Follow Us

Dulu Bapaknya Tinggal di Kampung Kumuh Jakarta Hingga Jadi Pengusaha Terkaya Indonesia, Gadis Cantik Ini Juga Rasakan Getirnya Cari Duit. Kini Dia Jadi Orang Dekat Jokowi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 22 November 2019 | 09:56
Putri Tanjung jadi staf khusus presiden
Instagram @putri_tanjung

Putri Tanjung jadi staf khusus presiden

Fotokita.net - Chairul Tanjung, siapa sih yang tidak kenal dengan nama itu? Namanya sudah banyak berseliweran di televisi dan internet. Kalau belum tahu juga, kita pasti tahu Trans TV, Trans 7 dan Trans Studio yang ada di Bandung sama Makassar kan? Itu lho Dufan versi dalam ruangan yang jadi destinasi favorit wisata keluarga.

Semua yang disebut tadi adalah beberapa dari banyak properti kepunyaan Chairul Tanjung alias CT. Chairul Tanjung dikenal sebagai orang terkaya ke-568 dan ke-7 di Indonesia tahun 2018 versi Majalah Forbes. Kekayaan bersihnya mencapai Rp.56,4 triliun.

Chairul Tanjung punya tiga perusahaan utama dari bidang media, layanan finansial, ritel, hingga properti dan sumber daya alam. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Mega Corp, Trans Corp dan CT Global Resources yang di bawahnya masih memiliki banyak anak perusahaan.

Ia juga yang memegang izin waralaba (franchise) Wendy’s, dan barang-barang mewah seperti Versace, Mango dan Jimmy Choo di Indonesia. Jadi semua yang ingin membuka cabang merek-merek dagang tadi harus melalui Chairul Tanjung dulu.

Baca Juga: Jokowi dan Gibran Rakabuming Pilih Nama Anak dari Bahasa Jawa, Wishnutama Sematkan Nama yang Islami untuk Putrinya yang Baru Lahir. Apa Artinya?

Karena kecerdasannya dalam manajemen uang, pria kelahiran 16 Juni 1962 pernah ditunjuk jadi Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhono. Ia menggantikan Hatta Rajasa yang saat itu naik jadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dari 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014.

Putri dan Chairul Tanjung
Instagram @putri_tanjung

Putri dan Chairul Tanjung

Jauh sebelum namanya melanglang-buana, anak dari enam saudara ini pernah mengecap pahitnya kehidupan dan dijuluki sebagai Anak Singkong alias anak kampung yang serba kekurangan karena ayahnya di-PHK.

Chairul Tanjung adalah anak dari wartawan bernama Abdul Ghafar Tanjung. Saat zaman Orde Baru, tulisannya dianggap berbahaya dan menentang penguasa. Akibatnya, mereka sekeluarga jadi bangkrut. Mereka terpaksa menjual rumah dan tinggal di satu kamar sempit di gang Batu Tulis (saat itu adalah area kumuh yang jadi simbol kemiskinan Jakarta).

Baca Juga: Kerap Bergaya Cuek Depan Kamera, Dara Ayu yang Baru Ditunjuk Jokowi Sebagai Staf Khusus Milenial Ini Rupanya Bukan Orang Sembarangan. Bapaknya Adalah Anak Singkong yang Jadi Orang Terkaya No 7 di Indonesia dalam Usia Muda

Losmen sempit tersebut dipaksa untuk jadi tempat berteduh delapan orang. Rumah barunya tersebut bahkan tidak memiliki kamar mandi, sehingga mereka harus mandi di kali.

Beruntung, orang tua Chairul Tanjung mempunyai prinsip “pendidikan itu adalah langkah yang harus ditempuh dengan segala daya dan upaya agar bisa keluar dari jerat kemiskinan”. Dengan bekal ini, mereka menyekolahkan CT hingga ke bangku kuliah.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest