Makin Sibuk Saat Ramadan, Ini Cara Buat Tampilan Dapur Kecil Putih Selalu Bersih, Fotonya Estetik

Selasa, 07 Februari 2023 | 12:04
Instagram

Foto dapur kecil warna putih yang tampak selalu bersih selagi makin sibuk selama bulan Ramadan.

Fotokita.net - Kesibukan dapur kecil yang dipulas dengan warna putih semakin meningkat saat Ramadan. Sebab, kegiatan memasak menjadi lebih sibuk selama penghuni rumah minimalis menjalani ibadah di bulan suci.

Sekalipun berukuran kecil, ruang memasak memegang peran penting bagi keluarga dalam menjalani ibadah. Lantaran makin sibuk, jangan khawatir tempat mengolah makanan yang serba putih menjadi kotor dan kusam.

Inilah cara membuat dapur kecil warna putih selalu bersih saat kegitan memasak makin sibuk di bulan Ramadan. Fotonya pun makin estetik.

Punya dapur kecil atau area memasak sempit bukan berarti tidak bisa membuatnya cantik dan dekoratif.

Salah atau ide membuat desain ruang memasak kecil adalah dengan tema serba putih. Lemari dapur, meja dapur, dan dinding putih bisa membuat dapur kecil tampak luas dan cerah.

Namun, sama halnya dengan pakaian putih atau furnitur putih, tempat menyiapkan makananserba putih juga membutuhkan perhatian ekstra dalam hal kebersihan dan perawatan. Terlebih, area ini makin sibuk digunakan di bulan Ramadan.

Merujuk ulasan dari Apartment Therapy, Selasa(7/2/2023), berikut beberapa cara buatdapur kecil warnaputih agar selalu tampak bersih. Fotonya pun jadi estetik.

1. Fungsikanexhaust fan ketika memasak

Dalam hal mempertahankan ruang memasakserba putih, pencegahan adalah salah satu pendekatan terbaik.

Jauh lebih mudah untuk menjaga semuanya terlihat bersih jika kita tidak membuat kekacauan besar sejak awal.

Baca Juga: Tampilan Foto Dekorasi Dapur Mungil Lebih Mewah Saat Ramadan, Resepnya Fokus di Detail

Instagram

Langsung segera bersihkan setiap kali habis memasak di ruangan yang berukuran kecil ini.

Jelas, tidak mungkin untuk berhenti memasak sama sekali, tetapi Anda dapat melakukan hal sederhana untuk mencegah penumpukan berminyak di dinding dapur dan area sekitarnya.

Kevin Geick, manajer di perusahaan pembersihan Bio Recovery, menyarankan untuk menyalakan kipas angin atau exhaust fan maupun cooker hood setiap kali Anda memasak.

2. Bersih-bersihdapur usai memasak

Para ahli di perusahaan pembersih yang berbasis di Inggris, Top Cleaners, mengatakan jika kita ingin dapur kecil putih tetap bersih, maka penting untuk membersihkannya setiap kali selesai memasak.

Ini terutama jika kita memasak dengan bahan yang mudah menodai permukaan dapur, seperti minyak, tomat, dan lemak hewani.

Tetesan makanan, sekecil apapun, dapat mendarat di lemari dan meja dapur. Noda ini akhirnya secara permanen menodai permukaan putih.

Jika noda menempel, tidak banyak pembersih profesional yang dapat membantu.

3. Hindari alat pembersih yang keras

Tip sederhana namun cerdas lainnya dari Top Cleaners adalah saat Anda membersihkan dapur putih, jangan gunakan sikat berbulu keras.

Warna putih cenderung menonjolkan goresan, jadi sebaiknya gunakan sikat berbulu lembut atau kain mikrofiber untuk menghilangkan noda.

Baca Juga: Ramadan Lebih Segar, Tampilan Dapur Mungil Diubah Pakai Warna Terbaik, Potretnya Jadi Beda

4. Pakaicuka agar noda lenyap

Cuka putih yang diencerkan dengan air suam-suam kuku, kata para ahli di Top Cleaners, adalah cara yang bagus untuk menghilangkan noda yang mengganggu dari permukaan putih.

Kita perlu melakukannya segera setelah percikan atau tumpahan terjadi.

Cuka juga luar biasa dalam membersihkan sisa minyak, jadi cobalah memasukkan cuka dan air suam-suam kuku ke dalam botol semprot dan menggunakannya untuk membersihkan dinding dapur atau lemari dapur yang terkena noda.

Namun, jika kita memiliki meja dapurmarmer, jangan pernah menggunakan cuka.

Sebagai gantinya, pilihlah produk pembersih khusus yang ditujukan untuk batu alam.

5. Hindari memakaiproduk pembersih berwarna

Sementara para ahli Top Cleaners mengatakan sabun dan cairan cuci piring bisa menjadi pilihan yang baik untuk membersihkan dapur putih.

Namun, hanya gunakan yang berwarna putih atau bening. Tergantung pada permukaannya, beberapa produk berwarna dapat menyebabkan noda yang terlihat.

Baca Juga: Gak Ganggu Belanja Ramadan, Meja Dapur Dipermak Pakai Model Gini, Fotonya Estetik

6. Bersihkan nat keramik secara teratur

Jika kita memiliki dinding dapur keramik putih dengan nat putih, penting untuk menjaga garis-garis itu tetap bersih.

Alex Varela, manajer umum Dallas Maids, menyarankan untuk menggabungkan soda kue, cuka, dan air hangat untuk membentuk pasta, lalu mengoleskannya ke nat dan menggunakan sikat gigi untuk menggosok. Setelah itu, pastikan untuk membilasnya dengan banyak air.

7. Bersihkan bagian bawah alat masak denganteratur

Johnny Pallares, pemilik De La Rosa House Cleaning di Phoenix, selalu memastikan untuk membersihkan di bawah peralatan kecil klien saat dia membersihkan dapur serba putih.

“Remah dan kotoran makanan dapat menumpuk di bawah microwave dan pemanggang roti, dan terlihat jauh lebih buruk jika menumpuk di dapur putih,” kataPallares.

Baca Juga: Kemeriahan Budaya Sambut Ramadan di Indonesia. Lihat Foto-fotonya Yuk

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya