Amien Rais Dikabarkan Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Ini Fakta Sebenarnya

Selasa, 22 Juni 2021 | 11:54
Instagram Amien Rais

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Kabar pendiri Partai Ummat Amien Rais meninggal dunia beredar luas di media sosial.

Kabar tersebut menyebar lewat video berdurasi 10 menit 6 detik dengan judul "terpapar Penyakit Mematikan !! Kondisi Amien Rais Sangat Memperihatinkan" dan tersebar di media sosial.

Video diunggah akun Youtube SUARA ISTANA. Pada video itu tertulis kalimat "Astaghfirullah Halladzim Kena Serangan Jantung Amin Rais Dilarikan ke Rumah Sakit".

Baca Juga: Ifan Seventeen Dikabarkan Meninggal Dunia Gegara Kecelakaan, Ini Faktanya

Akun Facebook Indonesia Trending News membagikan sebuah video yang diklaim sebagai sumber informasi terkait penyebab kematian Amien Rais. Video tersebut diunggah pada tanggal 1 Juni 2021 dan mendapatkan atensi sebanyak 3.100 comment, 7.300 likes, dan 466 share.

“Berita Terkini Meng3jutk4n. Penyebab K3m4ti4n Amien Rais Tak Di Duga Ternyata Karna Ini,” demikian narasinya.

Baca Juga: Fadli Zon Dikabarkan Meninggal Dunia Karena Corona, Ini Faktanya

Selain itu, beredar pula sebuah video dengan narasi Ketua Majelis Syura Partai Umat Amien Rais meninggal. Video beredar di youtube.

Kanal youtube PENA ISTANA membagikan video ini pada 23 Mei 2021. Video berjudul "INNALILLAH !! ALI NGABALIN KEWATIR PAK TUA INI W4F4T SEBELUM PEMILU" telah ditonton 33 ribu orang.

Dalam halaman sampul video tersebut terdapat foto jenazah yang telah dibalut kain kafan dan dikelilingi para pelayat. Narasi di halaman sampul tersebut berisi “Kabar Duka Innalilahi Wainnalihi Raji’un Akibat Selalu Menjelekan Jokowi Amien Rais Jadi Begini”.

Baca Juga: Innalillahi, Sahabat Bassist Slank Ivanka Meninggal Dunia, Simak Profilnya

YouTube

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Dari hasil penelusuran, seluruh video tersebut adalah hoaks. Tidak ada informasi resmi terkait kabar Amien Rais yang mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit.

Lantas dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Amien Rais Terkena Serangan Jantung Dilarikan ke Rumah Sakit? Ini Faktanya" pada 27 Mei 2021, dijelaskan bahwa foto dari sampul video adalah seorang calon jemaah haji asal Tasikmalaya yang gagal berangkat karena terkena serangan jantung.

Baca Juga: Innalillahi, Ayah Leony Trio Kwek Kwek Meninggal Dunia Usai Kesulitan Cari UGD, Berikut Kronologinya

Tangkapan Layar YouTube

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Foto itu dimuat di situs republika.co.id pada 8 Juli 2019 berjudul "Calhaj Tasikmalaya Gagal Berangkat Karena Serangan Jantung".

Dari hasil penelusuran, klaim Amien Rais meninggal adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait informasi tersebut. Ada ketidaksesuaian antara judul halaman sampul dengan isi video tersebut. Di dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak ada informasi atau narasi Amien Rais meninggal.

Adapun foto yang dicatut dalam halaman sampul video tersebut adalah hasil suntingan. Foto aslinya ditemukan dalam artikel berjudul "Sumpah Pocong Arya Wiguna Ternyata Cuma Urusan Uang dan Angan-angan (Capek, deh..!)". Artikel dimuat di situs aura.tabloidbintang.com pada 8 Februari 2014.

Baca Juga: Innalillahi, Lawan Main Ayu Azhari di Sinetron Putri Duyung Tutup Usia, Simak Profilnya

Istimewa

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Dilansir sindonews.com, Amien Rais sendiri pada 26 Mei 2021 atau tiga hari setelah klaim video ini diunggah masih memberikan pernyataan ke publik.

Ketua Majelis Syura Partai Ummat itu mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat gerhana pada hari ini. Imbauan yang sama disampaikan Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi.

Diketahui, beberapa waktu lalu terjadi peristiwa Gerhana Bulan Total atau dikenal juga dengan Super Blood Moon, karena terjadi saat bulan di Perigee (bulan berada di jarak terdekat dengan bumi). Menurut Amien Rais, salat gerhana merupakan sebuah sunah muakadah, sunah yang sangat dianjurkan.

Baca Juga: Foto Sarita Abdul Mukti Buka Hijab Bikin Heboh, Netizen: Masya Allah!

Istimewa

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

"Sehingga marilah kita, kaum muslimin, muslimat, berbondong-bondong ke masjid di mana diadakan salat jamaah gerhana bulan itu," kata Amien Rais dikutip dari Channel YouTube Amien Rais Official, Rabu, 26 Mei 2021.

Namun, Amien Rais berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak "Saya akan bergabung ke masjid terdekat. Saya akan ikut imam secara seluruhnya," ujarnya.

Baca Juga: Sudah Lama Pensiun, Mantan Gubernur DKI Jakarta Ini Dikabarkan Meninggal Dunia, Begini Faktanya

Tangkapan Layar Tabloid Bintang

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Kesimpulan:

Klaim Amien Rais meninggal adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait informasi tersebut.

Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Baca Juga: Innalillahi, Lucinta Luna Kecelakaan Tragis Saat Tampil di TV, Begini Nasib Bayinya

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Video Pendiri Partai Ummat Amien Rais mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit adalah hoaks. Tidak ada informasi resmi terkait kabar tersebut. Kemudian, foto sampul dalam video yang beredar, bukan foto Amien Rais, melainkan jamaah haji yang gagal berangkat karena serangan jantung.

Baca Juga: Banyak yang Tak Sadar, 6 Faktor Ini Jadi Penyebab Warna Ikan Cupang Memudar

Tangkapan Layar YouTube

Politikus senior Amien Rais dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Ini fakta sebenarnya.

Dengan demikian klaim kematian Amien Rais merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia),klaim tersebut salah, faktanya tidak ada sumber yang valid terkait informasi meninggalnya Amien Rais.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya