Follow Us

Jawaban Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas 6 SD Tema 2

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 07 Agustus 2021 | 23:37
Foto Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Cikini, Jakarta. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
Kompas.com

Foto Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Cikini, Jakarta. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Fotokita.net - Berikut jawaban makna proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas 6 SD tema 2.

Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Indahnya Kebersamaan, Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 Kelas 6 SD/MI.

Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 edisi revisi 2018 mengusung judul Persatuan dalam Perbedaan. Sementara, Subtema 1 dalam buku ini mengusung judul Rukun dalam Perbedaan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 1 di halaman 4.

Berikut jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 4 yang dikutip dari Buku Guru SD/MI, makna proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu.

Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Jawaban Contoh Penerapan Makna Proklamasi Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 6 SD Tema 2

1. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negaranegara Eropa sampai Jepang.

Penduduk dengan latar belakang yang berbeda bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan.

2. Pengakuan Kepada Dunia Luar Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest