Follow Us

Siapkan Kamera Kita, Siang Ini Bulan Kelihatan Setengah Lingkaran Hingga Tampak Sejajar dengan Mars di Langit yang Cerah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 13 Juni 2020 | 12:11
Bulan purnama dilihat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS)
Lutfi Fauziah

Bulan purnama dilihat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS)

Fotokita.net - Akhir pekan menjadi waktu yang pas untuk melakukan hobi photo hunting. Lantaran wabah virus corona yang masih menghantui kita, maka hobi jalan-jalan sambil photo hunting harus tertunda sampai waktu yang belum pastikan.

Nah, karena masih harus banyak melakukan aktivitas di rumah, kita tak perlu sepenuhnya kecewa. Sebab, hari ini, Sabtu (13/6/2020), kita dapat menyaksikan dua fenomena langit jika cuaca cerah.

Kedua fenomena itu adalah Bulan pada Fase Perbani Akhir dan Konjungsi atau kesejajaran antara Bulan dan Mars.

Berikut penjelasannya menurut Ahli.

Baca Juga: Kabar Baik, Tim Peneliti Unair Berhasil Temukan Kombinasi Obat yang Dijual Bebas Buat Pasien Corona, Inilah Penjelasannya

1. Bulan fase perbani akhir

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) Emanuel Sungging mengatakan fenomena Bulan pada fase perbani akhir ini adalah suatu keadaan di mana Bulan, Bumi dan Matahari yang membentuk sudut 90 derajat atau sudut siku-siku.

Baca Juga: Niatnya Saingi Senapan Serbu SS-1 Buatan Pindad, Senjata Laras Panjang Buatan Malaysia Malah Jadi Bahan Olok-olok Dunia Lantaran Desainnya Macam Mainan Bocah

"Maksudnya ini istilah Bulan yang akan tampak sebagai setengah lingkaran (dilihat dari Bumi)," kata Emanuel, Jumat (12/6/2020).

Dalam sebulan Masehi, paling tidak akan ada dua kali Bulan yang tampak setengah lingkaran ini.

Momen kali ini, data dari Lapan menyebutkan Bulan fase perbani akhir ini akan terjadi pukul 13.24 WIB, pada jarak 402.575 kilometer dari pusat Bumi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest