Kerap Dianggap Sepele, Inilah 6 Gejala Mengejutkan Kanker Paru-paru yang Jadi Penyebab Suami Bupati Bogor Ade Yasin Meninggal Dunia di Masa Pandemi

Kamis, 24 September 2020 | 12:15
bogor.tribunnews.com

Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau check point dan melakukan simulasi PSBB di Simpang Pasar Cibinong (fly over), Kabupaten Bogor, Selasa (14/4/2020).

Fotokita.net -Kerap dianggap sepele, inilah 6 gejala mengejutkan kanker paru-paru yang jadi penyebab suami Bupati Bogor Ade Yasin meninggal dunia di masa pandemi.

Yanwar Permadi bin Muhammad Salim (53), suami Bupati Bogor Ade Yasin, meninggal dunia di RSUD Ciawi, Kamis (24/9/2020) dini hari.

Zaenul Mutaqin, perwakilan Ade Yasin mengatakan, almarhum menderita sakit kanker paru-paru sejak sekitar dua tahun lalu.

"Sakitnya sudah sejak dua tahun lalu."

"Begitu dicek, kankernya sudah stadium empat," kata Zaenul kepadaWartakotalive di Cibinong, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Banyak Film Baru, Inilah Akses 18 Link Nonton Online Gratis, Bukan LK21 IndoXXI LayarKaca21

Keluarga sudah mengusahakan berbagai pengengobatan bagi almarhum.

Bahkan, sudah bolak-balik ke rumah sakit terkenal di Guangzhou, Cina.

"Sudah enam kali ke Guangzhou, dan kata dokter di sana sel kankernya tinggal lima persen," jelasnya.

Seharusnya, beliau kembali menjalanj pengobatan di Guangzhou pada Februari lalu.

Baca Juga: Cek Status Penerima Bantuan Rp 600 Ribu, Inilah Solusi Gagal Upload Foto Saat Daftar Akun di Kemnaker.go.id

Namun, pandemi Covid-19 menghalangi rencana itu.

"Karena selama 7 bulan tidak ditangani dokter ahli di Guangzhou, sel kankernya kembali menyebar," papar Zaenul.

Sejak Februari, Yanwar menjalani pengobatan di rumah sakit di Jakarta.

"Beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta, lalu kembali ke rumah," papanya.

"Tadi malam dia kritis lalu dibawa ke RSUD Ciawi."

Baca Juga: Enak dan Sering Dijadikan Lauk di Meja Makan, Ternyata 3 Makanan Ini Bisa Jadi Pemicu Kanker Paru-paru yang Renggut Nyawa Suami Bupati Bogor Ade Yasin

"Sekitar 30 menit di rumah sakit, tim dokter mengatakan beliau sudah tiada," tutur Zaenul.

Yanwar Permadi, suami Bupati Bogor Ade Yasinmenghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, pukul 01.40 WIB, Kamis 24 September 2020.

Menurut informasi, penyebab meninggalnya anggota Polres Bogoritukarena riwayat penyakit kankerparu-paru. Bahkan pada 2018 sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Baca Juga: Berkali-kali Ditelikung Guru Politiknya, Tokoh Oposisi Ini Akhirnya Bisa Tuntaskan Ambisinya: Jadi Penguasa Baru Lewat Manuver yang Tak Disangka

Sebab beberapa waktu lalu, Ade Yasinsempat mengenang saat-saat genting di kehidupannya antara keluarga dan karir politiknya di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Saat itu, sang suami, Yanwar Permadi sempat dirawat karena divonis dokter menderita kankerparu-paru stadium 4B.

Bahkan saat itu,sang suami sempat dirawat selama satu bulan di salah satu rumah sakit di China. Dalam kesempatan itulah, Adememiliki sikap optimis dan kerapmemberikan motivasi untuk sang suami, meskihatisebagai sang istri tak bisa pungkiri hatinya bersedih.

Pada situasi demikianlah, Ade dibuat bimbang karena dalam kesempatan yang sama peraturangan di Pilkada 2018 sedang memasuki proses gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga: Disapa Bapak Oleh Warga Timor Leste, Begini Detik-detik Mengharukan Xanana Gusmao Bertemu Sosok yang Pernah Dihujat Karena Keputusannya

“Saat itu, saya tidak peduli di sini (Bogor, Red) sedang digugat atau hasil Pilkadanya dibawa ke MK (Mahkamah Konstitusi). Saya tidak peduli. Selain suami saya, tidak ada yang penting,” kenangnya, beberapa waku lalu.

Sebulan kemudian, almarhum sempat dinyatakan sembuh, namun harus menjalani kontrol setiap dua pekan sekali. Waktu terus berjalan, sang suami pun sembuh dan terus mendampinginya dalam setiap kegiatan sebagai orang nomor satu di Kabupaten Bogor.

Namun tak disangka, Kamis 24 September 2020, sang suami malah berpulang. Padahal Ade sempat memberikan motivasi kepada penderita kanker, terkait pengalamannya itu.

WARTA KOTA/HIRONIMUS RAMA

Yanwar Permadi bin Muhammad Salim (53), suami Bupati Bogor Ade Yasin, meninggal dunia di RSUD Ciawi, Kamis (24/9/2020) dini hari

Ade Yasiin mengatakan terdapat dua hal yang paling penting dilakukan terhadap keluarga, saudara, maupun kerabat yang mengidap kanker. Pertama ialah motivasi yang berkesinambungan.

“Kalau ini (motivasi) tidak ada, obat secanggih apapun tidak mungkin bisa menyembuhkan. Tapi ketika kita memberikan semangat hidup, itu menjadi penting,” ujarnya tahun lalu.

Poin kedua ialah berserah diri kepada Tuhan, dan memercayakan pengobatan kepada dokter.

“Karena, namanya kankeritu mau serang otak, payudara, atau paru-paru, rasanya sama. apalagi yang mengalami kemoterapi, itu rasanya sakit,” imbuhnya.

Baca Juga: Siap-siap Pamer Senjata Terkini Korea Utara, Kim Jong Un Dapat Kiriman Karangan Bunga dari Jokowi, Inilah Isi Pesannya

Kanker paru-paru adalah salah satu bentuk penyakit paling mematikan, tahukah apa gejala kanker paru-paru?

Tribunnews.com
Tribunnews.com

Ilustrasi kanker paru-paru

Bertentangan dengan apa yang dianggap banyak orang, kanker paru-paru tidak hanya mempengaruhi mereka yang merokok.

Itu sebabnya adalah hal penting untuk mengetahui tanda-tanda kanker paru-paru.

Orang yang tidak merokok juga bisa mengalami kanker yang mematikan ini.

Baca Juga: Denny Darko Sebut Matanya Tetap Tertutup, Penampilan Baru Veronica Tan Malah Dipuji Mirip Artis Korea Usai Bagikan Konten Ini

Ini karena kita semua terkena faktor-faktor lain yang dapat memicunya, seperti:

  • Polusi udara
  • Perokok pasif
  • Paparan bahan kimia karsinogenik seperti asbes dan radon
Nyeri dada adalah salah satu gejala utama. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan tanda-tanda lain kanker paru-paru, yang kurang dikenal.

Tergantung pada tahap apa penyakit ini berada, Anda mungkin mengalami beberapa gejala yang kami sebutkan di bawah ini.

Baca Juga: Gara-gara Lihat Foto-foto Kampung Halaman, Pria Timor Leste yang Dibawa Pergi TNI Saat Main Judi di Jalanan Akhirnya Kembali ke Tanah Kelahiran

Kebingungan seputar Tanda Peringatan Kanker Paru

Banyak keluhan yang mungkin menjadi peringatan jenis kanker ini sering tidak diperhatikan pada awalnya atau dikacaukan dengan penyakit lain.

Seringkali, gejala-gejala ini hanya dikaitkan dengan flu biasa atau kelelahan fisik.

Namun, jika Anda dapat segera mencatat gejala-gejala pertama ini dan mencari bantuan medis, itu akan sangat meningkatkan efektivitas pengobatan.

Gejala yang harus diwaspadai adalah:

Baca Juga: Punya 3 Suster Hingga Tak Pernah Main di Dapur, Nia Ramadhani Bingung Lihat Fungsi Barang Ini Saat Room Tour Rumah Singgahnya yang Mewah

1. Batuk Persisten

Pixabay

Ilustrasi batuk

Ini biasanya batuk kering. Namun, terkadang bisa disertai dengan darah.

Orang lain akan melihat lendir yang tebal dan kemerahan diproduksi.

Jika Anda menderita batuk yang berlangsung lebih dari sebulan dan Anda memperhatikan bahwa suara Anda lebih serak atau lebih dalam dari biasanya, sebaiknya segera pergi ke spesialis pernapasan.

Baca Juga: Ada Udang Di Balik Batu? Koar-koar Bubarkan Kementerian BUMN, Ternyata Ahok Punya Agenda Khusus yang Meniru Konsep Malaysia Ini

2. Infeksi kronis

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda lebih sering menderita bronkitis atau infeksi lain tanpa sebab yang jelas?

Jika ini masalahnya, Anda harus meminta dokter Anda untuk menyelidiki masalahnya secara lebih rinci.

Sesuatu yang harus Anda perhatikan adalah nyeri dada.

Baca Juga: Selain Bikin Majikannya Dipecat dari Jabatan Bergengsi, TKI Asal Nganjuk Sukses Menang Atas Tuduhan Pencurian dari Bos Bandara Singapura

3. Penurunan berat badan

Jika Anda mengalami pengurangan berat badan baru-baru ini tanpa melakukan perubahan pola makan, Anda harus menyelidikinya.

4. Nyeri tulang

Ini adalah salah satu tanda kanker paru-paru dan membuatnya berisiko untuk menyebar ke bagian tubuh lain.

Biasanya, punggung dan pinggul adalah area yang terpengaruh.

Beberapa orang cenderung memandang nyeri tulang sebagai keluhan yang biasa dan biasa-biasa saja, terutama karena usia mereka.

Namun, berapapun usia Anda, Anda harus selalu memastikan bahwa nyeri tulang bukan pertanda masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Dulu Kompak Pimpin Indonesia Selama 5 Tahun, Kini Jokowi dan Jusuf Kalla Berbeda Pendapat Karena Masalah Ini, Siapa yang Jadi Korbannya?

Chalene Johnson
Chalene Johnson

Berat badan

5. Kadar kalsium tinggi

Beberapa bentuk kanker paru-paru menyebabkan kadar kalsium yang lebih tinggi dilepaskan ke dalam aliran darah. Ini menghasilkan gejala-gejala berikut:

  • Sering buang air kecil
  • Sembelit
  • Rasa haus yang berlebihan
  • Mual
  • Sakit perut
  • Pusing
Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah gejala-gejala ini berkaitan dengan kanker paru-paru adalah dengan tes darah.

Baca Juga: Bikin Hati Netizen Meleleh, Lihat-lihat Hape Kamera Buat Belajar Online, Bocah Yatim Ini Akhirnya Malah Dapat Durian Runtuh: Gakuat Aku Tuh

6. Kelemahan otot

Gejala kanker paru-paru ini dapat memengaruhi pinggul, lengan, bahu, atau kaki Anda.

Adalah umum untuk memperhatikan kelemahan dan kekurangan kekuatan yang membuat kegiatan sehari-hari Anda lebih sulit.

Penting bagi Anda untuk waspada terhadap perubahan apa pun di tubuh Anda yang bukan merupakan produk dari perubahan dalam diet, aktivitas fisik, atau obat-obatan.

Segera setelah Anda mengetahui adanya perubahan-perubahan ini, Anda harus pergi ke kantor dokter Anda.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma