Follow Us

Tragis! Dulu Bergelimang Harta Hingga Manjakan Rakyatnya, Kini Negara Ini Tak Mampu Pasok Listrik, Air Bersih dan Alat Medis ke Rumah Sakit yang Terancam Ambruk Jika Tangani Lonjakan Pasien Corona

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 03 Juni 2020 | 07:38
Tanpa Listrik, Air Bersih, dan Sabun, Rumah Sakit Terburuk di Dunia Ini Terancam Kolaps Jika Harus Tangani Banyak Pasien Covid-19
Meridith Kohut/The New York Times

Tanpa Listrik, Air Bersih, dan Sabun, Rumah Sakit Terburuk di Dunia Ini Terancam Kolaps Jika Harus Tangani Banyak Pasien Covid-19

Fotokita.net - Negara ini dikenal sebagai pemilik cadangan minyak dan gas bumi terbesar di seantero bumi. Itu sebabnya, ketika harga minyak dunia meroket, negara ini bergelimang uang.

Rakyatnya pun ikut menikmati lewat sederet subsidi yang dikucurkan oleh pemerintah mereka, termasuk fasilitas dan layanan kesehatan.

Tentu, kita mengenal Venezuela. Salah satu negara di wilayah Amerika Selatan ini begitu menikmati uang hasil penjualan emas hitam itu saat berada di harga terbaiknya.

Sayangnya, pemerintah Venezuela tak menginvestasikan uang hasil penjualan minyak itu tak ke dalam ragam bisnis lainnya.

Akibatnya, fatal. Ketika harga minyak dunia terus merosot, Venezuela mengalami krisis ekonomi yang amat parah. Tiba-tiba, Venezuela menjadi negara gagal dan bahkan sampai pernah mendapat predikat negara paling berbahaya di dunia.

Baca Juga: Pasar dan Swalayan Kembali Ramai Menjelang Lebaran, Rupanya Masyarakat Indonesia Paling Suka Belanja Online Sehabis Lakukan Hal Ini : Begini Alasannya

Ya, pada 2018, berdasarkan survei Gallup, Venezuela berada di peringkat pertama dalam daftar negara paling berbahaya di dunia.

Di negara yang memiliki cadangan migas terbesar di dunia tersebut, 42 persen warganya menjadi korban pencurian dan 25 persen warganya pernah menjadi korban penyerangan.

Hal ini, seperti dibahas di awal artikel, dipicu oleh harga minyak yang anjlok, sementara negara itu sangat bergantung pada penjualan minyak mentah untuk membiayai segala kebutuhan negara.

Baca Juga: Sudah Terlanjur Masuk Perut, Pelanggan Sukses Bongkar Tindakan Sadis Pedagang Mie Gara-gara Hal Sepele Ini: Pakai Daging Manusia Sebagai Toppingnya

Mata uang negara ini pun menjadi sangat tidak berharga hingga membuat warganya memilih untuk menjadikannya sebagai kerajinan.

Alasannya? Uang tersebut justru lebih bernilai saat dijadikan kerajinan tangan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest