Bikin Bencana, Ini Foto Ikan Mas yang Dibuang Sembarangan ke Danau Tumbuh Jadi Raksasa

Jumat, 16 Juli 2021 | 08:19
Istimewa

Ikan mas yang dibuang sembarangan ke danau berubah menjadi raksasa hingga menimbulkan bencana.

Fotokita.net - Ikan mas yang dibuang sembarangan ke danau telah tumbuh menjadi raksasa. Ukuran ikan mas yang berubah berkali lipat itu membikin bencana bagi ekosistem danau hingga membuat pusing pemerintah. Ini fotonya.

Ukuran ikan mas yang menghuni danau diBurnsville, sekitar 24 kilometer selatan Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, telah membuat pemerintah kota terkejut. Ikan mas yang dibuang itu telah berubah menjadi raksasa.

Pemerintah kota (pemkot) menemukan ikan mas raksasa itu di danau Keller dalam sebuah survei yang mereka gelar baru-baru ini. Ikan yang umumnya menjadi peliharaan manusia di rumah telah tumbuh menjadi jauh lebih besar di alam. Akibatnya, ikan mas raksasa ini menyebabkan gangguan besar pada ekosistem.

Baca Juga: Cara Kembalikan Nafsu Makan Akibat Alami Long Covid, Ternyata Bisa Segampang Ini

Pemkot menyebutkan ikan mas dapat turut menyebabkan penurunan kualitas air dengan mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman.

"Tolong jangan buang ikan mas piaraan Anda ke kolam dan danau!" kata Pemkot Burnsville dalam sebuah twit.

"Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda perkirakan dan mengotori sedimen dasar dan mencabut vegetasi, berkontribusi pada kualitas air yang buruk," sebut Pemkot.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Baru Tahu Sekarang, 3 Faktor Ini Bikin Wanita Lebih Mudah Alami Long Covid

Di Minnesota, ikan mas merupakan salah satu spesies invasif yang diregulasi. Melepasnya ke perairan publik adalah tindakan ilegal.

Para petugas di Carver County yang berdekatan dengan Burnsville memindahkan hingga 50.000 ikan mas dari saluran air lokal pada November lalu.

Menurut Paul Moline, manajer pengelolaan air county tersebut, ikan mas "adalah spesies yang belum dipelajari" dengan "potensi signifikan untuk sangat mempengaruhi kualitas air danau."

Baca Juga: Foto Terkini Mantan Ardi Bakrie Disorot, Sibuk Keluar Masuk Hutan Demi Jalani Profesi Ini

Pengangkatan itu merupakan bagian dari rencana tiga tahun untuk mempelajari dan mengelola spesies tersebut, yang telah menyebabkan masalah di seluruh AS.

Namun AS bukan satu-satunya negara yang mengalami masalah ikan mas. Pada 2017, dewan kota Muncih di Jerman mengatakan gerombolan ikan mas di kolam-kolam dan danau-danau membuat spesies lainnya kelaparan dalam persaingan untuk mendapatkan makanan.

Masalah itu menjadi begitu buruk, dewan kota mengancam akan mendenda warga yang ketahuan melepas piaraan mereka ke perairan publik.

Baca Juga: Foto Terbaru Putri Denada Curi Perhatian, Gayanya Makin Stylish Hingga Harus Telan Pil Pahit

Istimewa

Ikan mas yang dibuang sembarangan ke danau berubah menjadi raksasa hingga menimbulkan bencana.

Ikan mas raksasa juga pernah ditemukan di perairan Inggris. Pada 2020, seorang remaja Inggris menangkap ikan seberat 2,2 kg dari sebuah danau di Dorset.

Ikan mas, seperti ikan karper, dapat dengan mudah berkembang biak dan hidup di lingkungan rendah oksigen sepanjang musim dingin di Minnesota. Departemen Sumber Daya Alam Minnesota memperingatkan, "Beberapa ikan mas mungkin tampak seperti tambahan yang tidak berbahaya bagi badan air setempat, tetapi sebenarnya tidak."

Meskipun ikan mas kurang mendapat perhatian dibandingkan spesies invasif lainnya seperti ikan mas Asia dan kerang zebra, peringatan telah dikeluarkan di Virginia, Washington, Australia, dan Kanada.

Baca Juga: Air Rebusan Bawang Putih Sembuhkan Covid-19, Ini Fakta Sebenarnya

Istimewa

Ikan mas yang dibuang sembarangan ke danau berubah menjadi raksasa hingga menimbulkan bencana.

Menurut Scientific American, para peneliti pernah menyisir Danau Tahoe di Amerika Serikat pada tahun 2013 dan kemudian menangkap ikan mas yang panjangnya sekitar 45 sentimeter dan beratnya hampir dua kilogram.

"Secara global, perdagangan ikan akuarium telah menyumbang sepertiga dari spesies akuatik dan invasif terburuk di dunia tersebut," menurut penulis penelitian tentang perdagangan ikan akuarium di California, sebagaimana dilansir Nature World News.

Baca Juga: Mohon Jangan Diulangi 5 Kebiasaan Fatal Ini, AC Cepat Rusak Hingga Tagihan Listrik Meledak

Greenville Rec on Facebook

Ikan mas yang dibuang sembarangan ke danau berubah menjadi raksasa hingga menimbulkan bencana.

Setelah seorang pemancing menangkap ikan mas berukuran 40 sentimeter, otoritas margasatwa di Virginia segera mengeluarkan peringatan. Mereka memperingatkan bahwa "pemilik hewan peliharaan tidak boleh melepaskan makhluk air mereka ke alam liar."

Biaya untuk memulihkan sungai yang dipenuhi ikan mas sangatlah besar. Misalnya, sebuah bisnis konsultasi di Carver County, Minnesota, dianugerahi kontrak 88.000 dolar AS untuk mencari cara menghilangkan kawanan ikan tersebut.

Menurut Washington Post, pejabat negara bagian Washington mengumumkan pada 2018 bahwa mereka akan menginvestasikan 150.000 dolar AS untuk merehabilitasi sebuah danau di dekat Spokane. Selain itu, masalah ikan mas telah digambarkan sebagai "menakutkan" oleh spesialis spesies invasif di Alberta, Kanada.

Baca Juga: Foto Mobil Lamborghini Tinggal Kenangan, Atta Halilintar Telan Pil Pahit: Ya Allah, Jangan Sampe Pensiun Dini

Wikimedia Commons

Ikan mas yang hidup di akuarium.

Setiap tahun, diyakini bahwa hingga 200 juta ikan mas dibiakkan, dengan mayoritas dari mereka berakhir di akuarium perumahan. Ikan mas di penangkaran atau akuarium umumnya hanya mengkonsumsi makanan pelet atau serpihan.

Namun saat di alam liar, ikan mas dapat memakan banyak hal. Mulai dari cacing, larva, krustasea kecil seperti udang air asin, dan bahkan bahan pelengkap salad seperti kacang polong dan selada. Oleh karena itulah tubuh ikan mas di alam liar bisa berkali-kali lipat lebih besar dari ikan mas di akuarium.

Baca Juga: Dituding Tak Siap Beri Obat Gratis Pasien Isoman Lewat Telemedicine, Kemenkes Buka Suara

Wikimedia Commons

Ikan mas yang dibuang sembarangan ke danau berubah menjadi raksasa hingga menimbulkan bencana.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya