Se Indonesia Penasaran, Ternyata Tato Jonathan Latumahina Ayah David Bikin Syok di Tanah Suci, Didoakan Begini

Senin, 27 Februari 2023 | 08:05
Istimewa

Tato Jonathan Latumahina ayah Cristalink David Ozora yang bikin syok di Tanah Suci Mekkah.

Fotokita.net - Sosok Jonathan Latumahina, ayah David membuat penasaran netizen se Indonesia. Ternyata tato Jonathan di sekujur tubuhnya bikin syok petugas di Tanah Suci Mekkah. Dia sampai didoakan seperti begini.

Latar belakang pengurus pusat GP Ansor itu terus menjadi sorotan belakangan ini. Sebab, anak Jonathan bernama David harus terbaring koma usai dianiaya oleh pemuda bernama Mario Dandy.

Mario Dandy merupakan anak pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo yang saat ini sudah mengundurkan diri.

Jonathan Latumahina merupakan sosok anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).Jonathan tergabung di GP Ansor di bawah kepemimpinan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Dia kerap membagikan kegiatannya bersama GP Ansor di media sosialnya.Jonathan kabarnya merupakan seorang mualaf dan anaknya David juga mualaf. Di sejumlah unggahannya ia berikan pesan pilu dengan harapan David yang kini sedang koma bisa bangun dan pulih.

Sepintas, terlihat Jonathan Latumahina adalah sosok yang seram. Tubuhnya dipenuhi tato mulai dari tangan hingga leher.Belakangan diketahui kalau Jonathan merupakan tim Cyber PP GP Ansor.

Ya, Jonathan dan David memang telah mualaf atau masuk Islam. Ia kemudian bergabung dengan DPP GP Ansor.

GP Anshor adalah salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang bergerak di bidang kepemudaan dan juga kemasyarakatan.

Di NU inilah Jonathan pun jadi salah satu tokoh ternama.Karena jadi anggota GP Anshor, Jonathan secara otomatis berada di bawah komando Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Penampilan Jonathan ini pastilah jadi sorotan karena memiliki badan yang penuh dengan tato.Seperti di leher dan juga tangannya.

Baca Juga: Bikin Murka Se Indonesia, Ibu Mario Dandy Ternyata Sudah Ketemu Ayah David, Keluarga Korban Cuma Minta Ini

Jonathan sendiri nampaknya begitu aktif di medsos.Lewat akun Twitternya @seeksixsucks, ia pun sering kali unggah foto dirinya bersama sang anak.

Ia juga sering kali aktif komentari berbagai isu di sosial media.Di akun Facebooknya sendiri, Jonathan ini nampak baru menikah pada 11 Februari lalu.

Selain itu, ada kisah bagaimana Jonathan ini jadi mulaf yang kemudian diikuti oleh sang anak, David.

David sendiri sebelumnya memutuskan mualaf pada tahun 2019 lalu.Hal ini bisa dilihat lewat unggahan dari akun Facebook Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Pada unggahan ini, Menag Yaqut pun unggah foto David kala akan masuk ke Pondok Pesantren Inggris Assalam Gunung Geulis, Bogor.

Ia pun menuliskan kalau David ini memutuskan jadi mualaf ikuti ayahnya Jonathan yang sudah jadi seorang muslim beberapa tahun sebelumnya.Di kesempatan ini, David pun nampak diantar sang ayah untuk mondok.

"Sahabatku Jonathan Latumahina (Abu qitmr) yang beberapa tahun lalu memutuskan menjadi umat Kanjeng Nabi Muhammad, hari ini mengantarkan jagoannya, David, yg Ramadlan lalu menyusul boponya menjadi muallaf, mondok di Pondok Pesantren Inggris Assalam Gunung Geulis Bogor.

"Mohon para sahabat berkenan mendoakan anak dan bapaknya itu berkah dan barokah hidupnya, manfaat dunia akherat dan selalu mencintai tanah tumpah darahnya," tulis Menag Yaqut.

Baru-baru ini, Menang Yaqut pun unggah video David kala ucapkan kalimat syahadat.Dalam video ini, David pun terlihat dibimbing oleh seorang ustaz saat jadi mualaf.

David ini disyahadatkan di daerah Muntilan, Magelang, Jawa Tengah."Ini David 3 tahun yang lalu saat datang sendiri minta disyahadatkan di daerah Muntilan Magelang.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ibu Mario Dandy Diam-diam Minta Keluarga David Lakukan Ini

"Menyusul bapaknya yang terlebih dahulu bersyahadat.Mohon doa kesembuhan atas musibah yang menimpanya karena kebiadaban mereka yang mengaku manusia.Allah kariim." tulis Menag Yaqut.

Menag Yaqut pun memohon doa pada masyarakat Indonesia agar David ini segera sadar dan bisa segera sembuh.

Selain bikin penasaran se Indonesia, ternyata ayah David ini menjalani ibadah umrah karena dibimbing sosok ini. Bahkan, tatonya sempat bikin syok petugas di Tanah Suci Mekkah.

Jonathan yang disebut ahli IT itu ternyata pernah berseteru dengan FPI--organisasi kemasyrakatan yang kini sudah dibubarkan karena dicap terlarang oleh pemerintah.

Setelah berseteru dengan FPI, Jo lalu bergabung dengan GP Ansor, organisasi sayap kanan Nahdlatul Ulama (NU) pada 2017 lalu. Cerita itu diungkap Gus Chabib Thowus Ainul Yaqin, mantan Direktur PT Sorban Nusantara.

"Merapatnya ke GP Ansor setelah berseteru dengan FPI, dia aktif sejak 2017 itu," katanya pada Jumat (24/2/2023) malam lewat telepon WhatsApp.

Hampir di setiap kesempatan rapat para Pimpinan GP Ansor, Jo nyaris tak pernah absen. Dengan gayanya yang gaul, ia tampak berada di antara barisan tokoh penting. Begitu akrabnya dengan pembesar organisasi yang didirikan sejak 1984 silam itu.

Setahun kemudian, Jo mendapat kesempatan berharga untuk ikut menunaikan ibadah umrah di Mekkah bersama para petinggi GP Ansor pada 11 Desember 2018 lalu. Pengalamannya menjadi tamu Allah ditulis oleh Jonathan di akun media sosialnya.

Lewat curhatannya itu, Jo mengaku awalnya sempat grogi saat menjalankan ibadah umrah di tanah suci karena tubuhnya penuh tato.

"Sempat ragu dan grogi karena tato. Katanya petugas imigrasi Jeddah serem, berkas saya diperiksa, petugas pun tertawa dan langsung berbahasa Inggris, padahal sebelumnya berbahasa Arab," tulisnya, 15 Februari 2020 di medsos.

Baca Juga: Keburu Dibenci Satu Indonesia, Ternyata Agnes Pacar Mario Dandy Belum Jadi Tersangka Karena Ucapan Sosok Ini

Setelah itu, lanjut dia, tibalah saatnya rombongan untuk mengambil miqat, sebab dari Jeddah harus sudah berihram kemudian melaksanakan umrah setiba di Mekkah.

Ada keajaiban ketika jelang mandi miqat dan Jo agak kesulitan menaruh barang bawaan karena tempat yang hanya berisi kamar mandi dan tempat wudu.

"Saya dibantu petugas di sana bahkan dibantu cara mengenakan kain ihram. Sambil diliatin tato saya dan berkali-kali mengucap alhamdulillah, saya juga merinding dengernya," ujarnya.

Selama di Tanah Suci, Jo merasa dibimbing oleh para petinggi GP Ansor, seperti Nuruzzaman, Wibowo Prasetyo dan Affan Rozi. Terutama soal penampilannya yang tatoan, membuat orang Arab penasaran.

"Saat menuju Arafah, sopir bus seperti nggak yakin, untung Gus Towus memberikan penjelasan, sopir malah mendoakan saya masuk surga, amin," terangnya.

Namun demikian, pria yang kini viral di jagat maya ini mengaku terkesan terhadap pelayanan dan sambutan orang Mekkah. Padahal belum lama masuk Islam alias mualaf hingga ia memiliki nama panggilan Qithmir, yakni anjing penjaga Ashabul Kahfi yang masuk surga.

"Saya menjadi saksi bahwa kisah kaum Muhajirin bersama Nabi SAW saat hijrah ke Madinah disambut kaum Anshar juga saya rasakan, penjagaan itu benar-benar ada," jelas Jonathan.

Selain itu, menurutnya, GP Ansor didirikan oleh orang-orang yang ikhlas menjaga keutuhan NKRI.

"Saya bangga menjadi kader GP Ansor dan Banser, semoga kita semua diberikan kekuatan," katanya.

Baca Juga: Fotonya Dihujat Emak-emak Se Indonesia, Agnes Pacar Mario Dandy Akhirnya Ngaku Berbuat Begini ke David

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya