Follow Us

Niatnya Saingi Senapan Serbu SS-1 Buatan Pindad, Senjata Laras Panjang Buatan Malaysia Malah Jadi Bahan Olok-olok Dunia Lantaran Desainnya Macam Mainan Bocah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 12 Juni 2020 | 15:28
VB Berapi

VB Berapi

Fotokita.net - Industri militer Indonesia memang sudah membuktikan diri lewat sejumlah prestasi. Ada banyak produk yang sudah dihasilkan oleh PT Pindad yang menjadi kebanggaan nasional.

Salah satu produk yang terbukti jadi andalan di lapangan adalah senapan serbu SS 1, yang sudah memiliki dua versi.

Senjata api SS1 V2 adalah senapan serbu pengembangan dari SSI-V1 yang diadopsi dari FN FNC.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Agar Waspada Gelombang Kedua Corona, Komika Kondang Ini Malah Beri Tanggapan Menohok: 'Monmaap Pak Gelombang Pertama Juga Belom Kelar'

FN FNC sendiri merupakan senapan serbu buatan Fabriue Nationale Belgia pada pertengahan 1970.

FNC paling simple dari segi teknis dan administrasi, sehingga senapan serbu inilah yg dipilih dan menjadi cikal bakal senapan serbu SS1.

Dikutip dari situs Pindad, senjata api SS1-V2 memiliki berat kosong 3,39 kg dan berat isi 4,29 kg, serta memiliki panjang laras 363 mm.

Baca Juga: Sesumbar Bilang Para Menteri Ekonomi Kabinet Jokowi Harus Mundur Bila Menang Debat dengan Luhut Binsar, Rizal Ramli Mendadak Malah Kabur Duluan Waktu Diajukan Syarat Setimpal

Senjata serbu SS1-V2 Pt Pindad
via Intisari

Senjata serbu SS1-V2 Pt Pindad

Senjata tersebut lebih ringan dari SS1-V1, versi sebelumnya yang memiliki berat kosong 4,02 kg dan berat isi 4,38 kg serta panjang laras 449 mm.

Umumnya senjata laras panjang yang digunakan para anggota Satreskrim adalah senapan serbu SS1-V2 buatan PT Pindad yang larasnya dibuat lebih pendek.

Amunisi SS1-V2 menggunakan kaliber 5.56 x 45 mm sesuai dengan standar NATO.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest