Tutup Usia di Arena Laga, Pebalap Muda Ini Kerap Harumkan Nama Indonesia di Pentas Dunia. Begini Penampakan Motornya Usai Celaka

Sabtu, 02 November 2019 | 20:40
Instagram/astrahondaracingteam

Afridza Munandar saat menjalani kualifikasi Asia Talent Cup di sirkuit Sepang

Fotokita.net -Afridza Munandar, meninggal dunia seusai mengalami kecelakaan dalam ajang balap Asia Talent Cup 2019 pada Sabtu (2/11/2019). Dunia balap Indonesia kini tengah berduka.

Afridza Munandar, seorang pebalap Indonesia yang tengah berlaga di balapan tambahan MotoGP Malaysia yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019) meninggal dunia.

Kecelakaan terjadi saat Afridza Munandar terjatuh di tikungan 10 saat balapan baru berjalan satu putaran. Balapan itu sendiri langsung dihentikan untuk memberikan pertolongan pertama pada Afridza.

Setelah kecelakaan, Afridza Munandar sempat ditangani tim medis di pinggir trek, sebelum diterbangkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter.

Baca Juga: Jadi Andalan dalam Tim Garuda Muda, Penyakit Langka Ini Buyarkan Mimpi Pesepak Bola Asal Maluku Harumkan Nama Indonesia di Piala Dunia

Namun, naas, nyawanya tidak terselamatkan. MotoGP dalam akun resmi mereka mengonfirmasi meninggalnya Afridza.

Asia Talent Cup

Afridza Syach Munandar

"Kami sangat sedih mengumumkan bahwa pengendara Asia Talent Cup, Afridza Munandar, telah meninggal dunia setelah terlibat dalam insiden selama balapan ATC di Sepang," tulis akun MotoGP.

"Kami menyampaikan simpati terdalam kami pada keluarga dan teman-teman Afridza," lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: Selalu Gagal Saat Melatih Tim Sepakbola, Diego Maradona Terapkan Aturan Berbau Tahayul Ini di Klub Barunya. Begini Alasan Sang Legenda...

Tak hanya pihak MotoGP, pihak FIM, Dorna Sports, dan Asia Talent Cup juga mengucapkan belasungkawa.

Twitter/Asia Talent Cup
Twitter/Asia Talent Cup

Afridza Munandar

Sejauh ini, Afridza telah dua kali memenangi seri Asia Talent Cup 2019. Selain itu, ia juga empat kali masuk podium dengan dua kali finis di urutan kedua (dua kali) dan di urutan ketiga (dua kali).

Afridza merupakan pebalap Indonesia yang bertanding di Asia Talent Cup (ATC) 2019. Pebalap yang tergabung dalam Astra Motor Racing Team Yogyakarta ini punya sederet prestasi yang membanggakan.

Pebalap kelahiran Tasikmalaya, 13 Agustus 1999, sering naik turun podium saat balapan di kejuaraan nasional.

Afridza merupakan jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) dan pernah menjajal balapan ketahanan yang bergengsi di Jepang, yakni Suzuka Endurance 4 Hours.

Di ATC 2019, Afridza pernah membuat bendera Merah Putih berkibar di Thailand setelah berhasil menjuarai Race 1.

Baca Juga: Sempat Diterbangkan dengan Helikopter ke Rumah Sakit, Nyawa Pebalap Indonesia Tak Tertolong Usai Alami Kecelakaan dalam Balapan Tambahan MotoGP Malaysia

Pada klasemen sementara, Afridza menduduki peringkat ketiga dengan total 142 poin.

Afridza meninggal dunia usai kecelakaan saat balapan di Sepang. Sebelum meninggal, Afridza sempat menjalani pemeriksaan oleh tim medis.

MotoGP
MotoGP

Afridza Munandar

Para pebalap dunia pun turut memberikan penghormatan terakhir kepada Afridza, tak terkecuali Marc Marquez.

Dalam akun media sosial miliknya, juara MotoGP 2019 itu mengucapkan belasungkawanya.

"Hari yang menyedihkan untuk dunia balap. Afridza Munandar meninggal dunia sore ini setelah insiden di Asia Talent Cup. RIP Afridza," tulis pebalap Repsol Honda itu di Instagram resminya.

Baca Juga: Biarpun Ibu Kota Telah Resmi Pindah ke Kalimantan Timur, Tanah dan Properti di Daerah Pinggiran Jakarta Ini Justru Lagi Naik Daun. Apa Penyebabnya?

Selain Marquez, saat diberitakan melalui akun Instagram MotoGP, banyak pebalap lain juga mengucapkan belasungkawa.

YouTube/Asia Talent Cup
YouTube/Asia Talent Cup

Kondisi motor Afridza Munandar alami kecelakaan

Mulai dari Fabio Quartarao, Alex Marquez, Cal Crutchlow, hingga Andrea Iannone. Sementara itu, ajang balap Asia Talent Cup sudah memasuki seri ke-11 pekan ini.

Dari 10 seri sebelumnya, Afridza berhasil mengumpulkan 142 poin dan menempatkan dirinya di posisi ketiga klasemen sementara.

Pebalap 20 tahun asal Bogor itu sudah meraih dua kemenangan, dua kali finis di urutan kedua, serta dua kali finis di urutan ketiga.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya