instagram

YouTuber yang ikut membuat foto dan video unboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok.

Syamsul sempat memberi klarifikasi dan meminta maaf di media sosial, di Instagram dan kanal YouTubenya. Akun Youtube itu pun telah memberikan klarifikasi di media sosial dan meminta maaf atas kejadian tersebut. Dia juga telah menghapus video yang menampilkan motor Ducati dari kanalnya.

Dalam klarifikasinya, akun itu menyebut motor sudah dibuka lebih dulu oleh pihak bea cukai. Dia mengakui kesalahannya karena tidak tahu aturan mempublikasikan foto dan video sebelum balapan.

"Klarifikasi motor di-unboxing oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen. Saat pengambilan gambar, motor sudah dalam kondisi terbuka," tulis akun itu dalam tangkapan layar yang beredar luas di media sosial.

"Tapi saya paham ini dunia netizen. Berita pertama pasti dikira fakta. Tapi saya salah telah memvideokan proses pengecekan jadi saya minta maaf sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia yang telah membuat kalian malu," sambungnya.

"Terima kasih telah mengingatkan & memberi pelajaran yang sangat berharga dalam hidupku. Saya memang tidak tau sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Video langsung saya privasikan beberapa jam setelah diuplod. Saya norak, saya goblok & Terima kasih Kalian memang luar biasa," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Foto Tampang Kapolres Nunukan yang Dicopot, Aksinya Hajar Anak Buah Gegara Zoom Error Bikin Geram, Rekaman CCTV Jadi Bukti

YouTube

YouTuber yang ikut membuat foto dan video unboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya