Fotokita.net - Contoh gambar karya seni 3 dimensi, kunci jawaban soal buku tematik kelas 4 SD tema 8 halaman 170-177.
Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 SD Subtema 3 pembelajaran 6 halaman 170, 171, 172, 173, 174, 175, 176 dan 177 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber.
Berikut ini adalah ulasan dan pembahasan kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD berjudul Daerah Tempat Tinggalku halaman 170, 171, 172, 173, 174, 175, 176 dan 177 subtema 3 Pembelajaran 6 tentang Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.
Pada buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Tema 8 Kelas 4 SD terdapat 3 subtema diantaranya Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku, Subtema 2: Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku dan Subtema 3 : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.
Perhatikan dan pahami artikel berikut ini, ini dia penjelasan kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD/MI subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 170 sampai 177.
Kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak
>>> Halaman 170
Ayo Mengamati
Pada Pembelajaran 2 kamu sudah pernah mengamati berbagai gambar karya tiga dimensi berupa gerabah. Saat ini, perhatikan gambar berbagai karya tiga dimensi berupa benda lainnya.
Baca Juga: Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi dan Politik, Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 8
>>> Halaman 171
Gambar di atas menunjukkan berbagai karya tiga dimensi. Apa saja benda pada gambar di atas? Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban :
Gambar 1 adalah gambar bentuk rumah dari kertas
Gambar 2 adalah gambar bentuk pepohonan dari kertas
Gambar 3 adalah gambar bentuk binatang dari kertas
Gambar 4 adalah maket lingkungan perkotaan dari kertas
Gambar 5 adalah maket lingkungan peternakan dari kertas
>>> Halaman 172
Karya tiga dimensi dapat dibuat dari berbagai bahan. Ada karya berbentuk rumah dari bahan kertas yang dibuat dengan cara menggunting dan menempel. Ada karya berbentuk binatang dari bahan tanah liat dan plastisin yang dibuat dengan cara membentuk. Ada karya berupa bentuk meja kursi dari bahan kayu yang dibuat dengan cara digergaji dan disatukan dengan paku. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah menggambar benda dimensi mengenai lingkungan tempat tinggal. Benda apa yang sudah kamu gambar?
Untuk membuat karya tiga dimensi, sebaiknya kamu harus membuat gambar rancangan karya yang akan dibuat. Berikut gambar rancangan karya tiga dimensi yang telah dibuat oleh Udin dan teman-teman.
Setelah membuat gambar rancangan karya seni rupa tiga dimensi, Udin dan teman-teman membuat karyanya. Berikut langkah-langkah Udin dalam membuat karya tiga dimensi berupa pohon jagung.
>>> Halaman 173 - 174
Ayo Mencoba
Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Cobalah membuat karya tiga dimensi berupa bentuk pohon jagung seperti langkah-langkah di atas. Setelah itu, buatlah karya tiga dimensi berupa benda-benda di lingkungan tempat tinggal. Setiap anak dalam satu anggota kelompok harus membuat karya berbeda. Karya tiga dimensi yang telah dibuat nantinya akan digunakan sebagai bahan pembuatan maket lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, pertimbangkanlah benda yang akan dibuat. Tuliskan karya yang akan dibuat beserta bahan dan alat yang akan digunakan dalam kolom berikut.
Jawaban:
Contoh Gambar Karya seni 3 dimensi
Setelah membuat karya tiga dimensi, Udin dan teman-teman akan mengumpulkan karya-karyanya sebagai bahan pembuatan maket. Udin dan teman-teman berencana membuat maket lingkungan tempat tinggal berupa rumah pohon. Berikut contoh gambar bentuk rumah sebagai bahan pembuatan maket rumah pohon.
Berbicara mengenai rumah pohon, berikut ada sebuah cerita mengenai taman rumah pohon.
>>> Halaman 175 – 176
Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut.
Taman Rumah Pohon
Devina memiliki sebuah rumah pohon. Rumah pohon itu terletak di batang pohon jambu yang berada di taman rumahnya. Rumah pohon itu lumayan luas. Di dalam rumah pohon itu adalemari kecil tempat bukubuku cerita, 5 buah bantal besar, 2 buah tikar, sebuah selimut, 3 buah foto keluarga, dan kotak perlengkapan. Jika sedang murung, Devina lebih memilih berdiam diri di rumah pohonnya itu sampai sore. Kadang, dia juga menginap di rumah pohonnya bersama teman-temannya sambil mengadakan pesta.
Suatu siang, Devina mengajak Ira, Ovi, Tata, dan murid baru di kelasnya, Jenny, untuk mengadakan pesta di rumah pohonnya. Tentu saja mereka menerima ajakan itu dengan senang hati. Kebetulan, besok sekolah libur karena para guru akan rapat. Sore hari, teman-teman Devina datang. Mereka pun mengadakan pesta jambu sampai malam berganti pagi. Teman-teman Devina segera pulang ke rumahnya masing-masing. Sebelum pulang, mereka berbincang-bincang dulu. ”Rasanya, aku ingin memiliki rumah pohon yang banyak,” ucap Jenny.
“Ya, aku juga. Bagaimana kalau kita membuat taman yang berisi banyak pohon. Di setiap pohon disediakan rumah pohon untuk para pengunjung.
Ya, semacam tempat wisata,” usul Ira. ”Kita tidak bisa melakukannya. Kita butuh orang dewasa misalnya, orang tua kita. Nanti aku akan bicara kepada Mama dan Papa,” balas Devina.
Seperti janjinya, Devina mengutarakan usul Ira tadi kepada kedua orang tuanya. Orang tuanya pun setuju dan segera membeli sebuah tanah yang tidak terlalu besar, tapi cukup untuk beberapa pohon.Tak hanya itu, orang tua Devina juga membeli alat-alat untuk membuat rumah pohon serta bibit pohon. Orang tua Devina hanya membantu mengeluarkan uang. Sedangkan urusan menata dan membangun rumah pohon, dikelola Devina dan teman-temannya.
1 tahun kemudian ....
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-15
Taman Rumah Pohon resmi dibuka untuk umum. Tanahnya diperbesar dan barang-barang lain juga ditambahkan. Barang-barang ditambahkan bukan hanya oleh orang tua Devina, tetapi juga orang tua masing-masing teman Devina. Di hari pertama, Taman Rumah Pohon tidak memungut biaya apapun karena itu adalah hari Taman Rumah Pohon diresmikan. Banyak orang berdatangan ke Taman Rumah Pohon karya Devina dan teman-temannya.
“Harapanku, Taman Rumah Pohon akan semakin terkenal dan semakin banyak pengunjungnya,” ucap Devina.
//bobo.kidnesia.com/Bobo/Klinik-Cerita/Cerita-Kamu/Taman-Rumah-Pohon.
>>> Halaman 177
Bagaimana sifat tokoh Devina dalam cerita tersebut? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut.
Jawaban :
Devina adalah anak yang kreatif, mau berusaha, mau bekerja sama, mudah bergaul, dan ulet.
Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari dan kamu lakukan pada pembelajaran ini. Apakah kamu mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan? Jika kamu mengalami kesulitan, tuliskan kesulitan yang kamu alami. Jika kamu tidak mengalami kesulitan, tuliskan penyebab kamu dapat sukses mengikuti pembelajaran kali ini.
Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada pembelajaran ini adalah
- Dapat menetukan bentuk karya tiga dimensi yang terdapat pada gambar halaman 170 -171
- Membuat karya tiga dimensi berupa bentuk pohon jagung seperti pada gambar halaman 173-174
- Menentukan sifat tokoh Devina dalam cerita Taman Rumah Pohon
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada orang tuamu mengenai keadaan lingkungan tempat tinggalmu pada waktu kamu masih bayi. Apakah lingkungan tempat tinggalmu sama seperti saat ini? Jika berbeda, mintalah orang tua untuk menceritakan perbedaannya. Kemudian, tanyakan kepada orang tuamu, “Apakah ayah dan ibu bangga terhadap lingkungan tempat tinggal?”. Tuliskan jawaban orang tuamu pada kotak berikut. Tuliskan juga perasaanmu mengenai tempat tinggalmu.
*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.
(Tribun Pontianak/Dhita Mutiasari)