Follow Us

Jawaban Perbedaan yang Kamu Temukan dari Pantai, Dataran Tinggi, dan Dataran Rendah Kelas 4 SD Tema 3

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:54
Ini jawaban perbedaan yang kami temukan dari pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah  soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 3.
pixabay

Ini jawaban perbedaan yang kami temukan dari pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 3.

Fotokita.net - Berikut jawaban perbedaan yang kami temukan dari pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 3 halaman 5 - 6.Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut (pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah).Dari lokasi ketinggian. Perbedaan pertama dari dataran tinggi dan juga dataran rendah bisa kita lihat dari lokasi dan juga ketinggian dari kedua dataran tersebut.

Dataran rendah, secara teoritis merupakan suatu dataran yang berlokasi dengna ketinggian dibawah 200 mdpl (diatas permukaan laut.

Sedangkan dataran tinggi merupakan daerah dataran yang memilki ketinggian diatas 200 mdpl (diatas permukaan laut). Dari lokasi dan lingkungan sekitar. Dataran rendah kebanyakan merupakan daerah yang berdekatan lokasinya dengan pantai, serta hilir sungai sehingga akan mudah menjadi penyebab banjir.

Sedangkan dataran tinggi merupakan dataran yang lokasi sekitarnya mirip seperti pegunungan dan juga perbukitan.

Baca Juga: Jawaban Apa yang Diceritakan Gambar Tersebut Kelas 4 SD Tema 2

Dari sisi ekonomi dan sosial. Ekonomi pada dataran rendah lebih menjanjikan ketimbang dataran tinggi, terutama faktor pembangunan ekonomi yang menyangkut kegiatan industri, perkantoran dan juga bisnis komersil.

Lokasi dataran rendah yang kontur tanahnya datar dan rata, membuat pembangunan gedung dan juga industri menjadi mudah untuk dilakukan pada dataran rendah yang akan memberikan ruang publik untuk kehidupan masyarakat sekitar.Dari sisi Iklim dan cuaca. Dataran rendah merupakan lokasi yang cenderung panas, kering dan juga memiliki curah hujan yang relatif tinggi.

Dataran tinggi merupakan lokasi yang memiliki kelembaban udara dan juga kelembaban tanah yang tinggi, suhu udara yang cenderung sejuk, namun memiliki curah hujan yang relatif rendah.

Meski demikian, lokasi dataran tinggi merupakan lokasi yang pas untuk lahan pertanian dan juga perkebunan, karena memilki kualitas unsur hara di dalam tanah yang baik.Dari segi potensi pariwisata.Lokasi dengan wilayah yang memilki dataran rendah biasanya memilki potensi pariwisata yang berhubungan dengan lokasi pantai yang akan rentan dengan erosi tanah.

Selain itu, biasanya pada dataran rendah juga banyak dibangun lokasi wisata khsusus, seperti lokas wisata taman bermain, tugu, dan juga berbagai macam taman buatan.

Baca Juga: Jawaban Manfaat Matahari Bagi Kehidupan di Bumi Kelas 4 SD Tema 2

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest