Follow Us

Jawaban Tuliskan Gagasan Utama Pada Setiap Paragraf Bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:48
Ini jawaban tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak buku tematik kelas 6 Sd Tema 6.
Unicef

Ini jawaban tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak buku tematik kelas 6 Sd Tema 6.

Fotokita.net - Berikut jawaban tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf bacaan Mengapa Harus Melaksanakan Hak yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 Tema 6.

Pertanyaan di atas merupakan soal halaman 79, Tema 6 Kelas 6 SD/MI, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Pertanyaan itu terdapat pada materi Pembelajaran 6, Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera.

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Jawaban Peta Pikiran Peranan dan Posisi Indonesia dalam Kancah Perekonomian ASEAN

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

Contoh:

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?

Jawaban :Mewujudkan pemerintahan yang demokratisMempercepat pembangunan nasionalMendukung tercapainya tujuan nasional

Baca Juga: Jawaban Apa Pengaruh Penyelenggaraan SEA Games Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sumatra Selatan

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest