Follow Us

Gaji PNS Naik Tahun Depan? Ini Penjelasan Terbaru Kemenpan RB dan Rincian Gaji PNS 2020

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 07 Desember 2020 | 15:28
Ilustrasi PNS
Tribunnews/Jeprima

Ilustrasi PNS

Fotokita.net - Gaji PNS naik tahun depan? Ini penjelasan terbaru Kemenpan RB dan rincian gaji PNS 2020.

Besaran gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2021 menjadi sorotan publik baru-baru ini.

Hal ini lantaran menurut formulasi gaji serta tunjangan PNS periode 2018-2019, besaran gaji PNS 2021 diprediksi akan naik.

Kabar terbaru menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, hingga saat ini pemerintah belum memutuskan soal kenaikan gaji PNS pada tahun 2021.

Baca Juga: Cara Penetapan Gaji dan Tunjangan PNS Berubah Usai Jokowi Teken Aturan Ini, Kondisi Keuangan Negara Makin Goyang?

"Yang saya ketahui belum ada kenaikan ya," katanya kepada Kompas.com, Minggu (7/12/2020).

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Tahun Depan Gaji PNS Naik? Ini Kata Menteri PANRB'

Baca Juga: Tinggal Sebulan Lagi Gaji PNS Dipotong Jokowi, Kini Abdi Negara Mendadak Dapat Rezeki Nomplok, Jumlahnya Tak Main-main

Dihubungi secara terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur, Kemenpan RB Teguh Widjanarko menjelaskan, berdasarkan formulasi gaji serta tunjangan PNS yang disusun sebelum pandemi Covid-19, periode 2018-2019, memang ada kenaikan.

Meski telah mengajukan usulan kenaikan gaji PNS, tetapi semua keputusan menjadi ranah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Sebenarnya hitungan itu sudah kita buat tahun 2018-2019, kemudian kita ajukan ke Kementerian Keuangan. Tetapi Kementerian Keuangan masih belum firm dengan simulasi yang dibuat," ujar Teguh.

Baca Juga: Sengaja Sindir Habib Rizieq? Wapres Ma'ruf Amin Sebut Belum Ada Orang yang Mampu Jadi Imam Umat Islam Indonesia

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest