Ini Keahlian Mentereng Prajurit TNI AU yang Berputar di Udara Saat Kapolda Jambi Dievakuasi

Rabu, 22 Februari 2023 | 09:26
Istimewa

Prajurit Kopasgat TNI AU sempat berputar di udara saat menjaga tandu evakuasi Kapolda Jambi.

Fotokita.net - Prajurit TNI AU yang ikut mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono sempat mengalami peristiwa menegangkan. Ketika tubuh jenderal bintang dua ini diangkat dengan heli, anggota TNI itu ikut naik. Lalu, dia tampak berputar-putar di udara sebelum masuk ke dalam kabin helikopter.

Momen itu terekam jelas dalam proses evakuasi Rusdi Hartono pada Selasa (21/2/2023) di hutan Kerinci, Jambi. Video ini viral usia diunggah di akun Instagram Polda Jambi.

Ketika tubuh Rusdi diangkat pakai tandu, adaseorang personel TNI yang ikut naik. Prajurit ini memegang dan menjaga tandu Irjen Rusdi saat diangkat ke udara.

Dalam video itu tampak prajurit TNI bersama tandu berputar semakin kencang saat semakin tinggi. Belakangan pihak TNI AU mengungkapkan penyebab tandu dan prajuritnyaberputar saat proses evakuasi menggunakan helikopter.

Istimewa

Tandu evakuasi Irjen Rusdi Hartono berhasil diangkat ke dalam kabin helikopter Super Puma TNI AU.

"Karena kondisi Kapolda mengalami cedera sehingga posisinya harus agak miring yang mengakibatkan dragbar tidak bisa balance sehingga dragbar bersama tim evakuasi dari Yonko 462 Kopasgat pada saat dinaikkan ke heli mengalami twist (berputar)," demikian keterangan dari Penerangan Kopasgat TNI AU dalam postingan di akun Instagram @kopasgat_tniau, Selasa (21/2/2023).

Tim SAR (Search And Rescue) Batalyon Komando 462 Kopasgat 'kebagian' mengevakuasi Kapolda Jambi dari hutan di Bukit Tamiai, Batang Merangin, Kerinci, Provinsi Jambi. Proses evakuasi dipimpin Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi.

Kapolda Jambi adalahsatu dari delapan penumpang Helikopter Bell 412/P-3001 milik Ditpolairud Polda Jambi yang mendarat darurat di Bukit Tamiai. Proses evakuasi Kapolda Jambi dilakukan menggunakan helikopter Super Puma H 3211 diawaki Mayor Pnb M. Ravi Rakasiw.

Proses evakuasi yang berlangsung dramatis itu dilakukan sekitar pukul 16.40 WIB. Tim SAR Yonko 462 mengevakuasi Kapolda Jambi dengan menggunakan teknik Hoisting.

"(Proses evakuasi) diantisipasi dengan double safety perlengkapan yang digunakan oleh tim SAR Yonko 462 Kopasgat," katanya,

Baca Juga: Dipuji Kapolri, Ini Sosok Prajurit TNI AU yang Berputar-putar di Udara Saat Evakuasi Kapolda Jambi

Istimewa

Prajurit Kopasgat TNI AU ikut naik bersama tandu Irjen Rusdi Hartono saat evakuasi pakai heli di hutan Kerinci.

Lantas, siapa prajurit TNi AU yang ikut berputar-putar di udara saat Kapolda Jambi dievakuasi memakai heli? Ternyata anggota militer ini punya keahlian mentereng. Begini profilnya.

Namanya adalah Kopda Ahmad Nofrizal. “Alhamdulillah (evakuasi) lancar,” kata dia, saat tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi, Selasa 21 Februari 2023 sore.

Dia mengakui, banyak yang menanyakan apakah dia mengalami pusing saat berputar-putar ketika evakuasi Kapolda Jambi.

“Kata orang kan pusing. Alhamdulillah tidak. Karena saya penerjun juga, jadi bisa cepat menyesuaikan diri di medan,” kata pria ini.

Kopda Ahmad Nofrizal ini,bertugas di Batalyon Komando 462 Kopasgat Pekanbaru.

“Saya penerjun sekaligus Tim SAR,” kata pria berusia 35 tahun ini.

Istimewa

Kopda Ahmad Nofrizal, prajurit TNI AU yang punya keahlian mentereng ikut evakuasi Kapolda Jambi.

Dalam heli evakuasi tersebut kata dia, ada 7 orang termasuk sang komandan. Saat itu kata dia, dia mendapat perintah untuk melaksanakan evakuasi di bawah.

Diakuinya, medan di lapangan cukup sulit. Gelap karena awan, ditambah kecepatan angin mencapai 15 knot.

“Begitu sampai di bawah, saya lihat Kapolda Jambi tangannya patah,” kata dia.

Dia lalu menyetting dragbar, untuk menyesuaikan dengan bobot Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.

Baca Juga: Cedera Parah, Ini Kebiasaan Kapolda Jambi yang Bikin Kuat Bertahan Berhari-hari di Hutan Kerinci

“Saya ikat ulang tali webbing, saya kaitkan lagi. Pokoknya bapak (kapolda, red) harus safety,” kata dia.

Putaran pertama kata dia, masih lambat. Di atas makin kencang.

“Pokoknya saat itu, saya hanya pastikan tangan saya tidak lepas, karena bisa bahaya. Sampai menunggu rekan lain menyambut,” kata dia.

Saat melaksanakan evakuasi, prajurit TNI ini mengaku sama sekali tidak nervous, meski orang di hadapannya adalah orang nomor satu di Polda Jambi.

“Walau itu Kapolda Jambi, kita tidak boleh nervous (gugup),” kata dia. Karena jika gugup, malah pekerjaannya akan terganggu.

Untuk Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Kopda Ahmad Nofrizal berharap agar Rusdi cepat sembuh dan bisa bertugas lagi.

Baca Juga: Kepalanya Diganjal, Kondisi Kapolda Jambi Ditangani Dokter Tim SAR, Ada Tabung Oksigen

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya