Dijamin Nyesal Baru Tahu Sekarang, Bahaya Makan Gorengan Musnah Cuma dengan Cara Gampang Ini

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:19
Instagram

Ilustrasi gorengan. Kini, bahaya makan gorengan ternyata bisa musnah cuma dengan cara gampang ini.

Fotokita.net - Makan gorengan sudah menjadi kebiasaan yang umum di antara kita. Meski sudah tahu bahaya makan gorengan, banyak orang yang tetap meneruskan kebiasaan itu. Kini, bahaya makan gorengan ternyata bisa musnah cuma dengan cara gampang ini.

Siapa sih yang tidak ingin menyantap hidangan gorengan yang ada di depan mata? Gorengan memang selalu memanjakan lidah kita saat otak memerintahkan mulut kita untuk menguyah sesuatu.

Lantaran menjadi santapan favorit, gorengan amat mudah kita jumpai di mana saja.Warung-warung makan pun tak pernah luput menyajikan gorengan sebagai salah satu sajian andalan mereka. Gorengan yang beraneka macam dengan rasa gurih atau manis memang bisa membuat siapa ketagihan.

Baca Juga: Warga Satu Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Uban di Kepala Musnah Cuma dengan Ramuan Daun Rambutan

Bahaya makan gorengan juga tak bisa dihindarkan. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng diketahui meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis.

Dijamin banyak orang yang sudah paham bahwa gorengan bisa memberikan efek tak baik bagi kesehatan. Gorengan identik dengan minyak yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Kalori gorengan juga tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga: Buang Obat Nyamuk Sekarang, Basmi Nyamuk di Kamar Tidur Ternyata Cukup dengan Serai, Ini Caranya

Seperti yang sudah diketahui, berat badan yang berlebih memiliki risiko tinggi terhadap banyak penyakit, seperti diabetes, darah tinggi hingga penyakit jantung.

Tempe, tahu, dan ayam adalah makanan yang sehat. Namun, hampir semua kalangan lebih menyukai tempe, tahu, maupun ayam yang digoreng daripada yang dikukus atau direbus. Padahal, proses menggoreng justru mengurangi nilai gizi pada bahan utamanya karena akan menambahkan kalori dan kandungan lemaknya.

Makanan yang digoreng akan menyerap lemak dari minyak, sehingga kalorinya akan menjadi lebih tinggi. Semakin tinggi asupan kalori harian seseorang, semakin tinggi pula risiko ia mengalami kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas.

Baca Juga: Satu Indonesia Syok, Efek Buruk Ini Bikin Kapok Minum Kopi Sachet Lagi

Selain itu, kandungan lemak trans dalam makanan yang digoreng juga memainkan peran penting dalam penambahan berat badan. Lemak ini diketahui dapat memengaruhi kerja hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah penyimpanan lemak.

Bahaya makan gorengan yang juga tidak bisa diremehkan adalah meningkatkan risiko terkena kanker. Bahaya ini bisa muncul akibat zat akrilamida yang dapat terbentuk selama proses memasak dengan suhu tinggi, seperti menggoreng.

Baca Juga: Satu Indonesia Bisa Kegirangan, Ternyata Bau Badan Hilang Cuma dengan 3 Bahan Dapur Ini, Caranya Gampang Banget

Instagram @koleksiresepsj

Ilustrasi gorengan. Kini, bahaya makan gorengan ternyata bisa musnah cuma dengan cara gampang ini.

Makanan bertepung, seperti kentang goreng atau ayam goreng tepung, diketahui akan mengandung akrilamida yang lebih tinggi ketika terpapar suhu tinggi. Jika terlalu banyak dan sering dikonsumsi, zat ini diduga bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, seperti kanker ovarium.

Makanan yang digoreng biasanya dilapisi tepung. Makanan yang diolah seperti ini akan lebih tinggi kalori dan mengandung lebih banyak karbohidrat sederhana dan lemak tidak sehat.

Terlalu banyak lemak dalam makanan tidak hanya dapat menyebabkan penambahan berat badan, tetapi juga meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak dan ibu hamil.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Kalau Baru Tahu Sekarang, Kopi Bikin Area Rumah Terasa Berbeda dengan Manfaat Rahasianya Ini

Wanita yang memiliki kebiasaan makan gorengan sebelum hamil pun diketahui berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional saat hamil. Hal ini patut diwaspadai karena diabetes gestasional bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan yang berbahaya bagi ibu dan janin.

Selain itu, lemak trans pada makanan yang digoreng diketahui dapat meningkatkan jumlah senyawa yang mendukung peradangan dalam tubuh. Hal ini diketahui turut berkontribusi terhadap peningkatan risiko kanker.

Baca Juga: Nyesal Baru Tahu Sekarang, Pengobatan Autoimun Ternyata Gampang, Stop Konsumsi 2 Makanan Ini

Instagram @yulichia88

Ilustrasi gorengan. Kini, bahaya makan gorengan ternyata bisa musnah cuma dengan cara gampang ini.

Bahaya makan gorengan yang telah banyak diteliti adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Telah diketahui bahwa gorengan dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, sementara obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Minyak goreng juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Peningkatan kolesterol ini bisa menjadi akar dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Namun demikian, menekan keinginan untuk tidak makan gorengan seringkali sulit dilakukan. Apalagi jika mencium aroma dan membayangkan rasa gurih serta tekstur renyah gorengan di mulut.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Kalau Baru Tahu, Mengusir Semut di Rumah Ternyata Bisa Segampang Ini

Nah, kita tak perlu khawatir, pendakwah sekaligus pakar kesehatan dokter Zaidul Akbar punya cara jitu agar tetap bisa menikmati gorengan tanpa efek buruk pada tubuh. Dengan cara mudah ini, bahaya makan gorengan pun musnah dalam sekejap.

"Saya kemarin ngajarkan cara makan gorengan yang baik, biar teman-teman yang cinta gorengan tidak kecil hati," ujarnya mengawali cerita dalam sebuah video yang diunggah di Instagram.

Lalu dokter Zaidul Akbar mengambil sebuah makanan yang ada di meja di hadapannya.

Baca Juga: Terbukti Manjur, 5 Tanaman Ini Ampuh Basmi Tikus di Rumah Tanpa Racun

Dok. Republika

Dokter Zaidul Akbar. Kesehatan jantung menjadi momok bagi warga Indonesia. Namun, cuma makan ini, hasil tes jantung dipuji dokter.

"Jadi kalau Anda mau makan gorengan caranya begini. Anggaplah ini gorengan. Anda potong-potong lalu taruh dalam piring. Ambil cocolan pakai kuah kacang, yang paling sedap. Colokin pakai garpu atau sumpit lalu cocol kuah kacang, sampai penuh," lanjut dokter Zaidul Akbar.

"Sebelum Anda makan, ciumi dulu, hirup dulu. Waktu Anda mau makan, tahan dulu lalu taruh, lalu minum. Ulangi berkali-kali proses tadi," kata dokter Zaidul Akbaryang disambut tawa para hadirin.

Baca Juga: Warga Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Cuma Makan Ini Hasil Tes Jantung Bikin Dokter Terkejut

Lalu, dokter Zaidul Akbarmelanjutkan dengan menjelaskan fungsi ritual tadi.

"Maka air putih ini akan menghilangkan rasa keinginan kita untuk makan beliau. Itu caranya," tandas dokter Zaidul Akbar.

Hadirin pun kini yakin bagaimana bahaya makan gorengan musnah cuma dengan cara gampang ini.

Baca Juga: Kasus Baru Corona Melonjak, Denny Darko: Semua Orang Akan Kena, Obatnya Cuma Satu

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya