Foto Bukti Limit Kartu Kredit Pertamina Rp 420 Miliar Bocor, Ahok Buka Suara

Rabu, 30 Juni 2021 | 18:18
Instagram BasukiBTP

Ahok dan Presiden Jokowi. Ahok membongkar sejumlah fasilitas mewah yang dimiliki oleh bos-bos Pertamina hingga bikin panas telinga banyak orang.

Fotokita.net - Sebuah foto yang menunjukkan bukti limit kartu kredit PT Pertamina mencapai Rp 420 miliar bocor ke publik. Terkait hal ini, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok buka suara.

Beberapa pekan terakhir Ahok bikin gaduh lantaran tanpa tedeng aling-aling membongkar fasilitas mewah yang dmiliki oleh bos-bos Pertamina.

Suami Puput Nastiti Devi itu tak segan membongkar bahwa manajer hingga direksi dan komisaris Pertamina menerima fasilitas kartu kredit korporat yang bukan main besaran limitnya.

Ahok pun menyebut bahwa dirinya sebagai Komisaris Utama Pertamina menerima fasilitas kartu kredit korporat dengan limit hingga Rp 30 miliar.

Baca Juga: Sengaja Bongkar Rahasia Kelam Ahok, Nicholas Sean Balas Komentar Menohok Saat Lihat Foto Jadul Ayahnya Bersama Puput Nastiti

"Iya, Komisaris Utama dengan limit Rp 30 miliar," kata ayahanda Nicholas Sean seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (16/6/2021).

Dalam wawancara itu, Ahok menyampaikan, dia sudah meminta fasilitas kartu kredit korporat bagi pejabat Pertamina ini dicabut. Hal ini menurutnya telah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin (14/06/2021) lalu.

Baca Juga: Rela Pindah Agama Hingga Bikin Kaget Ahok, Puput Nastiti Ngaku Mau Dinikahi Tanpa Cinta Mantan Suami Veronica Tan: Kenapa Saya Tolak?

Menurut ayah Nicholas Sean, pencabutan fasilitas kartu kredit korporat ini bertujuan untuk memudahkan perseroan dalam melakukan kontrol dan juga mencegah pemanfaatan yang tidak ada urusannya dengan perusahaan.

"Ya benar (fasilitas kartu kredit dicabut). Untuk permudah kontrol dan pencegah pemanfaatan yang tidak ada urusannya dengan perusahaan," ungkap mantan suami Veronica Tan itu lagi.

Baca Juga: Sengaja Bikin Foto Keluarga, Penampilan Istri Ahok Saat Rayakan Natal Banjir Pujian, Apa Kabar Veronica Tan?

Lebih jauh, Ahok menyampaikan bahwa pencabutan fasilitas kartu kredit berlaku sejak Selasa (15/06/2021).

Nantinya, kata Ahok, Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini yang akan memastikan pencabutan fasilitas kartu kredit."Direktur Keuangan Ibu Emma yang akan pastikan," ujarnya.

Lalu, apakah pencabutan fasilitas kartu kredit ini juga berlaku bagi semua anak cucu perusahaan?

Baca Juga: Denny Darko Sebut Matanya Tetap Tertutup, Penampilan Baru Veronica Tan Malah Dipuji Mirip Artis Korea Usai Bagikan Konten Ini

Instagram BasukiBTP

Ahok membongkar sejumlah fasilitas mewah yang dimiliki oleh bos-bos Pertamina hingga bikin panas telinga banyak orang.

Ahok menegaskan, seluruh grup Pertamina tidak ada ada lagi yang mendapatkan fasilitas ini.

"Intinya, seluruh grup tidak ada lagi yang namanya kartu korporasi," tegasnya.

Meski dirinya mengakui menerima limit kartu kredit korporat sebesar Rp 30 miliar, namun dia mengaku tidak mengetahui berapa limit kartu kredit yang diterima direksi Pertamina."Saya tidak tahu karena saat diminta dari tahun lalu tidak diberikan," sebut Ahok.

Ahok mengatakan bahwa dirinya sudah meminta kepada manajemen untuk mengembalikan kartu kredit sejak tahun lalu. Namun, permintaan ini tidak kunjung direspons. Dia pun mengaku tidak tahu berapa limit kartu kredit bagi manajemen.

Baca Juga: Warga Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Cuma Makan Ini Hasil Tes Jantung Bikin Dokter Terkejut

"Tidak tahu. Direksi yang makai banyak? Sudah kami minta sejak tahun lalu. Didiamin aja," lanjutnya.

Ahok pun menceritakan bahwa fasilitas kartu kreditnya yang didapatkan dari Pertamina memiliki limit sebesar Rp 30 miliar. Namun saat ini menurutnya sudah dikembalikan dan diminta ditutup.

"Patokannya yang punya saya sebagai Komut aja limitnya Rp 30 miliar. Udah saya kembalikan dan minta ditutup," ucapnya.

Baca Juga: Duh, Cuma Berulah Begini di Depan Kamera, Cristiano Ronaldo Bikin Coca Cola Rugi Rp 57, 2 Triliun

Setelah fakta kartu kredit Pertamina dibongkar Ahok, kini publik kembali dibuat digeger dengan bocornya foto bukti limit kartu kredit Pertamina yang mencapaiRp 420 miliar.

Foto bukti itu beredar luas setelah Ahok membongkar nilai kartu kredit Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina dengan limit Rp 30 miliar.

Foto dokumen yang tersebar pada Rabu (30/6/2021) itu menunjukkanbeberapa kolom. Di dalam kolom tersebut terdapat tulisan 'pagu kredit' dan di bawahnya tertulis 'super group credit limit'. Nilai super group credit limit tertulis di bawahnya dengan angka Rp 420 miliar.

Baca Juga: Ahok Mulai Umbar Emosi ke Direksi Pertamina, Mantan Menteri BUMN Ternyata Sudah Ingatkan Posisi Suami Puput Nastiti: Harmonis Kata Kuncinya

Saat dimintai konfirmasi perihal tersebut, Ahok mulanya meminta agar hal itu dimintakan konfirmasi kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

"Nanya ke Dirut aja," katanya seperti dilansir detikcom lewat pesan singkat, Selasa kemarin (29/6/2021).

Saat ditanya apakah komisaris pernah mendapat laporan tersebut, Ahok mengatakan, justru ia meminta laporan tersebut.

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

Istimewa

Sebuah foto yang menunjukkan bukti limit kartu kredit PT Pertamina mencapai Rp 420 miliar bocor ke publik.

"Justru kami minta. Nanti jika dibuka bisa pada kaget," katanya.

Ahok sendiri merupakan komisaris yang menolak fasilitas kartu kredit untuk para petinggi Pertamina. Dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) usulan penghapusan fasiitas kartu kredit itu disampaikan

Ahok menilai, penghapusan fasilitas kartu kredit ini sebagai kontrol dari pemakaian yang tidak tepat sasaran. Tak lama, niat Ahok menghapus fasilitas kartu kredit itu terlaksana. Kebijakan itu tertuang dalam surat No. 204/H00000/2021-S4 tanggal 15 Juni 2021 yang ditandatangani Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini.

Baca Juga: Prabowo Disebut Konsumsi Obat Kutu Anjing Demi Tangkal Corona, Ajudan Buka Suara

Lebih lanjut Ahok menuturkan, selama ini dirinya hanya mendapat kartu kredit. Dia juga menuturkan, saat ini fasilitas kartu kredit untuk para petinggi Pertamina telah ditarik.

"Iya dan udah dapat sekarang setelah jadi rame di media," ujarnya.

Baca Juga: Pasti Banyak yang Nyesal, Mencegah Kehadiran Semut di Dapur Ternyata Ampuh dengan 6 Cara Gampang Ini

Istimewa

Sebuah foto yang menunjukkan bukti limit kartu kredit PT Pertamina mencapai Rp 420 miliar bocor ke publik.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya