Foto Penampakan Mobil Pelat Merah Hadang Ambulans Bawa Pasien Bikin Geram, Identitas Pemiliknya Sudah Terkuak, Polisi Bilang Begini

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 16:18
Instagram

Identitas pemilik mobil pelat merah yang hadang ambulans berisi pasien kecelakaan di Klaten terkuak, polisi malah bilang begini.

Fotokita.net - Foto penampakan mobil pelat merah yang menghadang ambulans pembawa pasien kecelakaandi Klaten, Jawa Tengah bikin geram netizen di media sosial. Kini, identitas pemilik mobil pelat merah itu sudah terkuak. Namun, polisi malah bilang begini.

Foto penampakan mobil pelat merah yang disebut hadang ambulans berisi pasien kecelakaan itu berasal dari tangkapan layar sebuah video yang viral di Instagram. Awalnya, video itu diunggah oleh akun@upenzt___ di Instagram.

Lalu, video itu dengan cepat menyebar hingga viral usai diunggah ulang beberapa akun berbasis informasi publik, seperti @cctvambulanceindonesia dan @kabar_klaten.

Admin akun @cctvambulanceindonesia menulis kronologi lengkap kejadian mobil pelat merah menghadang ambulance yang membawa pasien kecelakaan.

"Lokasi tepat di depan kantor DPRD Kab. Klaten. Kronologi ambulance membawa pasien Pasca Kecelakaan dari PMI Klaten dengan kode sirine (Pasien tenang) memutuskan mengambil alih lajur Lawan arah karena lajur yang sama macet total.

"Semua kendaraan lawan arah sudah memberi jalan dengan menepi ke kiri, hanya mobil plat dinas tersebut yang enggan untuk menepi dan tetap melaju di depan ambulance dengan berhadapan sehingga membuat ambulance terhenti dan terhambat dalam melakukan tugas."

Baca Juga: Mobil Kijang yang Halangi Ambulans Ditemukan di Sumedang, Tapi Polisi Malah Dapatkan Keanehan: Tak Pernah Keluar Garasi

Netizen yang melihat foto dan video mobil pelat merah menjadi geram. Mereka kesal dengan kelakuan pengemudi mobil dinas pemerintah itu yang tega menghalangi jalan mobil darurat, seperti ambulans ini.

Video yang berdurasi selama 15 detik itu juga diunggah akun Instagram @kabar_klatenpada Jumat (29/10/2021). "Lokasi tepat di depan kantor DPRD Kab. #Klaten," demikian sepenggal keterangan pada video viral yang bersumber dari akun @upenzt___ tersebut.

Dalam video tersebut terlihat ambulans mengambil lajur kanan melawan arus karena lajur kiri macet. Ambulans terdengar membunyikan sirine tenang.

Dari arah berlawanan, ada mobil dinas berpelat merah AD 9502 OL diduga enggan menepi sementara mobil lain terlihat menepi lewat jalur lambat. Sopir ambulans yang tampak mengenakan kaus abu-abu turun dari kendaraannya.

Setelah sopir ambulans turun, mobil pelat merah tadi akhirnya menepi. Terlihat sopir berkata pada pengemudi mobil plat merah tetapi tidak ditanggapi dan kaca tetap ditutup sambil berlalu. Hingga Sabtu (30/10/2021) siang, video tersebut telah dilihat lebih dari 64.000 kali dengan ratusan komentar yang dituliskan netizen.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur Mobilnya Jadi Omongan Netizen, Pemilik Kijang Malah Minta Relawan Ambulans Pasien Kritis Seharusnya Lakukan Hal Ini

Instagram

Identitas pemilik mobil pelat merah yang hadang ambulans berisi pasien kecelakaan di Klaten terkuak, polisi malah bilang begini.

Akun Polres Klaten, @polres_klaten juga menanggapi postingan tersebut. "Terimakasih infonya, kita koordinasikan ke lantas untuk tindak lanjut kejadian ini."

Kini, identitas pemilik mobil pelat merah yang menghadang ambulans pembawa pasien kecelakaan di Klaten terkuak.Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) yang mengurusi aset membenarkan mobil tersebut mobil Dinas Kesehatan.

"Menurut informasi rekan-rekan yang mobil AD 9502 OL di OPD Dinkes. Karena banyak pergantian pelat nopol OPD, jadi pengecekan tidak cepat," ungkap Kepala BPKD Pemkab Klaten, M Himawan Purnomo dilansir detik, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Himawan, awalnya mobil yang viral tersebut dikira milik Arpus tetapi ternyata bukan. Dia menegaskan, soal penggunaannya merupakan tanggung jawab OPD. Terkait mobil dinas, semua yang bertanggungjawab adalah pengguna barangnya, yaitu kepala OPD-nya.

Sementara itu,Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, dokter Cahyono Widodo membenarkan mobil nomor polisi AD 9502 OL adalah di Dinas nya. Mobil tersebut dari arah Yogyakarta.

Baca Juga: Sekalipun Sudah Selesaikan Masalah dengan Kekeluargaan, Ternyata Oknum Polisi Lalu Lintas yang Pukul Sopir Ambulans Harus Hadapi Pihak Ini. Bagaimana Kelanjutannya?

Instagram

Identitas pemilik mobil pelat merah yang hadang ambulans berisi pasien kecelakaan di Klaten terkuak, polisi malah bilang begini.

"Betul itu mobil (yang viral) di Dinas Kesehatan. Mobil itu dari arah Yogyakarta bertemu dengan ambulans dan tidak ada maksud menghalangi ambulans karena kita juga tahu aturan," katanya kepada awak media detik.

Cahyono menjelaskan latar belakang peristiwa viral itu, sopir mobil dinas tersebut tidak bermaksud menghambat atau menghalangi laju ambulans. Menurutnya, mobil tersebut hendak belok kanan masuk ke kantor Dinas Kesehatan.

"Jadi tidak ada maksud sedikitpun menghalangi atau menghambat ambulans. Mobil (dinas) tersebut hendak belok masuk ke kantor Dinas di kanan jalan," jelas Cahyono. Mobilnya sudah terlanjur mau ke kanan, mobil di belakangnya banyak. Kita juga sering bawa ambulans dan di dinas itu banyak ambulans jadi kita tahu aturan," tukas Cahyono.

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Pemkab Klaten, dokter Roni Roekmito, menambahkan soal mobil dinas itu sudah jelas. Pejabat terkait juga diminta memberikan penjelasan. "Sudah jelas (mobilnya) dan Kadinkes sudah saya kontak agar membuat klarifikasi ke publik," terang Roni.

Baca Juga: Foto Ambulans Kota Padang di Palestina Viral, Gubernur Sumbar Buka Suara

Instagram

Identitas pemilik mobil pelat merah yang hadang ambulans berisi pasien kecelakaan di Klaten terkuak, polisi malah bilang begini.

Identitas pemilik mobil pelat merah yang hadang ambulans berisi pasien kecelakaan di Klaten terkuak, polisi malah bilang begini. Kasat Lantas Polres Klaten AKP Abi Praya Guntur Sulastiasto menjelaskan penyelidikan masih berlangsung. Dirinya belum mengetahui mobil milik Dinas Kesehatan.

"Informasi dari mana? Ini penyelidikan masih berjalan, mohon waktu," ungkap Abi Praya saat dikonfirmasi detikcom lewat pesan singkat ponselnya.

Saat dikonfirmasi, Kasatlantas Polres Klaten AKP Abi Praya Guntur Sulastiasto mengatakan bahwa pihaknya juga telah menerima informasi tersebut. Satlantas Polres Klaten tengah menyelidiki kejadian yang viral di media sosial itu.

"Masih kami lidik," ungkap Abi Praya, yang dihubungi awak media Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (30/10/2021). Ia menuturkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Klaten untuk menelusuri siapa pengemudi mobil berpelat merah tersebut.

"Salah satunya dikarenakan mobil tersebut berpelat merah atau milik dinas pemda, saat ini kami sedang berkordinasi dengan pemda untuk menelusuri pengemudi yang mengemudikan kendaraan dinas tersebut," tandas Abi Praya.

Baca Juga: Rekaman Gambarnya Jadi Viral di Media Sosial, Begini Ujung Cerita dari Sopir Ambulans Bawa Pasien yang Dipukul Polisi Lalu Lintas

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya