Follow Us

Jangan Lupa Hari Ini Terakhir, Apa Hukumannya Bila Tak Mengisi Sensus Penduduk Online 2020? Begini Cara Mudah Jawab Pertanyaannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 29 Mei 2020 | 11:23
Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, (DOK. Humas BPS)
Humas BPS

Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, (DOK. Humas BPS)

Fotokita.net - Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 dengan melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, melalui moda Computer Aided Web Interviewing (CAWI).

Masyarakat nantinya dapat memberikan informasi data kependudukan secara online yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020 melalui laman sensus.bps.go.id. Lantaran ada wabah virus corona, pengisian ini telah diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Untuk pertamakalinya, Indonesia menggelar Sensus Penduduk secara online pada tahun 2020.

Baca Juga: Jokowi Beri Peringatan Soal Tingginya Kasus Corona di Jawa Timur, Tiba-tiba Cuitan Viral Dokter Tentang Bobroknya Penanganan Covid-19 Ditarik Lagi: Ada Apa Sebenarnya?

Peta perencanaan Sensus Penduduk 2020

Peta perencanaan Sensus Penduduk 2020

Pengisian sensus penduduk online 2020 dijadwalkan berakhir pada hari ini, Jumat (29/5/2020).

Sensus penduduk merupakan kegiataan pendataan penduduk setiap 10 tahun sekali yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistika (BPS).

Pada periode kali ini, sensus penduduk tidak hanya dilakukan door to door (offline), tetapi juga melalui pengisian mandiri secara online. Untuk sensus penduduk online, periode pengisian telah dimulai sejak pertengahan Februari 2020.

Hingga Kamis (28/5/2020), sudah ada 47,9 juta orang yang berhasil mengisi data sensus penduduk online.

Dengan jumlah itu, kemungkinan masih sangat banyak masyarakat yang belum melakukan pengisian sensus penduduk online.

Akses internet yang belum tersebar di seluruh penjuru negeri dan minimnya literasi internet menjadi alasan mengapa jumlah data yang masuk masih rendah.

Baca Juga: Ingat Terakhir Besok, Begini Cara Mudah Mengisi dan Daftar Pertanyaan Sensus Penduduk Online 2020

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest