Fotokita.net - Inilah kunci jawabanBuku Tematikkelas4 SD Tema 2 Sumber Energi Subtema 1 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 4 halaman 29-35.
Pandemi COVID-19 mengakibatkan kegiatan sekolah tatap muka ditiadakan.
Namun demikian, bukan berarti anak-anak berhenti belajar.
Belajar dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah dengan bimbingan orang tua.
Orang tua dapat membimbing anak belajardengan buku tematik dan berikut kunci jawaban yang bisa menjadi bahan acuan.
Inilah kunci jawaban pertanyaan soalPembelajaran 4, Subtema 1: Sumber Energi, Tema 2: Selalu Berhemat Energi, Buku Tematik TerpaduK13 Kelas 4 SD.
Pertanyaan dan soal tersebut berada pada halaman29, 30, 31, 32, 34 dan 35 Buku Termatik TerpaduKurikulum 2013 edisi revisi 2017.
Simak di bawah inikunci jawaban halaman29, 30, 31, 32, 34 dan 35Tema 2 Kelas 4yang dirangkum Fotokita.net dari berbagai sumber.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 34 & 35:
Kunci Jawaban Halaman 29
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Sumber energi listrik digunakan manusia sehari-hari untuk membantu aktivitasnya.
Amatilah gambar berikut. (gambar pada buku)
- Apa yang diceritakan gambar tersebut?
- Sebutkan peristiwa pada gambar yang tekait dengan sumber energi listrik?
Tulislah gagasan pokok dari gambar tadi.
Pemanfaatan Energi Listrik
Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio, setrika listrik dan lain-lain.
Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya.

Ilustrasi hemat energi listrik
Kunci Jawaban Halaman 30 & 31
Amatilah gambar-gambar berikut. Gambar A (gambar pada buku hal 29)
- Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan.
- Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton?
- Apa yang perlu kamu lakukan jika akan tidur?
- Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas?
Gambar B (Gambar pada buku hal 30)
- Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan
- Apa manfaat kita menonton TV bersama-sama anggota keluarga?
- Apa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri-sendiri?
- Hal baik apa yang dapat kita contoh dari gambar di atas.
Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6
Jawablah pertanyaan berikut.
- Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik?
- Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan memengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan?
Sumber daya alam tersebut adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga jika boros, maka suatu saat kita akan krisis energi dan dampaknya bisa sangat luas.
- Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang?
- Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik?
- Gunakan peralatan rumah tangga dan kantor hanya yang bersifat hemat energi dan peralatan yang ramah lingkungan.
- Matikan alat elektronik komputer, air, lampu, dan juga televisi jika sudah tidak digunakan, dan gunakan setrika listrik sesuai dengan kebutuhan.
- Gunakan lampu hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang seperti pada lampu LED.
- Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros, sehingga gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.
- Mematikan lampu dan peralatan elektronik saat tidur.
Sekarang saatnya kamu menceritakan pengalamanmu menggunakan listrik di rumah. Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu secara seimbang?
Jawaban relatif berbeda sesuai dengan kondisi di rumah siswa masing-masing.
Baca Juga: Kumpulan Kunci Jawaban Soal Peta Baru Indonesia untuk SD Kelas 4-6 TVRI Rabu 12 Agustus 2020
Kunci Jawaban Halaman 32 & 33
Di rumah Siti, terdapat lima ruangan. Setiap ruangan menggunakan lampu berukuran 18 watt. Berapa watt daya yang digunakan seluruh ruangan?
Cobalah kamu menghitungnya dengan menggunakan pembulatan terlebih dahulu.
(Perhatikan tabel pada buku hal 32)
Kesimpulan (tabel kiri): Bulatkan salah satu atau kedua bilangan ke kelipatan 5 atau 10 agar mudah.
Kesimpulan (tabel kanan): Bulatkan salah satu atau kedua bilangan ke kelipatan 5 atau 10 agar mudah.
Buatlah 3 pertanyaan berdasarkan tabel di atas.
- Bagaimanakah cara menaksir operasi hitung perkalian suatu bilangan? 2. Bagaimanakah cara menaksir operasi hitung pembagian suatu bilangan? 3. Apakah fungsi dari penaksiran?
Penaksiran perkalian: Caranya adalah dengan membulatkan salah satu atau kedua bilangan kelipatan 5 atau 10. Tujuannya karena perkalian angka 5 dan 10 adalah perkalian yang paling mudah dihitung.
Penaksiran pembagian: Caranya adalah dengan membulatkan ke bilangan-bilangan yang habis dibagi. Yang kita bulatkan bisa pembaginya, bilangan yang dibagi atau dua-duanya.
Kunci Jawaban Halaman 34
Hari ini Siti dan Ayahnya pergi ke toko listrik untuk membeli beberapa perlengkapan listrik yang rusak. Berikut adalah daftar harganya.
Kerjakan soal-soal berikut dengan menggunakan penaksiran.
- Ayah Siti ingin membeli 4 bola lampu. Berapa taksiran uang yang Siti bayar?
- Ayah Siti membawa uang Rp 100.000. Berapa meter taksiran kabel yang bisa dibeli?
- Ayah Siti ingin membeli 6 stopkontak dan 7 tempat lampu. Berapa taksiran uang yang harus Siti bayar?
- Ayah Siti membawa uang Rp 50.000. Ia ingin membeli 1 stopkontak dan sisanya ingin ia belikan kabel. Berapa panjang kabel yang ia peroleh?
Kunci Jawaban Halaman 35
Buatlah 3 pertanyaan seperti contoh di atas. Mintalah temanmu menjawabnya.
- Ibu Siti membeli 2 stopkontak, 2 kabel dan 1 sakelar, berapa total belanjaan Ibu?
- Siti disuruh ayahnya membeli barang tapi ia hanya membawa uang Rp10.000. Apa yang akan Siti beli?
- Ayah Siti membawa uang Rp 50.000. Berapa banyak stopkontak dan taksiran kabel?
Ayo Renungkan
- Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini? Jawab: Nilai yang saya pelajari hari ini, kita harus berusaha menghemat dalam pemakaian energi listrik. Menggunakan energi listrik seperlunya saja.
- Sudahkan kamu menghemat listrik di rumahmu? Jelaskan! Jawab: Sudah, saya sudah berusaha menghemat energi listrik di rumah dengan cara mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan. Saya mematikan lampu, TV saat tidur di rumah.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu tentang pentingnya listrik. Diskusikan apakah di keluargamu sudah menghemat energi listrik.
Disclaimer: - Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. - Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.
(TribunPadang.com/Saridal Maijar)