Ini Penyebab Karyawan dengan Rekening BCA Tidak Dapat Bantuan Subsidi Gaji, Solusinya Ada di Sini

Minggu, 15 Agustus 2021 | 09:49
Istimewa

Ilustrasi BCA. Ini penyebab karyawan dengan rekening BCA tidak dapat bantuan subsidi gaji Rp 1 juta.

Fotokita.net -Sejumlah karyawan melaporkan bantuan subsidi gajiKetenagakerjaan telah masuk rekening Bank Mandiri sejakRabu 11 Agustus 2021.Lantas, apa penyebab karyawan dengan rekening BCA tidak dapat bantuan subsidi gaji?

Bagi karyawan atau pekerja yang merasa menerima bantuan BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan, silahkan cek kembali rekening BCA, BRI, BNI, dan bank BSI, apakah hari ini sudah cair atau belum. Jika belum, harap bersabar, karena pencarian BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan tahun 2021 dilakukan secara bertahap.

Bagaimana cara mengetahui lolos atau tidak sebagai penerima BSU subsidi gaji?

Saat Anda melakukan pengecekan melalui laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, masuk ke menu "Bantuan Subsidi Upah".

Kemudian scroll bagian bawah hingga muncul tulisan "Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?"

Lalu memasukkan NIK, Nama dan tanggal lahir dan verifikasi "I'm not a robot" dan klik lanjutkan.

Baca Juga: BSU Masuk Rekening, Ini Kabar Terbaru Bantuan Subsidi Gaji untuk Pemegang ATM BCA: Alhamdulillah Sudah Cair

Setelah itu, jika lolos atau terdaftar, akan terdapat pesan sebagai berikut: "Anda lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker.

Proses verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021".

Namun jika data anda masih dalam proses verifikasi pihak Kemnaker, akan muncul tulisan berikut: "Data anda sedang dalam proses verifikasi sesuai kriteria Permenaker No 16 tahun 2021"

Kriteria berikut ini sesuai dengan Permenaker RI No 16 Tahun 2021:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.

2. Terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan s.d 30 Juni 2021.

3. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan. Dalam hal pekerja/buruh bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dengan pembulatan ratusan ribu ke atas, sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Ini Penyebab Peserta BPJS Ketenagakerjaan Aktif dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta Tidak Dapat Bantuan Subsidi Gaji

4. Pekerja / Buruh penerima upah. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 (28 Provinsi dan 167 Kab/Kota) sesuai Inmendagri 22/2021 dan 23/2021.

5. Diutamakan bekerja di sektor usaha : Industri Barang Konsumsi, Transportasi, Aneka Industri, Properti & Real Estate dan Perdagangan & jasa (kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan) sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Saat kabar pencairan bantuan subsidi gaji Rp 1 juta beredar, sejumlah karyawan pun melaporkan kabar terbaru dari BSU dari pantauan rekening yang dimiliki. Mereka ramai-ramai berbagi informasi melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Ada beberapa komentar dari beberapa netizen di laman Instagram Kemnaker RI yang menyatakan BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan sudah cair.

“@ahongdisorder12 bank apa?” tulis akun @dani261997

“@dani261997 BRI bang,” tulis akun @ahongdisorder12

“Alhamdulilah saya udah cair,” tulis akun @ahongdisorder12, sebagaimana dikutip dari laman komentar Kemnaker RI, Kamis 12 Agustus 2021.

Baca Juga: Situs bpjsketenagakerjaan.go.id Tidak Bisa Diakses, Ini Ciri-ciri Pekerja yang Dapat Bantuan Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Istimewa

Ilustrasi BCA. Ini penyebab karyawan dengan rekening BCA tidak dapat bantuan subsidi gaji Rp 1 juta.

“Mandiri udh kluar dri kmrn jm 12 . BCA udh blm ya??” @Liiana Zea.

“Kalo BCA nanti dibikinkan rekening sama kemenaker jdi kaya bpum nanti ke bank tinggal verifikasi pencairan,” @Sri Mulyati.

“Dan AHIRNYA BSU dapat juga Alhamdulillah, 1 juta,” tulis akun @Basir Basir, sebagaimana dikutip dari laman grup Facebook INFO BANPRES BPUM ( Usaha Mikro UMKM ), Kamis 12 Agustus 2021.

Baca Juga: BLT Rp 1 Juta Cair Hari Ini, Karyawan Baru Masuk Kerja Bulan Juli Apakah Bisa Dapat Bantuan Subsidi Gaji?

Informasi terbaru mengenai pencairan BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan di berbagai daerah Indonesia telah mentransfer uang bantuan sebesar Rp1 Juta ke pemilik rekening pekerja atau karyawan.

Namun, pencairan dilakukan secara betahap ke masing-masing rekening dan ada beberapa rekening yang siap menerima BLT ataui BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan sebesar Rp1 Juta.

Kemnaker menyalurkan bantuan BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan lima bank untuk mencairkan BSU kepada karyawan atau pekerja yang berhak menerima BLT Rp1 Juta, di antaranya empat bank Himbara BNI, BRI, Mandiri, dan BTN, serta Bank Syariah Indonesia (BSI), khusus untuk penerima Subsidi Gaji Ketenagakerjaan di Provinsi Aceh.

Istimewa

Ilustrasi BCA. Ini penyebab karyawan dengan rekening BCA tidak dapat bantuan subsidi gaji Rp 1 juta.

Berikut ini komentar dari beberapa netizen di laman Instagram Kemnaker RI yang menyatakan BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan sudah cair, yakni:

“Alhamdulillah udh cair hri ini jam 12 malam bank mandiri,” @danik_sulistyowati, dikutip dari laman komentar Kemnaker RI, Kamis 12 Agustus 2021.

“@danik_sulistyowati daerah mana kak?” @okarosana87.

“@okarosana87 Bekasi kak,” @danik_sulistyowati.

“Alhamdulillah tadi mlm sdah cair,” @ita_novianaa.

“@ita_novianaa asli kak ....kakak dah cair. Wilayah mana kak,” @adam_lesmana04.

“@jesscell_boygirl kurang tau ya kak, kata hrd ku yg abis tanya sama pihak bpjs TK masalah rekening yg berwenang hanya pemerintahnya,” @ita_novianaa.

Baca Juga: BLT Rp 1 Juta Cair Hari Ini, Karyawan Baru Masuk Kerja Bulan Juli Apakah Bisa Dapat Bantuan Subsidi Gaji?

“@adam_lesmana04 iya kak, tadi mlm BRI. Aku jepara jateng,” @ita_novianaa.

“alhamdulillah palembang cair,” @tiara_kasihh.

“Alhamdulillah wilayah Semarang sudah cair tadi pagi jam 3,” @much_rozaq.

“Alhamdulilah tadi malam tepatnya jam 18,52 BRI wilayah sidoarjo udah cair @kemnaker,” @andreaawan.

Kendati demikian, dapat disimpulkan beberapa pekerja atau karyawna di wilayah atau daerah Kabupaten/Kota telah menerima BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan sebesar Rp1 Juta, di antaranya ada Sidoarjo, Semarang, Jepara Jateng, Bekasi, dan Palembang.

Baca Juga: Ini Daftar Wilayah PPKM yang Pekerjanya Terima BLT Rp 1 Juta, Apakah Purbalingga Termasuk Daerah yang Dapat Bantuan Subsidi Gaji?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya