Fotokita.net -Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 47 48 49 50 52, Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Simak deretan kuncijawabantema3kelas4halaman4748 49 50 52.
Kunci jawabantema 3 kelas 4 halaman 47 48 49 50 52 ini bagian dari pertanyaan Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Pembelajaran 1 Subtema 2.
Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 ini berjudul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.
Subtema 2 dalam buku ini mengusung judul Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.
Berikut kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 SD halaman 47 48 49 50 52 Subtema 2 Pembelajaran 1yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan Siswa SD Kelas 4 Tema 3serta beberapa sumber:
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 47, 48, 49, dan 50
Ayo Mengamati
Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas!
Jawaban:
- Di mana kita bisa bertemu dengan burung Cendrawasih?
- Dari mana asal burung Cendrawasih?
- Kenapa burung Cendrawasih disebut hewan langka?
- Apa makanan burung Cendrawasih?
Diskusikanlah jawabannya. Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.
(Peserta didik membaca bacaan pada halaman 48)
Jawablah pertanyaan berikut.
Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-15
Burung cendrawasih Vogelkop mempersiapkan untuk memulai tarian kawinnya.
Jawaban:
Burung cenderawasih yang memiliki warna bulu indah menjadi maskot Papua.
Keberadaan burungCenderawasihsemakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.
Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Jawaban:
Perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burungCenderawasihsebagai penghias topi.
Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?
Jawaban:
Tidak merusak habitat dan tidak memburu.
Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!
Burung cendrawasih kerah
Jawaban:
Perilaku manusia yang buruk menjadi faktor langkanya burung cenderawasih.
Harga bulunya yang mahal, membuat manusia-manusia tidak bertanggung jawab memburu burung cenderawasih untuk dijual.
Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?
Jawaban:
Perilaku tersebut tidak boleh dicontoh.
Sesama makhluk hidup, manusia seharusnya melindungi keberadaan burungCenderawasih.
Bukan malah memburunya untuk dijual.
Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah?
Jawaban:
Keberagaman satwa indonesia akan berkurang.
Generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burungCenderawasihmelalui gambar atau foto.
Apa saranmu agar kelestarian burung cendrawasih tetap terjaga?
Jawaban:
Semua manusia harus memiliki kesaradan bahwa keberadaan burung cendrawasih sudah langka.
Memberi hukuman maksimal kepada pelaku pemburu burungCenderawasih.
Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu lalu buatlah daftar pertanyaan.
Daftarmu harus memuat:
Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
Manfaat hewan tersebut.
Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan tersebut sebagai sumber daya alam.
Ciri-ciri hewan atau bagian hewan tersebut.
Diskusikanlah daftar pertanyaanmu dengan gurumu.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 52
Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnyadibandingkan dengan kupu-kupu dari negara lain.
Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi.
Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.
Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?
Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.
Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.
Ilustrasi kupu-kupu.
1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?
Jawaban:
Kelestarian tanaman akan terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.
- Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?
Tidak menangkap kupu-kupu hanya untuk hiasan.
- Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!
Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.
Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6
Ilustrasi kupu-kupu besar
*)Disclaimer:Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.
Sumber Buku:Anggari, Angi St dkk. 2017.Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk HidupBuku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Anggari, Angi St dkk. 2017.Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk HidupBuku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.