Follow Us

Banyak Rumah Diterjang Banjir Bandang, BNPB Catat Kejadian Bencana Karena Faktor Cuaca, Terawangan Mbak You Kembali Terbukti?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 22 September 2020 | 15:41
Apa Itu Banjir Bandang
ANTARA FOTO/HARIANDI HAFID

Apa Itu Banjir Bandang

Fotokita.net - Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mencatat, terjadi sejumlah bencana hidrometeorologi di Indonesia, beberapa hari terakhir.

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca, misalnya banjir, longsor, dan puting beliung.

"Fenomena hidrometerologi yang berujung bencana mendominasi kejadian awal pekan ini. Misalnya banjir bandang, banjir dan angin kencang," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan pers, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Covid-19 Makin Bikin Ngeri, Inilah Deretan Menteri Jokowi yang Positif Corona, Ada yang Kritis, Terbaru Fachrul Razi

"Kejadian terkini, yakni banjir bandang di Kabupaten Sukabumi yang terjadi pada Senin (kemarin) dan mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan satu lagi masih dalam pencarian," lanjut dia.

Dampak banjir bandang tersebut menyasar tiga kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, yaitu Kecamatan Cicurug, Parungkuda, dan Cidahu.

Baca Juga: Terungkap, Sumber Dentuman di Jakarta Bikin Penasaran Warga, Ternyata Berasal dari Tempat yang Tak Disangka-sangka

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih terus melakukan pemutakhiran data dari lapangan.

Selain di Sukabumi, banjir juga melanda sejumlah desa di Kabupaten Bogor, Senin sore.

Dua sungai, yakni Cianten dan Disakati yang berada di wilayah Kampung Muara I meluap dan merendam sejumlah rumah di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

Di Kota Bogor, banjir akibat luapan air Sungai Cisadane, Senin sore mengakibatkan genangan di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, setinggi sekitar 30 sentimeter.

Baca Juga: Bak Disambar Geledek, Kasus Harian Covid-19 Pecah Rekor Lagi, Warga Jakarta dan Depok Mendadak Diminta Bersiap Hadapi Bencana Ini

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest