Rela Donasi Koleksi Eksklusifnya Buat Warga Muslim di Tengah Pandemi, Inilah Penyebab Desainer Kondang Barli Asmara Meninggal Dunia di Usia Muda

Kamis, 27 Agustus 2020 | 18:07

Desainer kondang Barli Asmara sempat derita penyakit liver sebelum meninggal

Fotokita.net - Kabar meninggalnya desainer kenamaan Barli Asmara membuat dunia fashion Indonesia berduka.

Apalagiperancang busana itu meninggal di usai yang cukup muda yakni, 42 tahun pada Kamis (27/8/2020).

Barli memulai kariernya dengan meluncurkan koleksinya sesuai dengan namanya di tahun 2002.

Lelaki kelahiran Bandung itu memproduksi pakaian siap pakai dan couture. Walau tidak pernah menempuh pendidikan di sekolah mode, tetapi karya-karyanya mendapat pengakuan dari insan mode tanah air.

Baca Juga: Bikin Bangga, Inilah Sosok 8 Anak Muda Indonesia yang Temukan Cadangan Migas Terbesar Turki Hingga Diminta Latih Orang Lokal

Ia pernah menyabet berbagai penghargaan, diantaranya: Desainer terbaik Pilihan Dewi Knights, AMICA Young Talented Designer Award, ELLE Designer of the year, The Best 20 Designer for High End Masterpiece, Kartika Magazine Best Designer of The Year.

Pengetahuan tentang dunia mode didapat saat ia nekat menjadi pesuruh di sebuah rumah mode.

Berbekal pengetahuan selama bekerja, ditambah pengenalan tentang kain, pada tahun 2001 Barli memulai usaha sendiri di rumah kontrakan. Bisnisnya terus berkembang.

Baca Juga: Sebut Rencana Punya Banyak Anak, Rizky Billar Akui Bakal Menikah dengan Sosok Penyanyi Ini, Akhirnya Lamar Lesti Kejora?

Selain merancang busana untuk lebal utamanya Barli Asmara, pria kelahiran 3 Maret 1978 ini juga memiliki dua lini busana lain yakni, label fesyen pria “B Homme” dan label busana busana muslim wanita “ B oleh Barli Asmara ”.

Tangan dingin Barli di dunia fashion memang tak diragukan lagi. Barli dikenal sebagai desainer dengan kreasi seni yang kerap mempresentasikan keindahan dengan memperhatikan detil dari setiap busana rancangannya.

Baca Juga: Blak-blakan Tolak Lanjutkan Program Susi Pudjiastuti, Kini Menteri KKP Edhy Prabowo Malah Borong 200 Senapan Serbu Buatan Pindad, Buat Apa?

Barli sangat suka menambahkan detil berupa manik-manik, mutiara, permata, fringe dan bulu sebagai detail fashion yang memikat, serta mempraktikkan macramé, smocking, dan bordir dalam koleksinya.

Tak hanya di dalam negeri, Barli juga pernah membawa nama Indonesia dengan menggelar peragaan busana New York Fashion Week: First Stage Spring Summer 2018.

Saat itu, Barli memboyong koleksi yang terinspirasi dari zaman Victorian, Barli Asmara mengangkat tema Canities Subita.

Ia menggelar koleksi siap pakai dengan nuansa serba putih dan memperlihatkan kecanggihan kerajinan Indonesia.

Siluet dan potongan pada lengan dan pinggang dalam rancangan Barli juga terinspirasi dari tren abad ke 18 Mendiang Barli juga pernah menghadirkan koleksi dengan harga terjangkau yakni koleksi Asmara yang berkolaborasi dengan Sorabel, fashion e-commerce lokal.

Dalam kerja sama tersebut, Barli membuat 20 desain busana siap pakai yang kasual bertemakan feminin monokrom. Oleh orang-orang yang mengenalnya, pria yang aktif berkarya ini dikenal rendah hati dan ramah.

Kisah perjalanannya di dunia mode pernah ia tuangkan dalam buku "Lima Belas Warsa Barli Asmara" yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dan ditulis Syahmedi Dean.

Barli menjelaskan, buku itu tak hanya berisi kisah hidupnya, tetapi juga memberikan tips bagi mereka yang ingin berkarier sebagai perancang busana.

”Semua berawal dari mimpi yang diucapkan. Ucapan itu doa, lalu jadi kenyataan,” ujarnya. Selamat jalan Barli.

Baca Juga: Bikin Gempar, Pilkada Solo 2020 Belum Lagi Dimulai, Gibran Rakabuming Ternyata Akui Kalah dari Sosok Ini

kompas.com
Dok Humas Dompet Duafa

Dhuafa Berdonasi di tengah pandemi, desainer Barli Asmara berikan koleksi busana desain eksklusif melalui Dompet Dhuafa untuk dilelang dan didonasikan bagi sesama.

Kepergian Barli Asmara membuat dunia fashion Indonesia berduka. Bahkan, perancang busana Anne Avantie mengaku sangat terkejut dan tak menyangka akan kehilangan Barli yang meninggal dunia di usia 42 tahun itu.

“Barli Asmara, hidup adalah masalah cerita, jujur kaget banget, kaget banget, enggak nyangka banget,” ujar Anne dalam sambungan telepon, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: Bukan Eko Patrio, Ternyata Justru Sosok Inilah yang Bongkar Borok Selingkuh Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting: Saya Liat Mata Kepala Sendiri

Anne mengatakan, dirinya sudah lama tak berjumpa dengan Barli. Namun, ia mengenang Barli sebagai sosok yang dermawan.

“Dia orang yang enggak pelit ide, bisa berkumpul dan bersama-sama dengan banyak orang,” kata Anne.

Anne juga menyampaikan rasa belasungkawa untuk keluarga dan rekan dekat Barli Asmara.

“Tapi dia sudah menyelesaikan sebuah perjalanan kehidupan dari awal sampai dengan titik akhir, semua akan sampai. Selamat jalan sahabat ku Barli Asmara,” kata Anna lagi.

instagram.com/barliasmara

Jovi Adhiguna dan Oky Asokawati jadi muse dalam koleksi terakhir Barli Asmara

Melansir dariWolipop,pihak manajemen Barli Asmara mengatakan bahwa sang desainermeninggal dunia akibat sakit.

"Meninggal sekitar pukul 14.00 WIB," ujar pihak manajemen Barli, Kamis (27/8/2020).

Kepergian selamanya desainer kondang ini menyisakan duka mendalam untuk sesama rekan desainer, salah satunya Ria Miranda.

Baca Juga: Selalu Terlihat Mesra dalam Foto, Ternyata Alasan Sherrin Tharia Gugat Cerai Zumi Zola Bermula dari Masalah yang Tak Disangka-sangka Ini

Dalam keterangannya, Ria memberi kabar bahwa Barli meninggal dunia di Bali.

"Innalillahi wainna illaihi rajiun.. Telah berpulang ke rahmatullah. Teman, saudara, sahabat, kakak kita BARLI ASMARA Di Bali..," tutur Ria seperti dikutip dari InsertLive.com.

Instagram/@bubahalfian

Barli Asmara meninggal dunia

"Semogaa amal ibadah beliau diterima disisiNya..Dan dilapangkan kuburnya..Aminnn..Mohon dimaafkan dan di ikhlaskan segala kesalahan dan perbuatan yang sekiranya pernah kurang berkenan dihati kita..," sambungnya.

Tak hanya Ria yang mengabarkan soal kabar duka ini, Achmad Musonef, sahabat dekat Barli mengatakan bahwa Barli sakit lambungsebelum meninggal dunia.

Baca Juga: Sama-sama Deklarasi KAMI, Amien Rais Kini Bentuk Partai Baru Usai Mengaku Dikeluarkan PAN, Begini Respon Gatot Nurmantyo

"Tiga minggu yang lalu masuk rumah sakit di Bali karena sakit lambung," beber Achmad.

Namun, hingga kini belum ada kabar lebih lanjut soal kepergianBarli Asmara.

(Kompas.com/InsertLive.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma