Follow Us

Innalillahi, Foto Jenazah Sahabatnya Bikin Nyesek, Andi Soraya Bersaksi Artis Sinetron Ini Ucapkan Syahadat Sebelum Berpulang

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 06 Januari 2022 | 13:33
Foto jenazah Yana Zein sempat menjadi polemik di jagat maya. Namun, Andi Soraya buka suara perihal agama artis sinetron ini.
Facebook

Foto jenazah Yana Zein sempat menjadi polemik di jagat maya. Namun, Andi Soraya buka suara perihal agama artis sinetron ini.

Fotokita.net - Sahabat artis Andi Soraya, Yana Zein meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit ganas, kanker payudara. Namun, foto jenazah Yana Zein malah jadi polemik yang ramai dibahas netizen di media sosial. Terkait hal ini, Andi Soraya bersaksi artis sinetron Yana Zein mengucapkan 2 kalimat syahadat sebelum berpulang ke Rahmatullah.

Yana Zein meninggal dunia pada Kamis, 1 Juni 2017. Sebelum tutup usia, sahabat Andi Soraya ini sudah tiga tahun mengidap kanker payudara stadium 4. Yana sampai berkali-kali pindah pengobatan.

Di Indonesia, Yana sempat dirawat di rumah sakit Mayapada, Jakarta Selatan dan rumah sakit Siloam, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Sebelum akhirnya berobat ke Cina selama empat bulan dan pulang ke Indonesia 28 Mei 2017.

Yana Zein sempat disemayamkan di Rumah Duka Kenanga 2 rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Jenazah Yana Zein juga sudah dimasukkan ke dalam peti mati. Ibadah kebaktian ibadah kebaktian penghiburan juga suda digelar.

Namun, foto jenazah artis sinetron itu menjadi polemik hangat setelah perdebatan alot orangtua Yana Zein terekam kamera awak media. Ayah dan ibu kandung Yana Zein, Swetlana Zein dan Nurzaman berdebat panas perihal prosesi pemakaman putri mereka.

Sang ibunda ingin Yana Zein dimakamkan secara Kristen. Namun Nurzaman bersikeras agar putrinya disalatkan dan dikafani layaknya jenazah seorang muslim.

Baca Juga: Innalillahi, Ucap Syahadat Sebelum Meninggal, Foto Jenazah Yana Zein di Peti Mati Sampai Dibahas Netizen Malaysia

Setelah melewati perdebatan yang alot, pihak keluarga akhirnya memutuskan Yana Zein dimakamkan secara Islam.

Pemakaman yang semula akan dilakukan di TPU Kampung Kandang pun dirubah. Yana dikebumikan di TPU Cinere, pada Jumat 2 Juni 2017 sore.

Tentu saja, foto jenazah sahabat Andi Soraya itu menjadi polemik yang mengundang beragam komentar. Tak terkecuali dari orang-orang dekat Yana Zein. Andi Soraya, salah satunya.

Melalui akun Instagram pribadinya, artis yang akrab disapa Aya itu mengucap syukur karena sahabatnya dimakamkan secara Islam.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest