Follow Us

Jawaban Tuliskan Gagasan Utama Pada Setiap Paragraf Teks Bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 10 November 2021 | 23:54
Ini jawaban tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf teks bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak kelas 6 SD Tema 6.
Pixabay.com

Ini jawaban tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf teks bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak kelas 6 SD Tema 6.

Fotokita,net - Berikut jawaban tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf teks bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak yang menjadi soal buku tematik kelas 6 SD Tema 6.

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

Baca Juga: Jawaban Bagaimanakah Ciri-ciri Poster Menurutmu Kelas 6 SD Tema 6

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

Contoh:

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?

Jawaban :

Mewujudkan pemerintahan yang demokratis

Mempercepat pembangunan nasional

Mendukung tercapainya tujuan nasional

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest