Follow Us

Temani Suaminya Meninggal di Kampung, Istri Achmad Yurianto Ternyata Punya Profesi Mentereng Ini, Foto Terkininya Dibanjiri Doa

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 22 Mei 2022 | 09:35
Istri dokter Achmad Yurianto ternyata punya profesi mentereng ini. Dia setia menemani suaminya yang meninggal di kampung halaman.
Instagram

Istri dokter Achmad Yurianto ternyata punya profesi mentereng ini. Dia setia menemani suaminya yang meninggal di kampung halaman.

Fotokita.net - Dokter Achmad Yurianto, mantan juru bicara pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah meninggal dunia. Achmad Yurianto menghembuskan napas terakhirnya di RSUD RSUD Syaiful Anwar, Malang, pada Sabtu (21/5/2022) pukul 18.58 WIB. Ternyata istri Achmad Yurianto punya profesi mentereng ini. Foto terkininya dibanjiri doa.

Kepergian dokter Yuri, begitu Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga akrab disapa, telah mengejutkan publik. Setelah mengundurkan dari jabatannya, Yuri sudah jarang tampil di depan kamera dan televisi.

Pada masa awal pandemi merangsek sampai ke Indonesia, wajahnya muncul setiap hari di layar kaca. Wajahnya teduh, suaranya datar, mimiknya nyaris tanpa emosi. Pembawaan yang tenang di depan kerumunan wartawan itu tak berubah meski angka-angka Covid-19 menanjak, kabar kematian susul-menyusul, dan pemerintah gagap oleh ketiadaan obat dan vaksin yang mumpuni.

Yuri memang akhirnya dikenal luas masyarakat saat menjabat sebagai juru bicara pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada awal pandemi COVID-19 masuk ke Tanah Air. Saat itu, ia ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19.

Penunjukan tersebut dilakukan secara resmi pada 3 Maret 2020 atau tepat sehari setelah Presiden mengumumkan kasus COVID-19 pertama di Tanah Air. Hampir saban hari, wajah Yuri menghiasi layar kaca mengumumkan perkembangan terkini COVID-19 di Tanah Air.Lebih setahun lamanya wajah dokter Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, begitu karib dengan kita. Dari Maret 2020 sampai Juli 2021, hampir satu setengah tahun, setiap sore. Sampai-sampai kita menghafal takikan wajahnya.Konon, di awal menjadi juru bicara itu, dokter Yurianto bekerja nyaris sendirian, menyiapkan bahan untuk konferensi pers, mengumpulkan data dan angka-angka Covid dari sana-sini, tanpa dukungan staf profesional. Selain mengumumkan angka-angka, ia pun harus meluruskan aneka kabar burung dan hoaks tentang Covid.

Baca Juga: Innalillahi Meninggal Selepas Maghrib, Dokter Achmad Yurianto Ternyata Ketiban Durian Runtuh Gegara Jual Foto Jepretannya

Saat menjabat sebagai juru bicara, Yuri sempat menuai kontroversi saat pernyataannya terkait si kaya dan si miskin, yang mana maksudnya masyarakat yang kaya melindungi masyarakat miskin dan begitu juga sebaliknya. Yuri menjabat sebagai juru bicara pada Maret 2020 hingga Juli 2020 yang kemudian digantikan oleh Prof Wiku Adisasmito.

Selepas menjadi juru bicara, Achmad Yurianto tetap berkarir di lingkungan kesehatan sebagai direktur jenderal dan staf ahli menteri.

Beberapa waktu terakhir, dokter Yurianto dikabarkan sakit. Bukan korona, tapi kanker usus, yang mengharuskannya menjalani kemoterapi. Yuri meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, akibat kanker usus yang dideritanya.

Kendati begitu, pengobatan dan penanganan dokter terbaik hanyalah ikhtiar belaka. Takdir jua penentunya.Pada Sabtu (21/5/2022), selepas magrib, Achmad Yurianto berpulang dalam damai dan tenang, di rumah sakit kampung halamannya di Malang. Genap sudah perjalanan dan pengabdian sang dokter.

Kabar mengenai penyakit yang dideritanya, ramai diberitakan pada pertengahan April 2022. Kabar yang tersiar melalui pesan berantai tersebut mengabarkan bahwa Achmad Yurianto mendapatkan perawatan di RSPAD.Menurut informasi dari kerabatnya, mendiang sering terlambat makan dan kemudian terkena penyakit pencernaan yang kemudian berujung pada kanker usus. Tak hanya keluarganya saja yang merasa kehilangan, Bangsa Indonesia kehilangan putra terbaiknya.

Editor : Fotokita

Latest