Biodata Pilot Susi Air, Wajah Awet Muda Tapi Umur Jauh Lebih Tua Dibanding Egianus Kogoya, Fotonya Dirilis KKB

Kamis, 16 Februari 2023 | 08:00
Istimewa

Pilot Susi Air yang disamdera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Fotokita.net - Biodata pilot Susi Air Capt.Philip Mark Mehrtens terungkap. Dalam foto yang dirilis KKB, wajah pilot berkebangsaan Selandia Baru terlihat awet muda. Padahal umurnya jauh lebih tua dari Egianus Kogoya, pemimpin KKB yang menyanderanya.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB-OPM menyatakan kondisi Philip dalam keadaan sehat meski di bawah penyanderaan mereka.

Untuk membuktikan kondisi pilotpesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY dalam kondisi sehat, OPM merilis foto dan video melalui akun Facebook.

TPNPB-OPM merilis foto dan video yang memperlihatkan kondisi Philip. Di tengah-tengah hutan, Philip mengenakan kaos Papua Merdeka, celana pendek, jaket jeans dan topi gunung.

Dalam sejumlah foto dan video yang dirilis OPM, terlihat Philip dalam kondisi baik. Dalam foto dan video itu, pilot asal Selandia Baru itu terlihat sedang memakai celana pendek dan baju berwarna hitam, dibalut jaket jeans berwarna biru.

Ia juga terlihat memakai topi dan sepatu lengkap, tengah berdiri dikelilingi plah pasukanTPNPB-OPM. Dan beberapa anggota OPM tersebut tengah memegang senjata api.

Istimewa

Pilot Susi Air dikelilingi anak buah Egianus Kogoya, yang menyanderanya sejak pembakaran pesawat di Kampung Paro.

Dalam salah satu foto, terlihat Philip tengah berdiri bersama sejumlah anggota OPM sambil mengepal dan mengangkat tangan kanannya.

Dalam foto itu, Philip diapit oleh anggota OPM dengan atribut bendera Bintang Kejora. Pria di sebelah kanan Philip memakai jaket dengan gambar bendera Bintang Kejora.

Sementara pria yang di sebelah kirinya memegang sebuah batang kayu dengan bendera Bintang Kejora yang terikat di sana.

Dalam foto lainnya, bahkan terlihat Philip tengah memakai baju kaos berwarna hitam dengan gambar bendera Bintang Kejora di dadanya dan dikerumuni oleh pasukan pemanah.

Baca Juga: Foto-foto Anak Buah Egianus Kogoya Bakar Pesawat Susi Air, Kondisi Pilot Terkuak

Istimewa

KKB membakar pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY dan menyandera pilot Capt. Philip Mark Mehrtens.

Philip sudah sepekan disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya, sejak pesawat Susi Air yang dia piloti dibakar pada Selasa (7/2/2023) lalu.

Dalam sejumlah video yang dirilis oleh OPM, ada sebuah video berisikan Philip yang sedang menyampaikan pesan kepada publik yang menyaksikan.

Dalam video itu, Philip menyatakan kalau ia ditangkap oleh OPM terkait dengan perjuangan mereka untuk memerdekakan Papua. Pesan itu disampaikan Philip dalam dua Bahasa, yakni Indonesia dan Inggris.

"Kelompok Papua menangkap saya dan mereka berjuang untuk kemerdekaan Papua. Mereka minta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak mereka tetap menahan saya dan keselamatan saya akan terancam," ujar Philip.

Dalam sebuah video, TPNPB-OPM mengancam akan menembak Philip jika TNI dan Polri menurunkan anggotanya untuk memburu mereka.

Anak buah Egianus Kogoya menegaskan, jika pemerintah Indonesia ingin pilot Susi Air itu dalam keadaan selamat, maka pasukan TNI Polri tidak boleh mengejar mereka.

Istimewa

Pembakaran pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY. Sementara, pilot Capt. Philip Mark Mehrtens disandera.

"TNI Polri tidak boleh menghajar kami sampai, kalau kejar kami, kami akan tembak pilot," kata salah satu anggota TPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya melalui video, Selasa (14/2/2023).

Sementara itu, Juru Bicara Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom pada Selasa (14/2/2023) menyebarkan sebuah video kepada awak media. Dia memberikan pernyataan atas peristiiwa penyanderaan pilot Susi Air itu.

Meski statusnya sebagai sandera, Sebby menyatakan Phillips diperlakukan dengan baik. Sebby bahkan menganggap Phillps sebagai sahabat dari Selandia baru.

"Dalam keadaan baik baik dan sehat. Jadi pilot itu ditahan sebagai teman dan sahabat dari tetangga kami terdekat, New Zealand," ujar Sebby.

Sebby mengatakan, OPM menyandera Philip sebagai jaminan politik agar bisa bernegosiasi mengenai kemerdekaan Papua Barat.

Baca Juga: Disandera Egianus Kogoya, Kondisi Pilot Susi Air Berubah, Fotonya Dirilis OPM

Istimewa

Pilot pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY Capt. Philip Mark Mehrtens bersama para penyanderanya.

Pernyataan itu disampaikan Sebby saat didampingi Ketia Dewan Militer TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma, Mayor Oscar Wandikbola.

"Kami sampaikan bahwa secara resmi kami telah terima foto dan video pasukannya [Oscar], di mana mereka melaporkan pilot asal Selandia Baru resmi mereka tahan sebagai jaminan politik sebagai negosiasi hak kemerdekaan Papua Barat," ujar Sebby.

Dalam foto yang dirilis KKB, wajah Philip Mark Mehrtens terlihat awet muda. Padahal, umur sang pilot jauh lebih tua dari Egianus Kogoya, yang menyanderanya.

Umur Philip saat ini 37 tahun. Dia lahir diChristchurch, Selandia Baru pada 16 September 1986. Dia adalah pemilik paspor nomorLM553526.

Dalam sebuah keterangan, paspor milik Philip berlaku hingga8 Maret 2028. Dia memiliki visa bekerja sebagai karyawan PT. Asi Pudjiastuti Aviation.

Sementara itu, melansir sejumlah laporan media, KKB pimpinan Egianus Kogoya memang kerap beraksi di Nduga. Pada Sabtu (13/7/2022), aksi kelompok ini menyebabkan dua anggota TNI dari Yonif 751/VJS terluka setelah terlibat insiden baku tembak.

Dua anggota TNI itu adalah Lettu Inf Sukma Panunjang dan Praka Abdul Hamid.

Sosok Egianus Kogoya merupakan pimpinan KKB Papua di Kabupaten Nduga. Ia disebut sebagai putra dari seorang tokoh Organisasi Papua Merdeka atau OPM yang telah meninggal dunia yakni, Silas Kogoya.

Sebagai seorang pemimpin kelompok bersenjata, umur Egianus Kogoya tergolong masih sangat muda.Melansir laman Wikipedia, Egianus Kogoya disebut lahir pada tahun 1999. Artinya, ia kini masih berusia 24 tahun.

Di laman Wikipedia, Egianus Kogoya diperkirakan memiliki anggota sekitar 50 orang. Mereka tercatat terlibat sejumlah aksi penyerangan. Mulai dari penembakan pesawat Twin Otter PHK-HVU pada 2018, penyanderaan guru dan tenaga medis di Distrik Mapenduma di tahun yang sama.

Egianus juga memimpin KKB saat melakukan penyekapan dan pembunuhan pekerja PT Istaka Karya di Bukit Puncak Kabo pada Desember 2018.

Baca Juga: Bantai Ustaz Setelah Idul Adha, Ini Foto Tampang Egianus Kogoya Gembong KKB Papua, Ngaku Sandera Pilot Susi Air

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya