Follow Us

Jadi Trending di Korea, Berita ABK Asal Indonesia yang Dibuang Ke Laut Bisa Bikin Warganet Tambah Ngenes: Dipaksa Kerja 30 Jam Hingga Sakit dan Akhirnya Meninggal Dunia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 07 Mei 2020 | 03:27
Ilustrasi kapal nelayan
KOMPAS.com/HENDRA CIPTA

Ilustrasi kapal nelayan

Fotokita.net - Sekali lagi beredar kabar tidak sedap yang dialami oleh pelaut Indonesia di negeri orang.

Tentu, sudah banyak diketahui apabila banyak putra Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal berbendera asing. Mereka berani pergi berbulan-bulan untuk mengais rezeki di tengah lautan.

Di antara banyak cerita sukses ABK asal Indonesia, ternyata tak sedikit pula yang mengembuskan kabar tak sedap alias getir.

Salah satunya, yang terjadi baru-baru ini. Sebuah video yang dipublikasikan oleh media Korea Selatan memperlihatkan bagaimana jenazah Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal China dilempar ke tengah laut.

Baca Juga: Bertolak Belakang dengan Pernyataan Sang Atasan, Menteri Jokowi Ini Lantang Bilang Begini Waktu Dicecar Wakil Rakyat: Mudik dan Pulang Kampung Itu Sama dan Sebangun

Video yang dirilis oleh stasiun MBC itu diulas oleh Youtuber Jang Hansol di kanal-nya, Korea Reomit, pada Rabu waktu setempat (6/5/2020).

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk "Eksklusif, jika 18 jam sehari kerja. Jika jatuh sakit dan meninggal, lempar ke laut".

"Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China," ujar Hansol menirukan penyiar tersebut.

Dalam video itu, disebutkan MBC mendapatkan rekaman itu setelah kapal tersebut kebetulan tengah bersandar di Pelabuhan Busan.

Berdasarkan terjemahan yang disampaikan oleh Hansol, orang-orang Indonesia itu meminta bantuan kepada pemerintah Korea Selatan dan media setempat.

Baca Juga: Kembali Aktif Seusai Sembuh dari Covid-19, Anak Buah Jokowi Bikin Gebrakan di Tengah Pandemi Hingga Paksa Kepala Gugus Tugas Tegaskan Aturan Ini: Mudik Dilarang, Titik!

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest