Follow Us

Adaptasi di Era Kebiasaan Baru, Begini Cara Mudah Akselerasi Digitalisasi untuk Pelaku Bisnis, Pengelolaan Data Center Jadi Solusi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 13 Juli 2020 | 19:32
VMware menyampaikan ketersediaan VMware Cloud on Dell EMC generasi kedua yang optimal untuk digunakan pada data center.
Dok. VMware

VMware menyampaikan ketersediaan VMware Cloud on Dell EMC generasi kedua yang optimal untuk digunakan pada data center.

Fotokita.net - Sejak wabah virus corona menyerang warga dunia, tatanan kehidupan pun sontak berubah. Tak hanya mengubah wajah kesehatan dunia, wabah corona juga berhasil meluluhlantakkan perekonomian seantero jagat.

Nyaris seluruh negara kolaps gara-gara tak ada satu pun bangsa yang siap menghadapi pandemi Covid-19.

Beberapa bulan kemudian, pelaku bisnis mulai beradaptasi seiring penjelasan Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait perkembangan vaksin untuk Covid-19 masih harus menempuh jalan panjang.

Baca Juga: Turki Kembalikan Fungsi Hagia Sophia Sebagai Masjid, Begini Respon Paus Fransiskus Terhadap Keputusan Kontroversial Erdogan Itu

Wabah virus corona memang memberi dampak besar terhadap berbagai lini bisnis. Salah satu dampaknya adalah digitalisasi yang terakselerasi pada proses bisnis setiap perusahaan.

Rencana digitalisasi yang sebelumnya direncanakan untuk diadopsi secara berkala, kini terpaksa dipercepat akibat munculnya kebutuhan akses data dari jarak jauh.

Baca Juga: Hidup dalam Ketakutan Lantaran Jadi Musuh Kaum Mayoritas, Inilah Foto-foto Keresahan Warga Yahudi Indonesia dalam Jalani Hidup: 'Orang Tak Bedakan Antara Yahudi dan Israel'

Bagi perusahaan yang sudah melakukan transformasi digital, proses itu tinggal dilanjutkan. Namun bagi pelaku bisnis yang masih konvensional, perubahan strategi perlu dilakukan.

Infrastruktur maupun kesiapan TI dalam melakukan migrasi data harus disiapkan. Begitu juga dengan biaya dan waktu untuk implementasinya karena memerlukan trial and error.

Baca Juga: Tak Pakai Masker Picu Kasus Corona Melonjak, Pemerintah Minta Warga Tak Turunkan Masker ke Dagu, Termasuk Saat Makan

Namun, proses akan berbeda jika perusahaan melirik data center sebagai alternatif migrasi data. Proses Data akan relatif lebih cepat mengingat infrastrukturnya cenderung jauh lebih stabil dan tidak lagi memerlukan development layaknya membuat jaringan baru.

Adanya data center juga dapat membantu perusahaan dalam mengolaborasikan tim TI tanpa perlu memikirkan akses dan faktor jarak.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest