7 Fakta Keluarga Akidi Tio yang Beri Sumbangan Rp 2 Triliun ke Warga Sumsel, Intip Fotonya

Senin, 26 Juli 2021 | 20:34
Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

Fotokita.net - Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel). Ini 7 fakta keluarga yang dikenal dermawan hingga fotonya yang bikin penasaran.

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan Rp 2 triliun untuk warga yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi Covid-19 di Sumsel.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Prof dr Hardi Darmawan yang merupakan dokter keluarga almarhum Akidi di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021).

Lantas, siapakah keluarga Akidi Tio yang sudah membuat heboh publik? Berikut 7 fakta keluarga dermawan yang berhasil Fotokita.net kumpulkan dari berbagai sumber.

Foto keluarga Akidi Tio saat menyerahkan sumbangan juga ditampilan di sini.

Baca Juga: 7 Foto Meme Makan di Warteg Cuma 20 Menit, Netizen Sentil Luhut: Aduh Kegigit Lengkuas!

1. Pengusaha asal Aceh

Akidi Tio dikenal sebagai pengusaha sukses asal Langsa,Kabupaten Aceh Timur.

Akidi Tio memberikan pesan kepada keluarganya untuk membantu sesama. Keluarganya sengaja memberi sumbangan kepada warga Sumsel karena Akidi Tiopernah tinggal di Palembang.

Akidi Tio adalah seorang pengusaha sukses di bidang pembangunan dan kontraktor. Meski sukses dalam bidangnya, Akidi Tio semasa hidup tidak pernah lewat dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

2. Dokter keluarga dibuat terkejut

Sumbangan uang Rp 2 triliun membuat terkejut dokter keluarga Akidi Tio,Prof dr Hardi Darmawan.

"Semasa hidupnya almarhum Akidi selalu berpesan kepada anak dan cicitnya untuk memberikan kepedulian kepada sesama. Semua anak almarhum menjadi pengusaha, amanah inilah yang diteruskan oleh anak-anaknya," ujarProf dr Hardi Darmawan, dokter keluarga almarhum Akidi saat menyerahkan sumbangan di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Aturan Lengkap PPKM Level 4 yang Diterapkan di Jakarta

Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

"Saya sebenernya adalah dokter keluarga dari almarhum pak Akidi. Sudah 36 tahun dengan pak abidi dan bila ditambah dengan anak-anak, mantu dan cicit-cicitnya, berarti terhitung sudah 48 tahun saya mengenal keluarga beliau," ujar Hardi.

Hardi mengaku sempat dibuat kaget dengan niat pemberian bantuan Rp 2 triliun oleh keluarga Akidi Tio.

"Biasanya mereka itu nelpon untuk berobat. Tapi justru waktu itu malah bikin saya surprise karena mereka bilang mau kasih sumbangan dana bantuan untuk penanganan Covid dan kesehatan di Sumsel. Jumlah juga tidak tangung-tanggung besarnya," kata dia.

Hardi menjelaskan, keluarga Akidi Tio memang terkenal sebagai keluarga yang dermawan.

3. Kerap membantu sesama secara diam-diam

Menurut Hardi keluarga Akidi Tio sudah seringmembantu masyarakat, termasuk sejumlah panti jompo di Palembang, khususnya ketika pendemi melanda.

Sudah banyak bantuan yang diberikan oleh keluarga Akidi Tio dalam penanganan Covid-19.

"Seperti kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri, mereka banyak membantu misalnya kirim makanan. Hanya saja memang tidak dipublikasi," ujarnya dikutip dari Tribun Sumsel.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 2 Agustus, Ini Aturan Makan di Warung

Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

"Bahkan sebelum pandemi mereka juga sering membantu misalnya panti-panti jompo di Palembang ini banyak yang dibantunya. Apalagi dalam pendemi ini, jelas sekali banyak orang kesusahan," ujarnya.

Bahkan sudah banyak bantuan yang diberikan oleh keluarga Akidi Tio dalam penanganan covid-19. "Seperti kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri, mereka banyak membantu misalnya kirim makanan. Hanya saja memang tidak dipublikasi," ujarnya.

4. Dana digunakan untuk penanganan Covid-19

Terkait alokasi penyaluran dana, pihak keluarga menyerahkan seluruhnya kepada Pemprov Sumsel dan Polda Sumsel.

"Itu amanah dari keluarga beliau. Apalagi memang saat ini banyak sekali terjadi masalah, baik dari rumah sakit, peralatan, nakes, macam-macam. Diharapkan, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat," ujar Hardi. 5. Dekat dengan Kapolda Sumsel

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima sumbangan uang Rp 2 triliun secara simbolis di Ruang Rekonfu Gedung Promoter Polda Sumatera Selatan, Jalan Jendral Sudirman KM 3,5 Palembang.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Pedagang dengan Usaha Ini Boleh Berjualan

Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

Eko menyatakan bahwa sudah bekerja dengan tim, sekaligus kolaborasi atas amanah yang diberikan oleh keluarga Alm Akidi.

"Dengan kolaborasi amanah yang disampaikan oleh Keluarga Alm Akidi, bisa kami jalankan dengan sebaik-baiknya," kata Eko.

Agenda penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Selain Kapolda dan Gubernur Sumsel juga dihadiri oleh tokoh lima agama dan Dandrem Garuda Dempo (Gapo), Brigjen TNI Jauhari Agus.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, Akidi Tio adalah keluarga yang ia kenal saat bertugas di Aceh beberapa tahun silam.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, Senin (26/7/2021).

6. Kapolda Sumsel jadi makelar kebaikan

Kapolda Sumsel Eko Indra Heri sendiri tak menampik sempat sedikit dibuat terkejut dengan nominal fantastis dari bantuan yang diberikan dari sumbangan keluarga Akidi Tio.

"Mendengarnya saja kaget, apalagi melaksanakan (amanah) itu. Menurut saya ini adalah amanah yang sangat luar biasa dan berat sekali karena uang yang diamanahkan ini besar dan pastinya harus dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Baca Juga: PPKM Level 4 Artinya Ini, Berikut Penjelasan Lengkap Aturannya

Istimewa

Keluarga Akidi Tio memberi sumbangan uang Rp 2 triliun kepada warga Sumatera Selatan (Sumsel).

"Tapi saya yakin kalau amanah ini langsung disampaikan ke semua pihak dan masyarakat, Insya Allah amanah ini dapat dikelola sebaik-baiknya," imbuhnya.

Terkait alokasi, Kapolda mengatakan, nantinya akan dibentuk tim ahli yang akan mengalokasikan dana bantuan tersebut sesuai kebutuhan. Ia menyebut dirinya hanya sebagai perantara dalam menyalurkan bantuan dari pihak keluarga ke Pemprov Sumsel.

Namun ia memastikan bantuan itu akan ditujukan untuk penanganan Covid-19, termasuk masyarakat yang terdampak pandemi.

Mantan asisten SDM Kapolri itu, bantuan yang diterima merupakan amanah yang cukup berat. Untuk itu Eko menegaskan dana itu akan dikomunikasikan dengan semua pihak agar cepat disalurkan pada masyarakat yang tepat.

"Saya hanya makelar kebaikan saja. Terkait alokasi, nanti akan ada ahli-ahli yang lebih paham. Saya hanya membantu untuk menyampaikan seperti dengan gubernur, pangdam, dan steakholder terkait lainnya," ujarnya.

Menurutnya, ada begitu banyak yang dibutuhkan oleh masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini. Pemberian obat, kemudian oksigen termasuk tenaga kesehatan dan orang-orang yang bekerja di sektor itu.

"Makanya nanti harus ada komunikasi dengan teman-teman ahli supaya bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran," ujarnya.

Baca Juga: 7 Foto Kece Windy Cantika Aisah, Penampilannya Bikin Pangling di Luar Arena, Pernah Dapat Uang Puluhan Juta dari Ridwan Kamil

7. Gubernur Sumsel menyambut gembira

Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut gembira atas bantuan tersebut. Herman mengaku terharu pada pihak keluarga yang telah peduli kepada kondisi saat ini.

"Untuk Keluarga Alm Akidi dan utusan keluarga karena telah memberikan bantuan ini karena besarannya bukan sedikit. Terimakasih kepada Keluarga Alm Akidi yang telah melakukan kebaikan dengan memberikan bantuan kepada pemerintah meskipun melalui Kapolda Sumsel saat ini. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT," ujarnya.

Kabag Humas Pemprov Sumsel Septriandi Setia Permana memastikan penyerahan sumbangan tersebut benar adanya dan disaksikan langsung Gubernur Sumsel.

"Benar hadir dan menyaksikan, namun itu diterima pak Kapolda," ujarnya dikonfirmasi, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Tersorot Kamera Bareng Youtuber Maharani Kemala, Ibu Penjual Buah Tolak Dagangannya Diborong, Alasannya Bikin Meleleh

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya