Fotokita.net - Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2Penemuan dan ManfaatnyaPembelajaran 2 Penemuan Jam dan kewajiban pelajar.
Bagi siswa kelas 6, pembelajaran kali ini dari Buku Tematik Kurikulum 2013 Tema 3 Tokoh dan Penemuan, sub tema Penemuan dan Manfaatnya
Meski belajar dari rumah, tetap semangat, simaklah materi yang ada dalam buku kemudian jawablah pertanyaan yang diberikan dengan jawabanmu sendiri ya.
Meski saat ini negara kita tengah diliputi pandemi Covid-19.
Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di satuan pendidikan masih akan terus diterapkan di tahun ajaran baru 2020/2021.
Berikut akan dibahas kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SDhalaman 70, 71, 72, 73, 74, 76, 77, 78, 79.
Pertanyaan dan soal halaman 70 sampai 79, terdapat pada Pembelajaran 2, Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya, Tema 3 Tokoh dan Penemuan.
Buku Tema 3 kelas 6 ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru tahun 2018.
Sedangkan kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SDhalaman 70, 71, 72, 73, 74, 76, 77, 78, 79, dirangkum dari berbagai sumber.
Hadirnya kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SDini, diharapkan dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas di rumah ataupun di sekolah.
Berikut Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Pembelajaran 2 Subtema 2
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7
Ayo Membaca
Penemuan Jam Mekanik
Manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang. Selain jam mekanik, ada pula jam elektronik, contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari.
Penemuan Jam Mekanik
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 71
- Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu?
---
- Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 72
Ayo Mengamati
Jam, Membantu Siti Tepat Waktu
Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari. Siti bangun pagi pukul 05.00. Setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi. Siti berangkat sekolah pukul 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit. Bel masuk sekolah pukul 06.45. Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke sekolah.
Siti pulang sekolah pukul 14.00. Ia langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Siti istirahat. Pukul 16.00, Siti mandi. Setelah ibadah dan makan malam, Siti pun belajar. Ia belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu. Siti melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.
Berdasarkan cerita Siti di atas, jawablah pertanyaan berikut!
- Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?
- Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?
- Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?
- Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 73 - 74
- Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?
- Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?
Contohnya mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes, serta mengumpulkan tugas tepat waktu.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100
Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?
Tabel kewajiban seorang pelajar
Tulislah contoh-contoh kewajibanmu!
Apa itu kewajiban?
Jawaban: Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
Contoh kewajiban pelajar
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 76 - 77
- Tulislah hasil percobaanmu pada tabel berikut! (pastikan satuan yang kamu gunakan sama)
Benda: Koin Rp 100 Keliling lingkaran (cm): 7,22 cm Diameter Lingkaran (cm): 2,3 cm
Benda: Tutup toples Keliling lingkaran (cm): 34,54 cm Diameter Lingkaran (cm): 11 cm
Benda: Tutup botol Keliling lingkaran (cm): 9,42 cm Diameter Lingkaran (cm): 3 cm
Benda: Tutup gelas Keliling lingkaran (cm): 25,55 cm Diameter Lingkaran (cm): 7,5 cm
Benda: DVD Keliling lingkaran (cm): 62,8 cm Diameter Lingkaran (cm): 20 cm
Benda: Piring Keliling lingkaran (cm): 65,94 cm Diameter Lingkaran (cm): 21 cm
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut!
- Jika keliling lingkaran semakin besar, apa yang terjadi dengan diameter?
- Jika keliling lingkaran semakin kecil, apa yang terjadi dengan diameter?
- Sekarang cobalah kamu hitung perbandingan keliling dan diameter!
Jawaban:
Benda: Koin Rp 100 Keliling lingkaran (cm): 7,22 cm Diameter Lingkaran (cm): 2,3 cm Keliling/Diameter: 7,22 / 2,3 = 3,14
Benda: Tutup toples Keliling lingkaran (cm): 34,54 cm Diameter Lingkaran (cm): 11 cm Keliling/Diameter: 34,54 / 11 = 3,14
Benda: Tutup botol Keliling lingkaran (cm): 9,42 cm Diameter Lingkaran (cm): 3 cm Keliling/Diameter: 9,42 / 3 = 3,14
Benda: Tutup gelas Keliling lingkaran (cm): 25,55 cm Diameter Lingkaran (cm): 7,5 cm Keliling/Diameter: 25,55 / 7,5 = 3,14
Benda: DVD Keliling lingkaran (cm): 62,8 cm Diameter Lingkaran (cm): 20 cm Keliling/Diameter: 62,8 / 20 = 3,14
Benda: Piring Keliling lingkaran (cm): 65,94 cm Diameter Lingkaran (cm): 21 cm Keliling/Diameter: 65,94 / 21 = 3,14
Berapakah hasil perbandingan keliling dan diameter?
Jawaban: Hasil dari keliling dibagi diameter mendekati 3,14 atau 22 7 . Nilai tersebut dinamakan π(phi).
Keliling lingkaran dilambangkan dengan K, diameter lingkaran d, serta perbandingan keliling dan diameter adalah π.
- Tulislah hubungan antara K, d, dan π!
- Tulislah hubungan antara K, r, dan π!
- Tulislah rumus keliling lingkaran dalam (d)!
- Tulislah rumus keliling lingkaran dalam (r)!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 78
Ayo Berlatih
- Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 10 cm. Hitunglah keliling lingkaran tersebut!
- Sebuah lingkaran mempunyai keliling 44 cm. Hitunglah diameter lingkaran!
Jawaban: K = π x d 44 = 22/7 x d d = 44 x 7/22 d = 14 cm Jadi, diameter lingkaran tersebut adalah 14 cm.
- Sebuah lingkaran mempunyai keliling 628 cm. Hitunglah jari-jari lingkaran tersebut!
- Jari-jari sebuah lingkaran adalah 28 cm. Berapakah kelilingnya?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 79
Ayo Berkreasi
Nyanyikan lagu Mariam Tomong di depan kelas. Gurumu akan menilainya.
- Apa yang telah kamu pelajar hari ini?
- Apakah kamu sudah mengatur waktumu dengan baik?
Kerja Sama dengan Orang Tua
- Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya mengatur waktu!
- Mintalah pendapat mereka supaya kamu dapat lebih mengatur waktu!