Pasien Ini Beri Kesaksian Pengobatan Alternatif Ningsih Tinampi yang Manjur, Rupanya Riset Medis Memang Menguatkan Fakta Itu. Begini Kondisi Sebenarnya

Senin, 20 Januari 2020 | 08:57
YouTube Ningsih Tinampi

Ningsih Tinampi ngaku pernah dapat pertolongan untuk atasi serangan 3000 dukun santet

Fotokita.net- Dukun pengobatan alternatif ini masih saja jadi perbincangan publik. Ya, Namanya Ningsih Tinampi yang jadi beken lewat media digital.

Hingga sampai saat ini, Ningsih Tinampi masih mendominasi perbincangan netizen di media sosial.Berbagai kejanggalan pun telah diungkap.

Demikian juga dengan berbagai keanehan dan klaimnya yang ganjil, tak menyurutkan banyak warga untuk berobat.

Termasuk pengakuannya belum lama iniyang katanya dapat memanggil dan hadirkan malaikat hingga Nabi dengan kesaktiannya.

Baca Juga: Dulu Bikin Heboh Indonesia Hingga Lama-lama Tak Lagi Terdengar Kabarnya, Kini Mantan Dukun Cilik Itu Tiba-tiba Muncul dengan Foto-foto Bahagianya

Meski begitu sampai saat ini, pasien yang datang berobat ke Ningsih Tinampi masih terus berdatangan.

Bahkan, antreannya sudah mencapai Januari 2021, itupun diklaim beberapa minggu kemarin, saat ini mungkin antriannya lebih panjang.

Konon, ia dapat mengobati guna-guna, santet, dan berbagai masalah yang konon berkaitan dengan berbagai hal gaib.

Bahkan beberapa penyakit medis seperti kanker perut, kanker mata, perdarahan, pusing, nyeri kepala kronis, sesak napas, dapat dibantunya untuk sembuh.

YouTube/Ningsih Tinampi
YouTube/Ningsih Tinampi

Ningsih Tinampi mengaku diserang dukun santet se-Indonesia.

Bagaimana tanggapan mantan pasien Ningsih Tinampi yang sudah pernah berobat?

Memang, dari ratusan atau ribuan pasien yang sudah datang, jarang ada yang mau mengungkapkan pengalamannya usai menjalani terapi dari Ningsih Tinampi.

Jadi, belum dapat dipastikan, apakah penyakit medis dan non medis dari Ningsih Tinampi itu efektif atau tidak.

Baca Juga: Dipukuli dan Harta Benda Dirampas, Begini Kabar Terkini Suporter Indonesia yang Dapat Perlakuan Tak Menyenangkan dari Pendukung Malaysia. Inilah Kesaksiannya

Tribunnews
Tribunnews

Ningsih Tinampi saat mengobati paseinnya dengan caranya sendiri

Hanya saja, ada beberapa pasien yang mau mengungkapkan keampuhan pengobatan Ningsih Tinampi.

Beberapa pasien itu mengaku merasa sembuh atau ada perbaikan terhadap berbagai gejala atau gangguan yang dialaminya.

Baca Juga: Disinggung Soal Kumis Tipisnya yang Mirip Ikan Lele, Pedangdut Senior Ini Malah Balas dengan Reaksi yang Mengejutkan Lewat Fotonya: 'Gue Mah Ketawa-ketawa Aja'

Salah satu pasien tersebut adalah Ucie Madya yang mengaku mengalami berbagai komplikasi kesehatan, yang pengalamannya dishare di grup facebook Ningsih Tinampi. Berikut penuturannya:

Banyak yang menanyakan apakah pengobatan ibu Ningsih dijamin sembuh dan harus datang berapa kali tepatnya?

tribunnews
tribunnews

Ningsih Tinampi

Saya bukan admin tapi saya mencoba menjawabnya ..dengan pengalaman saya sowan ke pengobatan beliau baru sekali saja ada beberapa efect positive yang saya rasakan

...Ssecara medis saya kanker usus ,angkat rahim ,juga batu empedu secara non media saya tidak ceritakan disini ..

Secara media saya sudah melakukan operasi dan kemo ..terus berlangsung kontrol obat-obatan setiap bulan dan sudah berlangsung dua tahun.

Saya percaya pengobatan medis dan saya tidak melnolak pengobatan alternative .

Selain Ucie, ada juga pasien lain yang mengungkapkan perbaikan setelah diterapi.

Baca Juga: Berbeda dengan Keraton Agung Sejagat, Kesultanan Mentereng di Tasikmalaya Ini Rupanya Telah Dapatkan Pengakuan Mengejutkan dari Lembaga Dunia. Begini Profilnya

Nah menurut medis, hal itu bisa saja terjadi. Sebab, dalam dunia medis ada istilah dengan pengobatan plasebo.

Artinya, walaupun terlihat tak ilmiah, bohongan, pasien bisa merasakan efek kesembuhan.

Dilansir dari kompas.com, plasebo adalah istilah medis untuk sejenis obat dan sistem pengobatan "semu".

Baca Juga: Ingin Dapatkan Ketenangan Batin Lantaran Stres Hadapi Perceraiannya, Bintang Iklan Cantik Ini Teteskan Air Mata Sewaktu Curhat Pengalaman Gelapnya Bersama Sang Guru Spiritual

Orang yang sudah bergantung pada perspektif pengobatan medis tak dapat menerima dan akan merasa lebih sakit ketika diberitahu bahwa sebetulnya penyakitnya dapat disembuhkan tanpa obat atau hanya dengan cukup istirahat.

Pasien seperti itu biasanya berangsur-angsur menjadi sehat begitu mendapat suntikan, obat atau dioperasi, meskipun suntikan atau obat itu sebenarnya tidak mengandung sesuatu yang bersifat medis.

Misalnya, bahan yang dimasukan melalui suntikan hanya cairan garam, pil berselaput gula, atau bahkan pembedahan tanpa pemotongan organ dalam.

Baca Juga: Maksud Hati Pertemukan Dua Bintang Tamu yang Berseteru di Depan Kamera, Presenter Kondang Ini Malah Kewalahan Tahan Tenaga Artis Transgender yang Tiba-tiba Ngamuk: 'Gue Itu Punya Dendam Kesumat'

Melalui berbagai kejadian dan percobaan, plasebo terbukti menyumbangkan sekitar 35-75 persen kesembuhan pada pasien dengan beberapa jenis penyakit.

Kesembuhan itu diperkirakan bukan hanya diakibatkan oleh obat plasebo, melainkan juga hal-hal lain yang di luar itu.

Sejumlah peneliti dari Jerman mengatakan, penemuan baru bahwa efek plasebo juga mejangkau tulang belakang dan mungkin dapat membantu upaya mencari cara yang lebih baik untuk mengatasi rasa sakit dan gangguan lain.

Dengan menggunakan teknologi pencitraan modern, para peneliti tersebut menemukan bahwa keyakinan sederhana pada pengobatan rasa sakit cukup efektif menghambat sinyal sakit di wilayah tulang belakang yang disebut "the dorsal horn", yang memberikan mekanisme biologis yang kuat saat "obat" itu bekerja.

"Ini berakar sangat dalam di area awal sistem syaraf pusat, dan memberikan dampak yang kuat," kata peneliti yang memimpin penelitian itu, Falk Eippert dari University Medical Center Hamburg-Eppendorf.

Baca Juga: Tahun 2020 Belum Lagi Lewat Satu Bulan, Terawang Mata Batin Paranormal Kondang Seolah Jadi Nyata: Kabar Duka Artis Senior Datang dalam Waktu Berdekatan

Eippert dan sejumah koleganya menggunakan pencitraan resonansi fungsional, atau fMRI, untuk mengamati perubahan pada aktivitas tulang belakang.

Mereka memberikan panas yang menyakitkan ke lengan 15 pria sehat dan membandingkan respons tulang belakang saat mereka berpikir telah diobati dengan krim anestesi atau placebo.

Nyatanya, kedua krim itu tidak aktif, tetapi hasil pemindaian fMRI menunjukkan kegiatan syaraf berkurang secara mencolok pada pria yang merasa yakin mendapatkan anestesi.

Kemampuan obat palsu dengan komponen tidak aktif untuk menghasilkan keuntungan klinis secara nyata itu telah lama membingungkan para dokter dan membuat frustrasi pada produsen obat.

Para pasien biasanya diberi obat percobaan atau contoh dalam percobaan klinis dan ternyata mereka yang mendapatkan plasebo juga membaik, sehingga sulit untuk memastikan apakah obat baru itu berfungsi.

Efek plasebo cukup kuat pada pengobatan sistem syaraf, seperti depresi atau rasa sakit.

Biasanya, para ahli melihat efek itu sebagai dampak psikologis, tetapi penelitian baru di Jerman itu merupakan bukti terbaru bahwa ada komponen fisik yang penting.

Baca Juga: Usai Bongkar Rahasia Perceraian Sule Lewat Firasatnya, Kini Paranormal Kondang Itu Lakukan Hal Ini Sewaktu Tahu Rizky Febian Lapor Polisi Soal Kejanggalan Pada Tubuh Mendiang Ibunya

Namun, apa yang menolak sinyal sakit pada tulang belakang saat plasebo diberikan masih belum jelas, meskipun Eippert menduga sejumlah bahan kimia termasuk opioid, noradrenalin dan serotonin alami mungkin terkait dengan hal itu.

Dalam jurnal Science, Eippert dan para koleganya menulis bahwa penelitian ini membuka jalan untuk memperkirakan kemanjuran dan lokasi yang memungkinkan untuk pengobatan baru bagi berbagai bentuk rasa sakit, termasuk rasa sakit kronis.

Artikel ini pernah tayang di Nakita.grid.id oleh Saeful Umam dengan judul asli "Banyak Pasien Ningsih Tinampi Merasa Sembuh dan Membaik, Ternyata Riset Medis Menguatkan Fakta itu! Inilah yang Sebenarnya Terjadi"

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya