Penasaran Foto Keluarga Akidi Tio Bikin Gempar, Mantan Menteri SBY Merasa Malu Usai Temukan Fakta Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Warga Sumsel

Kamis, 29 Juli 2021 | 09:55
Instagram

Dahlan Iskan, mantan menteri BUMN era Presiden SBY ini akhirnya merasa malu usai menemukan fakta keluarga Akidi Tio.

Fotokita.net - Foto keluarga Akidi Tio menyerahkan sumbangan Rp 2 triliun untuk warga Sumatera Selatan (Sumsel) telah membuat gempar publik. Mantan menteri BUMN era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini akhirnya merasa malu usai menemukan fakta keluarga dermawan itu.

Latar belakang keluarga Akidi Tio hingga saat ini masih membuat penasaran banyak pihak. Maklum, tanpa ada angin atau hujan, keluarga Akidi Tio tiba-tiba melakukan gebrakan di masa pandemi yang belum juga berakhir.

Ketika publik masih resah dengan keputusan perpanjangan PPKM Level 4, keluarga Akidi Tio mendadak muncul di depan kamera dengan membawa uang Rp 2 triliun. Dana yang nyaris menyamai pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Sumatera Selatan itu jelas membuat publik tak percaya. Maklum, di tengah masa sulit seperti ini, publik pun dibuat penasaran siapa keluarga Akidi Tio yang begitu dermawan itu.

Foto keluarga Akidi Tio ketika menyerahkan sumbangan Rp 2 triliun kepadaKapolda Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Eko Indra Heri bikin gempar.Bantuan tersebut disalurkan oleh keluarga Tio untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan.

Pujian pun mengalir kepada keluarga pengusaha dermawan ini. Sebut saja, mulai dari pengacara Hotman Paris, mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti hingga Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Bukan hanya publik yang terkejut, sejumlah tokoh nasional juga dibuat penasaran usai memberikan pujian. Salah satunya, Dahlan Iskan yang pernah menjabat Menteri BUMN pada masa Presiden SBY.

Baca Juga: Cuma Lihat Foto Keluarga Akidi Tio, Mantan Menteri SBY Ini Akhirnya Temukan Fakta Sebenarnya Penyumbang Rp 2 Triliun

Dahlan Iskan begitu penasaran lantaran dia merasa "kecolongan". Sebab, Dahlan Iskan yang juga dikenal sebagai wartawan dan pengusaha sukses ini memiliki segudang informasi mengenai dunia bisnis.

Dia pun terkejut saat kabar Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat bantuan dana hibah sebesar Rp 2 triliun untuk penanggulangan Covid-19 dari pihak yang mengatasnamakan keluarga Akidi Tio viral.

Hibah tersebut diserahkan melalui Polda Sumsel yang prosesinya berlangsung pada Senin (27/7/2021).

Hal ini terungkap melalui akun media sosial resmi Humas Polda Sumsel. “Kapolda Sumsel Irjen Pol.Prof.Dr.Eko Indra Heri S, M.M., menerima hibah/CSR dari keluarga alm. Akidi, Senin (26/7) bertempat di ruang Rekonfu Mapolda Sumsel,” tulis akun facebook Humas Polda Sumsel dalam unggahannya.

Dari situlah Dahlan Iskan penasaran dengan foto keluarga Akidi Tio yang rela menyumbangkan Rp 2 triliun untuk warga Sumselterdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bikin Penasaran Hotman Paris, Dokter Keluarga Akidi Tio Ungkap Bentuk Sumbangan Rp 2 Triliun Buat Warga Sumsel

Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

Hasil penelusuran Dahlan Iskan diungkapkannya melaluiblog pribadinya, Disway.id, yang kemudian dikutip berbagai media daring.

Begitu mendapat kabar Akidi Tio berasal dari Aceh,Dahlan pun langsung menghubungi beberapa kenalannya untuk mencari tahu siapa sebenarnya pengusaha asal Langsa itu.

Dari penulusurannya itu, Dahlan merasa tidak puas. Sebab, informasi yang didapatkan itu masih membuat Dahlan penasaran.

"Bukan main. Hanya itu yang bisa saya tulis. Kok ada orang menyumbang uang Rp 2 triliun. Orangnya tidak pernah dikenal. Sudah lama pula meninggal dunia," tulis Dahlan di blog pribadinya disway.id pada Rabu, 28 Juli 2021.

Dahlan Iskan memang mengaku penasaran dengan figur Akidi Tio. Dahlan sampai menghubungi semua kenalannya yang mungkin mengetahui Akidi Tio.

Masih penasaran, Dahlan pun menghubungi Alex Noedin yang pernah menjadi Gubernur Sumatera Selatan. Alex mengaku tak kenal nama itu sama sekali. Dahlan kemudian menghubungi mantan menteri asal Palembang yang namanya tidak ia sebutkan. Jawabannya pun sama.

Baca Juga: Unggah Foto Keluarga Akidi Tio, Hotman Paris Syok Berita Sumbangan Rp 2 Triliun Viral, Netizen Minta Sang Pengacara Lakukan Ini

Polda Sumsel

Hotman Paris pun sampai dibuat penasaran, dokter keluarga Akidi Tio ungkap bentuk sumbangan Rp 2 triliun yang diberikan ke warga Sumsel.

Dahlan masih berusaha. Ia menghubungi lima pengusaha orang Tionghoa di sana dan mereka tidak ada yang mengenal nama itu. Ia juga menghubungi seorang yang bermarga Tio. Jawabannya juga sama, tidak mengenal nama tersebut.

Rasa penasaran Dahlan Iskan yang cuma bisa melihat foto keluarga Akidi Tio saat menyerahkan bantuan Rp 2 triliun mulai terjawab.

Dahlan akhirnya menggali informasi dari Hardi Darmawan. Diketahui, Hardi merupakan dokter keluarga dari Akidi Tio. Dahlan mengaku tidak punya kontak sang dokter. Beruntung, Dahlan mengenal kakaknya dan akhirnya pun mendapat kontak Hardi.

Berdasarkan cerita Hardi, sumbangan Rp 2 triliun itu diberikan untuk Kapolda Sumatera Selatan Irjen Eko Indra Heri.

"Bukan arahan saya. Itu langsung keinginan keluarga untuk diberikan ke Kapolda (Sumsel)," tulis Dahlan menirukan perkataan Hardi dalam blog pribadinya, Disway.id yang dikutip, Rabu (28/7/2021).

Berdasarkan penulusuran Dahlan, Akidi meninggal tahun 2009 saat berusia 89 tahun. Almarhum meninggal karena serangan jantung dan dimakamkan di Palembang.

Baca Juga: 7 Fakta Keluarga Akidi Tio yang Beri Sumbangan Rp 2 Triliun ke Warga Sumsel, Intip Fotonya

Instagram

Dahlan Iskan, mantan menteri BUMN era Presiden SBY ini akhirnya merasa malu usai menemukan fakta keluarga Akidi Tio.

Sementara istrinya meninggal pada 2005 dalam usia 82 tahun. Pasangan suami istri tersebut dikaruniai tujuh orang anak, yang enam di antaranya tinggal di Jakarta dan putri bungsunya tinggal di Palembang.

"Semua jadi pengusaha sukses," tulis Dahlan menirukan percakapannya dengan Prof Hardi. Menurut penuturan Prof Hardi, Akidi merupakan sosok yang rendah hati.

Figur almarhum Akidi Tio dikenal sebagai orang yang rendah hati dan tidak mau menonjol. Akidi Tio merupakan sosok yang dermawan dan kerap tak menunjukkan identitasnya.

Diceritakan Hardi, Akidi Tio merupakan sosok yang rendah hati. Setiap datang ke tempat praktik Hardi, Akidi selalu hanya mengenakan baju dan celana putih.Pengusaha itu pun dikenal sangat dermawan.

"Beliau banyak sekali menyumbang, tapi selalu hanya atas nama hamba Tuhan," kata Prof Hardi kepada Dahlan. Berdasarkan keterangan Prof Hardi, Akidi Tio pernah punya pabrik kecap, mebel, kebun sawit, dan kontraktor bangunan.

Dahlan pun penasaran karena semua temannya dari kalangan Tionghoa di Palembang tak mengenal sosok Akidi Tio. Menurut, Hardi, hal itu karena Akidi Tio sangat rendah hati dan tidak mau menonjol.

Baca Juga: 7 Foto Romantis Fitria Yusuf dengan Pria Iran, Putri Jusuf Hamka yang Memilih Agama Ayahnya Demi Cita-cita Ini

Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

"Beliau banyak sekali menyumbang. Tapi selalu hanya atas nama hamba Tuhan," ujar Hardi sebagaimana dikutip Dahlan.

Tak puas dengan informasi itu, Dahlan pun menghubungi kenalannya yang lain, seperti Bupati Aceh Timur Rocky Hasbalah, mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mantan menteri asal Palembang, dan warga Tionghoa bermarga Tio.

Namun, dari semua orang yang dihubunginya, tak ada satu pun yang mengenal jauh sosok Akidi Tio.

"Berarti pengusaha ini memang luar biasa rendah hatinya. Low profile, high profit. Dan seperti itu banyak sekali di lingkungan masyarakat Tionghoa. Saya punya banyak teman Tionghoa seperti itu. Sehari-hari hanya pakai sandal. Bajunya pun lusuh dan dari kain yang biasa-biasa saja. Namanya tidak pernah disebut di mana-mana, tapi uangnya luar biasa banyaknya," ujar Dahlan Iskan.

Dahlan mengaku punya banyak teman Tionghoa yang sifatnya seperti Akidi Tio. Sehari-hari hanya pakai sandal, bajunya lusuh dan dari kain yang biasa-biasa saja. Namanya tidak pernah disebut di mana-mana tapi uangnya luar biasa banyaknya.

"Saya malu kalau pakai baju bagus di depan mereka," tulis Dahlan mengakhiri tulisannya.

Baca Juga: 7 Foto Sederhana Jusuf Hamka, Pengusaha Muslim Tionghoa yang Curiga dengan Langkah Bisnis Keluarga Cendana

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya