Bikin Rekor Nasional Karena Jawab Semua Soal dengan Benar, Peserta SKB CPNS Ini Malah Disebut Belum Tentu Lolos, Begini Alasannya

Minggu, 20 September 2020 | 09:35
Tribunnews

(Ilustrasi) Peserta SKB CPNS 2019

Fotokita.net -Meskpun bikin rekor nasional karena jawab semua soal dengan benar, peserta SKB CPNS ini malah disebut belum tentu lolos, begini alasannya.

Baru-baru ini publik mendapatkan kabar mengejutkan, salah seorang peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) asal Tegal, Jawa Tengah telah mencetak nilai sempurna alias mengerjakan soal tanpa salah satupun.

Seperti diketahui bahwa soal yang disuguhkan berjumlah 100 butir.

Nastiti Wikan Maharani adalah nama salah satu peserta seleksi CPNS yang mampu menjawab dengan benar ke-100 soal tersebut.

Baca Juga: Lama Sebelum Tagih Utang Bambang Trihatmodjo, Menkeu Sri Mulyani Sukses Rebut Rp 1,2 Triliun Harta Anak Kesayangan Pak Harto, Begini Kisah Pertarungannya

Pada seleksi CPNS kali ini Nastiti diketahui telah mendaftar untuk formasi umum tenaga teknis dengan jabatan sebagai pengelola akuntansi.

Posisi tersebutberada di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal.

Baca Juga: Ingin Dapat Insentif Tiap Bulan? Begini Trik Sukses Upload Foto KTP Kartu Prakerja, Cara Nomor 5 Paling Mudah!

Nastiti merupakan salah satu dari ribuan peserta yang mengikuti SKB di Udinus Semarang sejak tanggal 12 September 2020 hingga 18 September 2020.

Ujian atau tes tersebut diketahui diikuti oleh3.945 peserta.

Adapun rincian dari peserta tersebut adalah;

Baca Juga: Salmafina Sunan Tampak Bahagia Usai Pindah Agama, Taqy Malik Bongkar Kesalahan Paling Fatal Anak Kesayangan Sunan Kalijaga Hingga Tak Bisa Dimaafkan

1. Peserta dari Semarang 433 orang

2. Peserta dari Kota Pekalongan 471 orang

3. Peserta dari Kota Tegal434 orang

4. Peserta dari Kabupaten Batang527 orang

5. Peserta dari Kabupaten Brebes 246 orang

6. Peserta dari Kabupaten Tegal 1.245 orang

7. Peserta dari Kabupaten Wonosobo589orang

Baca Juga: Sesumbar Punya Tabungan Ratusan Triliun di Bank New York, Timor Leste Malah Disebut Jadi Negara Mati dalam 10 Tahun Lagi, Begini Alasannya

Dari 3.945 orang tersebut,Nastiti dengan mengagumkan dapat mencetak skor 500, alias nilai sempurna.

Urutan selanjutnya kemudian disusul oleh peserta dari Kabupaten Batang dan Kabupaten Brebes yang dikabarkan telahmencetak nilai sebesar 480.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah digelar pada 12-18 September 2020.

Dari ribuan peserta yang mengikuti seleksi tersebut, perempuan asal Tegal bernama Nastiti Wikan Mahanani berhasil mencatat rekor nasional.

Baca Juga: Bantuan Rp 600 Ribu Tak Juga Masuk Rekening, Ternyata Jutaan Karyawan Batal Dapatkan Subsidi Gaji, Inilah Penyebabnya

Pasalnya, dari 100 soal yang harus dikerjakan itu ia berhasil mendapatkan nilai 500. Artinya, peserta tersebut mampu menjawab semua soal yang diberikan dengan benar.

"Jumlah soal ada 100, satu soal nilainya 5. Peserta mengerjakan benar semua," kata Perwakilan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta Sri Widayati saat dikonfirmasi, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Mendadak Digugat Suami Mayangsari, Tangan Kanan Menteri Sri Mulyani Malah Komentar Begini: Mau Ngapain Ya Keluar Negeri?

Selain Nastiti, peserta asal Kabupaten Batang dan Kabupaten Brebes, menurutnya juga tidak kalah membanggakan.

Sebab, kedua peserta itu memperoleh nilai 480 dalam tes tersebut.

Meski mendapatkan nilai tertinggi, namun pihaknya belum bisa memastikan apakah peserta itu dapat lolos CPNS.

Sebab, nilai dari tes SKD dan SKB dari yang bersangkutan masih akan diintegrasikan terlebih dahulu.

"SKB CPNS ini memiliki bobot sebesar 60 persen, sedangkan SKD sebesar 40 persen," terangnya.

Baca Juga: Ditunjuk Bapaknya Buat Gelar Acara Bergengsi Ini, Kini Bambang Trihatmodjo Ditagih Jokowi Kembalikan Uang Negara, Begini Fakta Sebenarnya

dok.

Nastiti Wikan Maharani adalah nama salah satu peserta seleksi SKB CPNS yang mampu menjawab dengan benar ke-100 soal.

Lebih lanjut dikatakan Sri, dalam tes SKB CPNS yang digelar di Udinus Semarang itu sedikitnya diikuti oleh 3.945 peserta.

Dari total peserta itu terdiri dari 433 peserta dari Kota Semarang; 471 peserta dari Kota Pekalongan; 434 peserta dari Kota Tegal; dan 527 dari Kabupaten Batang.

Baca Juga: Dikira Sakit Tifus Hingga Sempat Dirawat di ICU, Begini Kondisi Terkini Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Usai Positif Covid-19

Kemudian, 246 peserta dari Kabupaten Brebes; 1.245 dari Kabupaten Tegal; dan 589 peserta dari Kabupaten Wonosobo.

(Kompas.com/Rika Farasonalia)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma