Foto Muhammad Kece Hilang dari Instagram, Sang YouTuber Resmi Jadi Penghuni Bui, Ustaz Yusuf Mansur Beri Pesan Ini

Rabu, 25 Agustus 2021 | 13:11
YouTube

Youtuber Muhammad Kece bak menantang MUI yang mendesak polisi untuk menjebloskan dia ke bui. Foto Muhammad Kece dikulik.

Fotokita.net - Foto Muhammad Kece telah banyak dihilangkan dari Instagram. Kini sang YouTuber yang diduga menistkan agama Islam ini resmi menjadi menghuni bui. Ustaz Yusuf Mansur beri pesan ini.

YouTuber Muhammad Kece alias Muhammad Kace telah ditangkap oleh tim Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Pembuat konten YouTube yang namanya belakangan trending inididuga terlibat dalam konten penistaan agama lewat unggahannya.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menjelaskan, penangkapan Muhammad Kecedilakukan di sekitar wilayah Bali."Sudah ditangkap, di Bali," kata Agus saat dikonfirmasi, Rabu (25/8/2021).

Kata Agus, penyidik akan membawa sosok penceramah tersebut ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan di gedung Bareskrim."Hari ini akan dibawa ke Bareskrim," tambah dia.

Muhammad Kece ditangkap oleh penyidik Bareskrim Polri dalam statusnya sebagai tersangka.Penangkapan itu, dilakukan di wilayah Bali usai penyidik melakukan pencarian terhadap keberadaan sosok YouTuber tersebut.

Baca Juga: Merasa Bisa Lolos dari Laporan Ulama Jatim, Youtuber Ini Bak Tantang MUI yang Desak Polisi Jebloskan ke Bui, Foto Dirinya Dikulik

"Ya, sudah tersangka," kata Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono, Rabu (25/8/2021).

Namun demikian, belum ada keterangan secara utuh mengenai jeratan pasal yang disematkan kepada Muhammad Kace. Ia saat ini tengah dibawa oleh penyidik ke Gedung Bareskrim Polri di Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Meskipun demikian, kini sang YouTuber sudah resmi menghuni bui.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa penyidik telah meningkatkan status perkara menjadi penyidikan sejak Selasa (24/8).

Namun, polisi belum melakukan pemeriksaan terhadap Muhammad Kace karena dalam pencarian. Hanya saja, peningkatan status itu sudah diikuti dengan bukti awal yang cukup.

Dia menjelaskan bahwa penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang melaporkan YouTuber itu kepada kepolisian. Kemudian, kata dia, sejumlah saksi-saksi ahli seperti ahli IT, bahasa dan hukum agama juga telah dimintai keterangannya.

Sejak namanya disebut telah menistakan agama Islam, Instagram mulai menghilangkan foto Muhammad Kece dari platform itu. Sebelumnya, foto Muhammad Kece banyak bertebaran di Instagram. Begitu pula dengan konten Muhammad Kece yang dibagikan ulang oleh netizen.

Baca Juga: Foto Tampang YouTuber yang Bikin MUI Murka, Begini Nasibnya Usai Diadukan ke Bareskrim

YouTube

Youtuber Muhammad Kece bak menantang MUI yang mendesak polisi untuk menjebloskan dia ke bui. Foto Muhammad Kece dikulik.

Muhammad Kece merupakan YouTuber yang kerap membagikan konten ceramahnya secara daring. Dia menjadi fenomenal dan berpolemik usai menyinggung Nabi Muhammad SAW.

Contoh materi ceramah Muhammad Kece yang menjadi kontroversi yakni terkait kitab kuning dan Nabi Muhammad SAW. Itu terlihat dari unggahan Muhammad Kece di kanal Youtube-nya dalam judul 'Kitab Kuning Membingungkan'.

Unggahan itu kemudian menjadi polemik dan mendapat kritik dari sejumlah pihak. Bahkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai ceramah yang disampaikan oleh Muhammad Kece berisi ujaran kebencian dan penghinaan terhadap simbol keagamaan.

Menurut Yaqut, semestinya aktivitas ceramah dan kajian dijadikan ruang edukasi dan pencerahan. Yaqut menyebut ceramah merupakan media untuk meningkatkan pemahaman keagamaan publik terhadap keyakinan dan ajaran agamanya masing-masing, bukan untuk saling menghina keyakinan dan ajaran agama lainnya.

Sementara, catatan Polri, ada sekitar 400 unggahan berkaitan dengan video Muhammad Kece yang kontroversi dan diduga menistakan agama. Polisi menyatakan, dari ratusan video itu, ada 20 video yang sudah diblokir atau di take down.

Baca Juga: Foto Istri Muda Suami Korban Pembunuhan di Subang Beredar, Keluarga Ungkap Sikap Tak Pantas dari Saksi yang Diperiksa Polisi

YouTube

Foto tampang Youtuber Muhammad Kece yang bikin Majelis Ulama Indonesia (MUI) murka banyak dicari di media sosial.

Polisi juga meminta agar masyarakat tak membagikan ulang (share) video-video berkaitan dengan konten YouTuber Muhammad Kace. Polri mengingatkan jeratan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) kepada penyebar video.

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur telah meminta polisi tangkap Muhammad Kace, penghina Nabi Muhammad pengikut jin. Selain itu Muhammad Kace harus ditangkap dan dipenjara agar bisa merenungi kesalahannya.

Hal itu berdasarkan obrolannya dengan seorang ahli hukum. Ustadz Yusuf Mansur menilai perbuatan Muhammad Kece masuk kategori penistaan agama.

"Karena saya sih udah nanya ke ahli hukum, bahwa si orang ini udah bisa masuk," kata Ustaz Yusuf Mandur kepada Suara.com, Senin (23/8/2021).

Baca Juga: Titik Terang Sebelum Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Ditangkap, Polisi Curigai Saksi Simpan Bukti, Foto Korban di Instagram Lenyap

Karenanya, Ustaz Yusuf Mansur juga minta kepolisian untuk segera menahan Muhammad Kece.

Dikhawatirkan, YouTuber tersebut kabur dan menghilangkan barang bukti.

"Saya berharap dari rekan polisi juga tidak hanya menyidik, tetapi memang harus segera melakukan penahanan," ujar dia.

Dengan dijebloskan ke penjara, Muhammad Kece diharapkan bisa berkaca bahwa apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan dan melanggar hukum.

"Supaya Pak Kace juga bisa merenung apa yang menjadi salah dan keliru, maupun tidak baik dan buruk nya," kata Ustaz Yusuf Mansur.

Baca Juga: Diakui Paling Berbahaya, Ini Foto Tampang 2 Pemimpin KKB Papua, Satgas Nemangkawi Ungkap Alasan Keduanya Sulit Ditangkap

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya