Heboh Kue Klepon Tidak Islami, Ternyata Menpan RB Tjahjo Kumolo Lebih Dulu Dicolek Soal Seragam Kopri yang Tak Lazim Ini, Netizen Dibikin Gempar

Kamis, 23 Juli 2020 | 11:37
tribunnews.com

ilustrasi klepon

Fotokita.net - Foto poster yang berisi tulisan'kue klepon tidak islami' langsung membuat keributan di jagat maya.

Tak hanya bertuliskan 'kue klepon tidak islami' dalam poster tersebut juga ada tulisan yang menganjurkan agar meninggalkan jajanan berwarna hijau ini.

Atas unggahan kue klepon tidak islami itu, pengguna Twitter sontak gempar.

Hal ini bermula dari unggahan akun bernama @irenecutemom yang memposting penjualan sebuah toko pada Selasa (21/7/2020).

Dalam poster tersebut terdapat tulisan 'kue klepon tidak islami' yang mana langsung membuat keributan di jagat maya.

iStockphoto
iStockphoto

Kue klepon

Siapa sih yang nggak kenal klepon?Kue berbentuk bulat, dengan isi gula merah ini dihidangkan dengan parutan kelapa.Biasanya, klepon yang terbuat dari tepung ketan ini berwarna hijau.Tapi kreasi kekinian, Klepon hadir dalam berbagai warna.

Menikmati klepon, jangan asal gigit ya.

Baca Juga: Resmi, Menteri Keuangan Umumkan Pencairan Gaji Ke-13 PNS Tahun 2020 Pada Bulan Agustus, Berikut Besarannya Berdasarkan Golongan Jabatan

Gula merah yang ada didalamnya bisa muncrat.

Klepon termasuk jajanan pasar yang amat legendaris. Disebut jajanan pasar, karena awalnya ada di pasar-pasar tradisional dan biasanya dijajakan waktu pagi.Tapi sekarang ada juga supermarket yang jualan jajan pasar juga.

Baca Juga: Ironis, Umumkan Berita Baik Buat PNS Seluruh Indonesia, Sri Mulyani Malah Tak Dapat Gaji Ke-13: Begini Penjelasannya

Jajanan pasar merupakan jenis makanan ringan yang khas dari Indonesia.Banyak sekali jenis jajanan pasar mulai dari yang bercita rasa manis hingga gurih.Tapi tahu tidak, jajanan pasar yang warna-warni ternyata jadi daya tarik tersendiri bagi turis asing.

Nah, baru-baru ini, salah satu unggahan di Twitter jadi viral.

Baca Juga: Bisa Keluar Masuk Indonesia Seenak Jidat Hingga Injak Harga Diri Aparat, Sosok Penting Ini Harus Turun Tangan untuk Pulangkan Buronan Djoko Tjandra: Perlu Lobi Tingkat Tinggi dengan PM Malaysia

Twitter.com/@Irenecutemom

Poster yang menyebutkan kue klepon tidak islami yang jadi viral di Twitter

Dalam foto yangramai diperbincangkan di Twitter, menyebut kue klepontidak Islami.

Awalnya, pemilik akun bernama @Irenecutemom mengunggah poster penjualan sebuah toko.

Yang membuat ramai, poster tersebut bertuliskan 'kue klepontidak Islami'.

Setelahnya, unggahan itu menganjurkan agar meninggalkan jajanan yang tidak islami.

Baca Juga: Disebut-sebut Bakal Segera Dibubarkan Presiden Jokowi, Ternyata 3 Lembaga Ini Justru Selamat, Berikut Daftar 18 Badan yang Resmi Dialihkan Fungsi dan Tugasnya

Menurut pembuat poster, kurma merupakan jajanan Islami yang seharusnya di beli di toko bernama Abu Ikhwan Aziz.

"Kue Klepon Tidak Islami.

Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami Abu Ikhwan Aziz,"tulis keterangan poster itu yang menyertakan watermark bertuliskan Abu Ikhwan Aziz.

Lantas, siapakah Abu Ikhwan Aziz itu?

Baca Juga: Nyaris Terbuang dari Dalam Gudang, Siapa Sangka Foto Jadul Ini Jadi Bukti Pertemuan Pertama Jokowi dan Sri Mulyani, Begini Cerita di Baliknya yang Mengejutkan

Postingan yang diunggah pada Selasa (21/7/2020) pagi ini langsung menjadi viraldi jagat maya.

Hingga Selasa malam, postingan tersebut telah di-retweet sebanyak 12 ribu kali dan disukai 18 ribu kali oleh warganet.

Nama 'Klepon' pun menjadi trending di Twitter.

Tercatat padaSelasa malam, lebih dari 68 ribu warganet menyebut 'Klepon'.

dok. twitter/irenecutemom
dok. twitter/irenecutemom

Unggahan klepon yang viral

Adapun menurut akun Facebook Indonesian Hoaxes, klaim kue klepontidak Islami tidak memiliki dasar yang kuat.

Klaim tersebut dibuat dengan tujuan untuk memancing keributan di jagat maya.

Berdasarkan hasil penelusuran, pencarian terhadap nama toko 'Abu Ikhwan Aziz' tidak membuahkan hasil.

Sebelum heboh foto poster yang bertuliskan kue klepon tidak islami, rakyat Twitter juga sempat geger. Hal ini lantaran menyangkut foto yang menampilkan pakaian dinas Korpri milik seorang pegawai negeri sipil (PNS).

Seperti yang diketahui, pakaian dinas Korpri atau seragam PNS umumnya berbentuk kemeja.

Namun, tampak berbeda yang dikenakan pria satu ini.

Baca Juga: Presiden Segera Bubarkan 18 Lembaga yang Buang-buang Duit, Inilah Daftar Badan Pemerintahan yang Ditiadakan dan Didirikan Jokowi Selama Menjabat

PNS berpeci itu mengenakan seragam Korpri dengan potongan bergaya gamis dan celana cingkrang yang identik dengan potongan menggantung di atas mata kaki.

Belum diketahui dimana foto tersebut diambil.

Kini foto ini pun menjadi perbincangan beberapa penggiat media sosial Denny Siregar dan Politisi PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko.

Baca Juga: Heboh Foto Tumpukan Uang Rp 100 Ribu Dimakan Rayap, Pihak Keluarga Beberkan Kronologinya, Lantas Bisakah Ditukar Baru?

Twitter @kondekturbus_

Viral Foto PNS yang Gunakan Baju Korpri Tak Lazim, Budiman Sujatmiko Angkat Bicara: Segitunya Menolak Jadi Indonesia, Pokoknya Sebisa Mungkin Harus “Islam”?

Mengutip Tribun Medan, melalui akun Twitter pribadinya @budimandjatmiko, Budiman Sudjatmiko menyebut bahwa pakaian itu mirip pakaian tradisional Afghanistan atau Pakistan.

“Ini bahkan bukan Arab. Ini lebih ke pakaian tradisional khas Afghanistan atau Pakistan,” tulisnya.

Baca Juga: Di Tengah Ekonomi Sulit Gegara Corona, Pantas Saja Atta Halilintar Berani Beri Kejutan Aurel Cincin Berlian Hingga Sewa Kapal Ratusan Juta, Ternyata Segini Pendapatan Sang YouTuber yang Bikin Kita Melongo

Ia mengaku heran dengan pria dalam foto tersebut. Ia bahkan menangkap kesan, ada penafsiran sempit dari orang-orang tertentu.

Budiman pun meneruskan kicauannya dengan menandai akun Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo.

“Segitunya orang-orang ini menolak jadi Indonesia (pokoknya sebisa mungkin harus “Islam” dalam makna sempit mereka),” tandas Budiman.

Sementara itu, pegiat media sosial Denny Siregar menyindir ASN yang menganakan baju Korpri tak lazim tersebut.

Baca Juga: Dituding Menyesal Tinggalkan Karier Tentaranya Hingga Dibela Istri Sendiri, AHY Malah Lontarkan Komentar Begini Saat Lihat Fotonya Berseragam TNI Terpajang di Pintu Bak Truk

Ia menyebut kemungkinan pria itu mengenakan daster istrinya.

“Dari kemaren sliweran mulu foto ini. Apa salahnya sih pake baju gini?,” kata Denny melalui akun Twitternya, Kamis (16/7/2020).

“Kita hrs tabayyun. Siapa tau baju beliau blm ada yg kering. Trus pake daster istri. Celananya jg jd ngatung krn setrika yg terlalu panas,” tambah Denny.

Baca Juga: Belum Sempat Nikmati Malam Pertama Usai 9 Tahun Pacaran, Pengantin Perempuan Ini Kelabakan Saat Suami Barunya Menjerit Kesakitan Sampai Tak Sadarkan Diri

“Mending kalo tau orgnya, kita sumbang aja baju ma celana yg bener,” imbuhnya lagi.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma