Punya Rencana Begini, Foto Penampilan Baru Tiko Diviralkan, Rumah Mewah Ibu Eny Lebih Segar

Jumat, 06 Januari 2023 | 08:54
Instagram

Foto penampilan baru Tiko pemuda yang merawat ibunya, Eny Sukaesih selama 12 tahun diviralkan.

Fotokita.net - Tiko yang merawat sang ibunda, Ibu Eny selama 12 tahun di rumah mewah tanpa listrik dan airsudah punya rencana begini.

Setelah rumah dua tingkat miliknya dibersihkan, foto penampilan baru Tiko diviralkan di jagat maya.

Terkini, rumah mewah yang dihuni Tiko dan Ibu Eny terlihat lebih segar. Bagian dalamnya masih menampakkan sisa kemewahan yang pudar karena dimakan waktu.

Pemuda berusia 23 tahun yang merawat ibunya di rumah terbengkalai tanpa air dan listrik selama 12 tahun kini mulai membaik nasibnya.

Usai kisahnya viral dan akhirnya mendapat bantuan para warga hingga petugas yang berwenang, kehidupan Tiko pun perlahan-lahan mengalami perbaikan.

bu Eny dan Tiko tinggal di rumah mewah di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Disebutkan Ibu Eny diduga mengalami depresi sejak ditinggal suami, Herman Moedji Susanto padatahun 2010.

Tiko merupakan anak semata wayang dari Bu Eny. Mereka berdua bertahan di rumah mewah itu sejak ditinggal sang ayah sejak tahun 2010.

Selama 12 tahun, Tiko menjaga ibunya dengan segala keterbatasan. Perceraian dan kondisi ekonomi membuat Ibu Eny depresi.

"Mungkin karena kepergian papah dan kondisi yang begitu mendadak kolaps usahanya," tutur Tiko saat ditemui di rumahnya, Kamis (5/1/2022).

Tiko yang saat ini bekerja sebagai sekuriti perumahan di kawasan tempat tinggalnya menceritakan ibunda dan ayahnya merupakan rekanan dari Departemen Keuangan. Sebelum kondisi ibundanya memburuk, Tiko keliling jualan gorengan.

Baca Juga: Terlanjur Bawa-bawa Ayah Tiko, Perabotan Rumah Mewah Ibu Eny Dijual Sosok Ini, Foto Kondisi Terkininya Beredar

Instagram

Tinggal di rumah mewah tanpa listrik dan air, Ibu Eny mengalami depresi setelah ditelantarkan suaminya sejak tahun 2010.

Setahun setelah ditinggalkan orang tuanya, listrik di rumah ibu Eny diputus. Sementara untuk air bersih, Tiko dan ibunya memanfaatkan pompa air di dekat rumahnya.

Saat ini, Bu Eny sedang menjalani perawatan di rumah sakit (RS).

Dia mengatakan akan tetap merawat ibundanya di rumah sepulang dari rumah sakit.

"Dirawat jalan nanti rencananya, jadi aku rawat sendiri di rumah," ujar pemuda yang disebut pintar ini.

Tiko menuturkan kondisi rumahnya sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya. Damkar sudah bersih-bersih dengan menyemprot debu tebal.

Selain itu, lanjut dia, sejumlah orang membantu untuk kebutuhan rumah. Dia berharap ibundanya bisa segera membaik.

"Jadi nanti ke depannya ada beberapa bantuan ya alhamdulillah dari pihak mana pun yang akan bantu nanti, listrik, air, dan kebutuhan rumah lain nanti ada yang bantu," terang anak muda yang mulai tersenyum menjelaskan rencana masa depan.

Tiko menerangkan, sejauh ini belum ada niat untuk menjual rumahnya di kawasan Cakung itu. Dia mengatakan rumah yang ditinggalinya saat ini akan tetap dipertahankan.

Istimewa

Kondisi rumah besar yang dihuni Ibu Eny dan Tiko saat dibersihkanz

"Aku tahu Mama mau mempertahankan rumah, jadi aku tetap mempertahankan rumah, untuk niatan jual sampai sekarang nggak ada sama sekali," papar anak Herman Moedji Susanto itu.

Tiko mengatakan ada kemungkinan bertahan di rumah yang terbengkalai itu lantaran merupakan peninggalan sang ayah. Untuk kebutuhan hidup, Tiko saat ini bekerja sebagai petugas sekuriti di kawasan rumahnya.

"Nggak ada (niat jual rumah), paling ditempatin lagi," sebut anak muda yang mengalami putus sekolah itu.

Baca Juga: Bantuan Uang Disetop, Tiko Dapat Pekerjaan dari Sosok Ini, Foto Interior Rumah Mewah Ibu Eny yang Sudah Bersih Bikin Terkejut

Istimewa

Tiko sudah punya rencana begini. Kondisinya mengalami perbaikan setelah mendapatkan banyak bantuan.

Saat pertama dibersihkan, kondisi rumah mewah Ibu Eny tersebut memprihatinkan.

"Sangat prihatin," kata Ketua grup zona 6 petugas penanganan prasarana sarana umum (PPSU) Cakung, Usman A Latief, saat ditemui di rumah Bu Eny, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (5/1/2023).

Selain itu, kata Latief, aroma tidak sedap juga melingkupi rumah tersebut. Ia memaklumi lantaran rumah tersebut tak ditempati selama 12 tahun.

"Ada sih (aroma tidak sedap). Bau kayak rumah yang lama ditinggal," ujarnya.

Latief menambahkan dari sekian ruangan, kondisi yang paling berantakan adalah dapur. Selain itu, ada juga tumbuhan liar yang berada di rumah tersebut.

detikcom

Kondisi daour mewah di rumah besar yang dihuni Ibu Eny dan Tiko setelah dibersihkan petugas gabungan.

"Dapur parah, berserakan. Barang-barangnya. Sekarang udah bersih," aku dia.

"Rumput sama pohon, di depan rumah," imbuhnya.

Pihaknya sendiri membersihkan rumah mewah ibu Eny sejak Selasa (3/1). Total ada 9 personel yang bertugas membersihkan rumah bu Eny hari ini.

Para petugas, kata Latief, membersihkan dari bagian depan, dalam hingga lantai atas rumah tersebut.

"Pembersihan semua. Lantai atas, lantai bawah, kamar, teras," ucapnya.

Usai kepergian ibunya ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan, Tiko pun berujar lirih bahwa tak bisa kehilangan ibunya. Tiko mengaku rela kehilanhan segalanya termasuk masa depan dan harta.

Baca Juga: Hidup Menderita Ditelantarkan Ayah, Ini Alasan Tiko Enggan Jual Rumah Mewah Ibu Eny, Foto Dapurnya Terlihat Begini

Instagram

Netizen terkejut melihat foto penampilan baru anak semata wayang Ibu Eny, yang tinggal di rumah besar terbengkalai.

Asalkan, kata Tiko, dia tidak bisa kehilangan ibunya yang sempat merawatnya sejak kecil. Tiko mengaku tak bisa kehilangan ibunya setelah kepergjan sang ayah beberapa tahun silam. Tiko relakan pendidikannya untuk mengurus ibu yang melahirkannya.

"Saya tidak takut kehilangan masa depan saya dan saya tidak takut kehilangan harta saya, yang saya takit kehilangan ibu saya," ujar Tiko dilansir dari Instagram @insta_julid, Junat (6/1/2023).

"Ibu yang melahirkan saya, ibu yang membesarkan saya, saya tidak mau kehilangan ke dua kalinya setelah ayah saya pergi. Ibu seburuk apapun kondisimu sekarang, aku akan tetap ada di samping ibu," ujar Tiko.

Usai kisahnya viral dan akhirnya mendapat bantuan para warga hingga petugas yang berwenang, kehidupan Tiko pun perlahan-lahan mengalami perbaikan.

Saat pertama kali viral, Tiko nampak kurang terawat dengan rambut yang sedikit gondrong. Kini, ia perlahan menata penampilannya dimulai dari memotong rambutnya. Tampil dengan rambut baru, Tiko pun menjadi sorotan netizen.

Penampilan baru Tiko diviralkan oleh salah satu akun gosip di Instagram yaitu @lambegosiip. Dalam video yang beredar, anak dari Ibu Eny yang mengidap depresi itu tampil dengan rambut pendek dan rapi. Ia juga sudah bisa tersenyum dengan sumringah.

Selain rambut, tak banyak yang berubah dari penampilannya. Ia pun masih gemar mengenakan pakaian sederhana yakni kaus dan celana panjang.

Meski hanya mengubah gaya rambut dan tetap berpenampilan sederhana, namun netizen menyadari bahwa Tiko mulai memancarkan aura orang kaya.

Kalo kata suami gue. Aura orang kaya kalo emang udah miskin tetep kaya. Wkwkwkw,” komentar netizen.

Dr video ini aj keliatan bangets aura nya anak2 Gedongan,” timpal netizen lain.

Pas ud gini ud keliatan aura horang kaya aja.. Padahal cuma kaos biasa,” imbuh netizen berpendapat sama tentang Tiko.

Baca Juga: Diselimuti Debu Tebal, Foto Kondisi Interior Rumah Mewah Ibu Eny dan Tiko Diunggah, Hiasan Dindingnya Jadi Sorotan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya