Follow Us

Rela Gelontorkan Uang Buat Ritual Pindah Agama Hindu Sukmawati, Foto Tampang Senator Bali Jadi Sorotan, Dulu Bikin Gempar Gegara Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:54
Foto tampang Senator Bali I Gusti Ngurah Arya Wedakarna menjadi sorotan usai bersedia menangung semua biaya ritual pindah agama.
Facebook

Foto tampang Senator Bali I Gusti Ngurah Arya Wedakarna menjadi sorotan usai bersedia menangung semua biaya ritual pindah agama.

Fotokita.net - Foto tampang Senator Bali Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa jadi sorotan usai mengaku gelontorkan uang buat ritual pindah agama Hindu Sukmawati Soekarnoputri. Ternyata dulu, Arya Wedakarna bikin gempar gegara mengeluarkan pernyataan ini.

Anggota DPD RI atau biasa disebut Senator asal Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa terpilih menjadi penanggung jawab acara ritual pindah agama Hindu yang disebut Sudhi Wadani untuk Sukmawati Soekarnoputri.

Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri atau Sukmawati Soekarnoputri adalah putri mendiang Presiden RI pertama Soekarno. Dia memutuskan berpindah agama dari Islam ke Hindu. Untuk itu, Sukmawati menjalani ritual Sudhi Wadani bakal digelar di kawasan situs cagar budaya rumah asal ibunda Bung Karno di Kota Singaraja, Bali.

Menurut Arya Wedakarna, persiapan pindah agama Hindu Sukmawati ini sudah dilakukan sejak lama. Terkait alasan pemilihan tempat, Arya Wedakarna menjelaskan Bale Agung Singaraja adalah pilihan Sukmawati Soekarnoputri. Tempat itu dipilih karena ada kaitannya dengan neneknya atau ibunda Soekarno, yakni Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Ya sudah disiapkan cukup lama, ya nanti tanggal 26 Oktober minggu depan acara Sudhi Wadani-nya, tempatnya di Balai Agung di Singaraja," kata Wedakarna, saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Foto Tampang Arya Wedakarna Beredar, Ini Alasan Anggota DPD Asal Bali Tanggung Semua BIaya Ritual Pindah Agama Hindu Sukmawati Soekarnoputri

Arya Wedakarna menuturkan Sukmawati lahir memeluk agama Islam, termasuk suaminya. Kepindahan Sukmawati Soekarnoputri ke pangkuan dharma disebut untuk kembali ke pangkuan neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Dulu nenek beliau kan ada yang Hindu begitu kan. Jadi kembali ke pangkuan Hindu Dharma, jadi justru beliau yang menyarankan. Tokoh-tokoh Bali juga menyarankan jadi untuk menjaga kebinekaan kita," jelas Arya Wedakarna.

Sukmawati Soekarnoputri merupakan anak Soekarno yang memiliki jejak karier di bidang seni. Ia mencoba memadukan dunia seni dengan politik sama seperti yang dilakukan Soekarno semasa hidup. Hal ini berbeda dengan pilihan karier kedua kakaknya yakni Megawati Soekarnoputri dan Rachmawati Soekarnoputri yang memilih fokus di dunia politik.

Minat seni Sukmawati yang lahir di Jakarta 26 Oktober 1951 ini telah dipupuk sejak usia muda. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA pada tahun 1969, Sukmawati melanjutkan pendidikannya ke Akademi Tari di LPKJ, Jakarta. Ia lulus pada tahun 1974.

Beberapa tahun kemudian, Sukmawati memutuskan untuk terjun ke panggung politik pada 1998 dengan membangkitkan kembali Partai Nasional Indonesia (PNI) di bawah nama baru PNI Soepeni.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest