Siapa Lily Sofia? Video Rekaman Pria Diduga Munarman Masuk Kamar Bareng Wanita Jadi Viral, Pengacaranya Malah Bersyukur: Alhamdulillah

Kamis, 29 April 2021 | 12:58
Warta Kota

Eks Sekretaris Umum FPI, Munarman menjawab tudingan terkait teroris dengan hadis-hadis, begini reaksi Eko Kuntadhi.

Fotokita.net - Penangkapan mantan Sekretaris Umum FPI Munarman atas kasus baiat ISIS di 3 kota masih ramai diperbincangkan.

Belum lagi reda kabar penangkapan Munarman oleh tim Densus 88, kini beredar video rekaman pria diduga Munarman yang masuk kamar bareng seorang wanita. Nama Lily Sofia santer disebut-sebut. Lantas, siapakah Lily Sofia.

Nama Lily Sofia mendadak ramai jadi perbincangan warganet di 3 platform media sosial, mulai dari Twitter, Facebook hingga YouTube.

Baca Juga: Meradang Dicecar Soal Baiat ISIS di Makassar, Munarman Nyatanya Nekat Siram Wajah Ahli Sosiologi Usai Disuruh Diam di Acara Live TV

Perbincangan ini ramai sejak Kamis (29/4/2021) pagi hingga siang.

Jadi, siapa Lily Sofia? Lalu, mengapa nama Lily Sofia mendadak ramai diperbincangkan seiring dengan nasib Munarman yang ditahan di Polda Metro Jaya Jakarta?

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap Munarman pada Selasa (27/4/2021).

Pengacara Rizieq Shihab itu ditangkap sekitar pukul 15.30 WIB di Perumahan Modern Hills, Cinangka, Pamulang, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Disebut 3 Kali Nikah, Sosok Istri Pertama Ustaz Abdul Somad Terungkap, Siapa yang Menjodohkan?

"Ya (benar)," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat diminta konfirmasi.

Pada Selasa (27/4/2021) sore hari, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Ahmad Ramadhan menjelaskan alasan ditangkapnya Munarman pada hari ini adalah karena dugaan keterlibatan kasus Baiat di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

Baca Juga: Ditangkap Densus 88 Karena Kasus Baiat di 3 Kota, Ini Sosok Munarman Ternyata Pernah Dibui Bareng Habib Rizieq Hingga Berubah Drastis Usai Bertemu Abu Bakar Ba'asyir

Selain itu, Munarman juga diduga terlibat kasus Baiat di Makassar, dan Medan.

"Jadi ada tiga hal tersebut, nanti rekan-rekan media lebih detailnya bisa bertanya Kabid Humas Polda Metro Jaya," jelasnya seperti ditayangkan Kompas TV, Selasa (27/4/2021).

Kabar penangkapan mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman oleh tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri tentu mengejutkan publik.

Baca Juga: Disebut Ada Anggota Pengawal Habib Rizieq yang Tertawa-tawa Saat Bentrok dengan Polisi, Respon FPI Langsung Disorot

Kompas.com

Munarman ditangkap Densus 88 diduga punya kaitan dengan jaringan teroris di Indonesia.

Lantas siapakah sosok Munarman?

Dihimpun dari berbagai sumber, Munarman lahir di Palembang, Sumatra Selatan, 16 September 1968.

Munarman adalah anak keenam dari sebelas bersaudara. Ayah Munarman adalah pensiunan guru Sekolah Rakyat bernama H. Hamid. Ibunya, Nurjanah.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Sosok Penyabar, Tabiat Pelaku Bom Bunuh Diri Makassar Berubah Usai Sering Pulang Malam: Dia Selalu Marah Pada Ibunya

Pada tahun 1996, Munarman menikah dengan Ana Noviana. Keduanya menetap di Palembang. Dari pernikahan dengan Ana Noviana, Munarman dikaruniai tiga anak.

Sebelum aktif dalam organisasi Islam, Munarman terlebih dahulu menyelesaikan disiplin studi hukumnya di Universitas Sriwijaya, Palembang.

Nama Munarman dikenal luas ketika dirinya bergabung dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Palembang pada 1995.

Kala itu Munarman bergabung sebagai sukarelawan, sebelum kemudian dipromosikan menjadi Kepala Operasional YLBHI Palembang pada 1997.

Dari sana Munarman pindah menjabat Koordinator Kontras Aceh periode 1999-2000. Munarman tinggal di Aceh pada periode itu.

Baca Juga: Barakallah, Ustaz Abdul Somad Nikahi Santri Gontor dengan Mahar Fantastis, Ini Sosok Mertua UAS yang Punya Profesi Tak Kalah Mentereng

Karier advokat Munarman berlanjut hingga dirinya menduduki kursi Koordinator Badan Pekerja Kontras. Munarman pun pindaha ke Ibu Kota Jakarta.

Pada September 2002, Munarman terpilih sebagai Ketua YLBHI.

Kini, setelah kabar penangkapan Munarman beredar luas, mendadak munculsebuah video berjudul 'Balada Cinta Sekjen FPI: 20 Jam Bersama Lily Sofia'.

Akun Twitterbernama boratCorleone (Bakoeljamu) mengunggahvideo berdurasi 1 menit 38 detik itu pada Rabu, (28/4/2021) kemarin.

Baca Juga: Uang Rekening Petinggi FPI Dipakai Buat Keperluan Ini, Kini Habib Rizieq Jadi Tersangka dalam 3 Kasus Berbeda

Akun itu mencuit, “Balada cinta Sekjen FPI. Jadi gak enak sama ka ema tapi gak apa-apa lah ya kak ema biar satu sama.”

Tak hanya itu,akun tersebut juga menandai beberapa Pegiat media sosial, seperti Denny Siregar, Eko Kuntadhi hingga Ade Armando.

Dalam rekaman video tersebut, tampak perempuan bernama Lily Sofia tengah berada di meja resepsionis.

Baca Juga: Niat Hati Pamer Foto Bareng Nadya Arifta di Mall, Kaesang Malah Disemprot Netizen: Cewenya Keliatan yang Agresif Ya

Berdasarkan teks dalam video tersebut, seorang wanita yang disebutkan bernama Lily Sofia sedang berkomunikasi dengan Munarman.

Lalu setelah itu, menuliskan detail nomor kamar yang dipesan oleh Lily Sofia yakni kamar 701.

Usai itu, seorang pria diduga Munarman tampak menyusul ke kamar 6 menit kemudian.

Setelah 20 jam, kedua orang tersebut tampak check out dengan menggunakan pakaian yang masih sama di depan lift.

Baca Juga: Nikahi Santriwati Gontor yang Lebih Muda 24 Tahun, Sosok Ini Ternyata Sukses Jodohkan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah Az Zahra

Tak seberapa lama setelah lift datang, rekaman video itu menunjukkan bahwa laki-laki yang diduga Munarman menggandeng tangan seorang wanita diduga bernama Lily Sofia.

Akun tersebut menyambung, "Ada part-2 nya sloooowww."

Sampai saat ini, video tersebut masih berbentuk dugaan, apakah kemudian sosok laki-laki dalam video tersebut adalah Munarman atau bukan dan siapakah sosok Lily Sofia sebenarnya, seperti dinukil Terkini.

Nama Lily Sofia memang sedang dicari. Dari penelusurandi mesin pencari Google banyak orang mengetik 'Siapa Lily Sofia?'

Baca Juga: Dijodohkan Kiai Hingga Beri Mahar Bernilai Fantastis, Ucapan Ustaz Abdul Somad Sebelum Menikah Jadi Sorotan: Nanti Kau Akan Jadi yang Kedua

Di Twitter, nama Lily Sofia juga ramai dibahas.Begitu pula yang terjadidi Facebook bahkan YouTube.

Di YouTube, melihat jam atau waktu konten diunggah, memang nama Sofia baru saja trending.

Namun semua konten yang beredar di media sosial belum merujuk pada kepastian siapa sebenarnya Lily Sofia.

Muncul juga foto Munarman dan sosok yang disebut-sebut Lily Sofia itu didesain mirip poster film Ada Apa Dengan Cinta dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra.

Berbagai isu yang beredar di media sosial hingga kini juga belum terkonfirmasi kebenarannya.

Baca Juga: Terkuak, Begini Cara WN India Bisa Masuk Jakarta Tanpa Proses Karantina, Polisi Beberkan Kronologinya: Ini Mafia

Pengacara Munarman, Aziz Yanuar, meyakini beredarnya video tersebut malah akan menambah kebaikan untuk kliennya. Aziz pun bersyukur.

"Menambah pahala beliau digibahi, apalagi di bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah," kata Aziz, kepada wartawan, Kamis (29/4).

Namun Aziz tidak mengungkapkan apakah ada langkah lanjutan dari Munarman untuk merespons beredarnya video tersebut. Aziz mendoakan agar pihak yang membuat video mendapat bimbingan dari Tuhan.

"Doakan dapat hidayah," ucap Aziz.

Baca Juga: Harga KRI Alugoro-405 Jadi Sorotan, Ini Penampakan Kapal Selam Buatan PT PAL Indonesia yang Kualitasnya Bikin Kecewa Komandan KRI Nanggala-402

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya