Sebentar Lagi Bebas dari Jeruji Besi, Sosok Ini Sudah Tak Sabar Nantikan Kedatangan Ahmad Dhani dari Cipinang. Akankah Ada Kejutan Darinya?

Senin, 25 November 2019 | 10:33
instagram @elelrumi

Tak Peduli Ahmad Dhani yang Dinilai Arogan dan Sombong, El Rumi: Aku Cinta Ayah

Fotokita.net-Rupanya, kerinduan baladewa, sebutan penggemar groupDewa 19, kepada Ahmad DhaniPrasetyo sudah tidak terbendung. Pada konser Dewa 19di Festival Tamagochill, Kamis (21/11/2019) malam.

Sejumlah baladewa meneriakkan nama Ahmad Dhani ketika band itu tampil.

Malam itu Dewa 19tampil dengan formasi berbeda dimana Abdul Qodir Jaelani atau Dul bermain di posisi keyboard menggantikan ayahnya.

Dua mantan vokalis,Ari Lassodan Once Mekel hadir memberikan nostalgia melalui lagu-lagu Dewa di era 1990-2000an.

Siapa yang tak kenal dengan nama pesohor yang satu ini?

Siapa lagi kalau bukan Ahmad Dhani, sempat terkena kasus UU ITE kini ayah Dul Jaelani tinggal menunggu hari kebebasannya.

Hal ini disampaikan Dul Jaelani sambil tersenyum lebar saat nama ayahnya ini diteriakkan oleh penonton konser.

Ini berbeda jauh saat Februari lalu, ketika itu ia sampai menangis tersedu-sedu saat menggantikan posisi ayahnya.

Baca Juga: Dikenal Berani Melawan Pemerintah dan Punya Watak Keras, Tapi Rupanya Sosok Ini Berhasil Bikin Ahmad Dhani Berlinang Air Mata di Depan Kamera. Mulan Jameela Pun Jadi Saksinya!

Tribun Makassar

Ahmad Dhani, Mulan dan Maia

Baca Juga: Tak Lama Lagi Hirup Udara Bebas, Rupanya Ahmad Dhani Belum Pernah Sekalipun Dijenguk oleh Sosok Ini. Apa Alasannya?

Di sela pertunjukkan Ari Lasso meminta maaf karena malam itu Dewa tampil tanpa kehadiran Ahmad Dhani yang saat ini menjalani proses hukum.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
TRIBUNNEWS/HERUDIN

Penampilan Dul Jaelani berkolaborasi dengan Dewa 19, Once, dan Ari Lasso pada festival musik Tamagochill, di Jakarta, Jumat dini hari (22/11/2019). Dewa 19 membawakan sejumlah lagu hits yang seperti Kangen, Kamu lah Satu-satunya, Pupus, Hidup Adalah Perjuangan, Risalah Hati, dan Cemburu.

Ia kemudian berjalan ke arah Dul dan bertanya kapan Ahmad Dhaniakan bebas.

"Dul, kapan bapakmu pulang" tanya Ari Lasso merujuk kepada waktu bebasnya Ahmad Dhani.

Dul tersenyum dan menjawab, "InsyaAllah bulan depan bisa kumpul dengan keluarga."

"Bulan Desember?" tanya Ari Lassolagi.

Baca Juga: Gara-gara Unggahan Foto Ini di Akun Instagramnya, Istri Musisi Ahmad Dhani Ditegur Wakil Ketua KPK. Perlu Belajar Lagi?

Dul mengangguk dan tersenyum.

Tangisan Pilu Dul Jaelanidan Al Ghazali

Sekedar kilas balik, ekspresi Dul JaelaniKamis 21 November kemarin berbanding terbalik saat Konser Dewa 19featuring Ari Lassodan Once Mekel Live in Malaysia, Sabtu (2/2/2019)..

Dul Jaelani dan Al Ghazali menangis pilu di konser reuni Dewa 19karena ingat Ahmad Dhaniyang kini terjerat kasus hukum.

Putra Ahmad DhanidanMaia Estianty, Al Ghazali dan Dul Jaelanitak kuasa menahan tangis saat hadir di

Dul Jaelani menggantikan posisi ayahnya, Ahmad Dhanidalam konser Dewa 19tersebut.

Kolase: instagram/ @ari_lasso dan @ahmaddhaniofficial
Kolase: instagram/ @ari_lasso dan @ahmaddhaniofficial

Sempat Nangis Bombay Ketika Ingat Kasus yang Menimpa Ayahnya, Kini Dul Jaelani Bisa Tersenyum Lebar Saat Ahmad Dhani Dikabarkan Akan Segera Bebas: InsyaAllah Bulan Depan Kumpul Sama Keluarga

Seperti diketahui, saat itu, Ahmad Dhanitengah menjadi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang setelah divonis 1,5 tahun penjara dalam kasus ujaran kebencian.

Dul Jaelani menggantikan posisi ayahnya memainkan keyboard, sedangkan Al Ghazali tidak turut bermain di atas panggung, melainkan menjadi penonton.

Saat konser berlangsung, Dul terlihat tidak bisa membendung air matanya saat memainkan keyboard.

Momen tersebut terekam dalam unggahan Ari Lassodi akun Instagramnya, Minggu (3/2/2019).

Ari Lasso mengunggah video saat ia menyanyikan lagu 'Hadapi dengan Senyuman'.

Baca Juga: Pakai Kaos Tahanan Politik, Begini Foto-foto Ahmad Dhani dalam Sidang di Surabaya yang Dikawal 400 Personel

Dalam videonya, putra bungsu hasil pernikahan Ahmad DhanidanMaia Estiantyitu nampak menangis bersedu sambil terus memainkan keyboard.

Bebas Desember 2019

Pengajuan banding yang diajukan Ahmad Dhaniatas putusan Pengadilan Negeri Jawa Timur ke Pengadilan Tinggi terkait kasus UU ITE telah dikabulkan.

Hukuman kurungan Ahmad Dhaniyang sebelumnya satu tahun, di kurangi menjadi tiga bulan penjara.

Meski bandingnya dikabulkan, Ahmad Dhanisaat ini masih ditahan di Rumah Tahanan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur terkait kasus ujaran kebencian yang telah diputus kasasi oleh Mahkamah Agung dengan hukuman satu tahun penjara.

Selain itu Dhani baru akan menghirup udara bebas pada akhir bulan Desember setelah dipotong remisi yang didapatkan pada 17 Agustus lalu.

Baca Juga: Asyik Nyanyikan Lagu 'Begadang' Rhoma Irama hingga Berujung Cekcok, Seorang Pemuda Tewas Dianiaya Teman Sendiri, Ternyata Ini yang Jadi Pemicunya!

Kepala Rutan Kelas 1 Cipinang, Oga Darmawan mengatakan, Ahmad Dhanitetap melaksanakan putusan di Jakarta yaitu satu tahun hukuman pidana.

"Jadi untuk sekarang Ahmad Dhani tetap melaksanakan putusan yang di Jakarta yaitu satu tahun pidana, yang sedianya ekspirasi pertama adalah bebas pada tanggal 29 Januari 2020," ujar Oga.

Namun Ahmad Dhaniakan bebas lebih cepat karena mendapat remisi dan juga berkelakuan baik.

"Karena Mas Ahmad Dhaniberperilaku baik dan mendapatkan remisi 17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, oleh sebab itu Mas Ahmad Dhanimendapat remisi sebesar satu bulan, nah dipotong dengan hari kabisat, jadi Mas Ahmad Dhanijika putusannya yang di Jakarta itu bebasnya jadi maju 30 Desember 2019," jelasnya.

Dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (8/11/2019), Ahmad Dhaniakan bebas dalam waktu dekat setelah vonis untuk kasus 'vlog idiot' dipotong karena bandingnya telah diterima.

Baca Juga: Ibunya bahkan Sudah Tahu, Anak Gadis Ini Harus Berkali-kali Layani Nafsu Bejat Ayah Tirinya, kalau Nggak Mau Ini yang Bakal Dia Terima

Sebelumnya, hakim Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 1 tahun penjara terhadapnya.

Setelah itu, Pengadilan Tinggi Surabaya menurunkannya menjadi 3 bulan penjara dan 6 bulan percobaan.

Menurut Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian, dengan pemotongan masa hukuman itu, kliennya sangat mungkin segera bebas.

"Karena sebenarnya Dhani telah menjalani dua per tiga masa tahanan, artinya dia punya hak untuk kebebasan bersyarat atau cuti bersyarat," ucap Aldwin kepada Kompas.com via telepon, Kamis (7/11/2019) malam.

Menurutnya, bebas bersyarat Ahmad Dhanibisa berjalan lancar jika jaksa tak mengajukan kasasi atas vonis tersebut.

Baca Juga: Uang Saku Saat Kecil Kurang hingga Harus Jualan Ini, Putru Konglomerat Ini Kini Jadi Staf Khusus Presiden, Gaji per Bulannya Bikin Geleng-geleng Kepala

"Kalau kemudian yang di Surabaya tidak ada proses hukum yang lain, tentu cuti bersyaratnya bisa terpenuhi dan tentu lebih cepat keluarnya," ucap Aldwin.

Aldwin berharap ia segera menerima salinan putusan terbaru hasil banding tersebut, dan segera mengurus kebebasan kliennya.

Ia juga mengharapkan putusan hasil banding segera inkrah (berkekuatan hukum dan tidak ada upaya hukum lagi), dan jaksa tak mengajukan kasasi.

"Kalau kami terima petikan (putusan) terus kemudian inkrah dalam dua atau tiga hari ke depan itu ya putusan inkrah itu bisa kami urus cuti bersyarat dan proses keluar bisa lebih cepat," ujarnya.

Sembari menunggu kepastian, Aldwin mengatakan pihaknya baru akan mengeluarkan sikap resmi menanggapi proses hukum yang ada usai ada ketetapan hukum yang sah.

Baca Juga: Pamit Mancing, Seorang Pria Malah Ditemukan Mengapung di Sungai dengan Sekujur Tubuh Penuh Luka Cakar, Diduga Meninggal karena Hal Mengerikan Ini!

"Sikap resmi itu setelah saya pegang petikan putusannya. Tapi kalau beritanya valid, ya tentu saya mengapresiasi sikap hakim banding dalam menelaah perkara," katanya.

Sebelumnya dikutip dari laman Kompas.com, Senin (4/11/2019), kabar bebasnya Ahmad Dhanidari tahanan sudah santer terdengar.

Ahmad Dhani harus mendekam di balik jeruji besi karena dirinya terbukti bersalah atas dua kasus yang menjeratnya.

Kasus pertamanya yaitu ujaran kebencian yang disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan yang kedua atas kasus 'vlog idiot' di Pengadilan Negeri Surabaya.

Kuasa Hukum Hendarsam Marantoko mengatakan, jika Ahmad Dhaniakan bebas dalam waktu dekat.

Baca Juga: Bos KKB Papua Iris Murib yang Terkenal Sadis Takluk di Tangan Polisi saat sedang Rencanakan Aksi Besar-Besaran! Inilah Deretan Aksinya yang Mengancam Keutuhan NKRI

"Hitung-hitungan kita (Ahmad Dhani bebas), 28 Desember 2019," ujar Hendarsam kepada awak media saat dihubungi, Senin (4/11/2019).

Menurutnya, Ahmad Dhanisudah siap disambut oleh keluarganya yang menunggu kebebasannya.

"Sudah pasti (disambut meriah), cuma dalam bentuk apa kita belum tahu ya," ucap Hendarsam.

Ahmad Dhani saat ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, sejak 28 Januari 2019.

Pentolan Dewa 19ini menjalani penahanan setelah majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara.

Baca Juga: Setelah 9 Tahun Bina Rumah Tangga, Sosok Ini Harus Rela Ditinggal Istrinya yang Tidak Mau Dimadu

Suami Mulan Jameela ini dinyatakan bersalah melakukan ujaran kebencian melalui cuitannya di Twitter.

Namun, dalam putusan bandingnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengurangi hukuman Dhani menjadi satu tahun penjara.

Sementara itu, untuk kasus pencemaran nama baik melalui 'vlog idiot', Dhani divonis satu tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya.

Baca Juga: Bukan Cuma Punya Hubungan Terlarang dengan Meriam Bellina, Terungkap Hotman Paris Juga Pernah Naksir dengan Ibu Artis Ngetop Ini, Bocorkan Bagian Tubuh yang Disukai!

(Feryanto Hadi)

Artikel ini telah tayang diTribun Styledengan judul "Tangis Pilu Dul Jaelani Berganti Senyuman Kabarkan Kebebasan Ahmad Dhani".

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya