Suaminya Terseret-seret Kasus Brigadir J, Istri Brigadir Daden Ajudan Irjen Ferdy Sambo Punya Gelar Mentereng, Foto Sosoknya Masih Jadi Misteri

Senin, 08 Agustus 2022 | 10:32
Facebook

Istri Brigadir Daden yang suaminya ikut terseret-seret kasus Brigadir J ternyata punya gelar mentereng. Foto sosoknya masih jadi misteri.

Fotokita.net - Brigadir Daden Miftahul Haq disebut-sebut sebagai orang dari squad lama yang pernah dilontarkan Brigadir Yosua atau Brigadir J. Namun, Brigadir Daden justru mengaku dia menjadi teman curhat Brigadir J. Foto sosoknya sudah beredar di media massa.

Brigadir Daden tampil ke publik ketika mendatangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada Senin (1/8/2022). Dia datang untuk memberikan keterangan terkait kasus kematian Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Suaminya ikut terseret-seret kasus kematian Brigadir Yosua, istri Brigadir Daden Miftahul Haq ternyata punya gelar mentereng ini. Foto sosok istri ajudan Irjen Ferdy Sambo masih jadi misteri hingga kini.

Beberapa wartawan foto sempat mengabadikan sosok Brigadir Daden saat mendatangi kantor Komnas HAM. Dia memenuhi panggilan pemeriksaan bersama empat asisten rumah tangga (ART) keluarga Irjen Ferdy Sambo.

Tiba di kantor Komnas HAM, Brigadir Daden terlihat mengenakankemeja hitam celana blue jeans. Separuh wajahnya ditutupi dengan masker hitam. Dia terus berjalan memasuki kantor sembari menenteng map berwarna kuning.

Brigadir Daden enggan membuka mulutnya. Dia sama sekali tak mau memberikan keterangan apapun. Dikawal petugas keamanan,Brigadir Daden serta empat art lainnya masuk menuju lantai atas untuk menjalani pemeriksaan sekitar pukul 10.15 WIB.

Beberapa waktu lalu, pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak membagikan foto tangkapan layar dari video call Yosua dengan kekasihnya, Vera Simanjuntak. Dalam foto itu, Brigadir Yosua terlihat menangis tersedu-sedu. Wajahnya memerah.

Baca Juga: Siapa Brigadir RR? Ternyata Cuma Satu Ajudan Istri Ferdy Sambo dengan Inisial Sama, Sempat Bilang Begini ke Komnas HAM Hingga Foto Sosoknya Muncul

Facebook

Istri Brigadir Daden yang suaminya ikut terseret-seret kasus Brigadir J ternyata punya gelar mentereng. Foto sosoknya masih jadi misteri.

Kamaruddin membagikan foto Brigadir J menangis melalui akun media sosial miliknya. Brigadir J sedang mencurahkan rasa cemasnya pada sang kekasih, Vera. Ajudan Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo itu dikatakan mendapat ancaman pembunuhan dari rekan sesama ajudan.

Saat wartawan melakukan konfirmasi, Kamaruddin membenarkan bahwa sosok yang mengancam itu adalah rekan sesama polisi. Namun, sosok itu bukanlah Bharada E yang disebut terlibat baku tembak dengan korban.

Pelaku adalah ajudan yang berinisial D, yang sudah lama bekerja bersama Brigadir J. Diduga, sosok tersebut adalah Brigadir Daden Miftahul Haq yang merupakan rekan korban.

"Squad lama itu inisial D, berpangkat Brigadir," beber Kamaruddin melalui pesan singkat kepada wartawan pada Kamis (28/7/2022).

Jawaban ini menerangkan unggahan dan penuturan Kamaruddin sebelumnya mengenai pelaku pengancaman. Dalam keterangan lalu, sang kuasa hukum mengaku sudah mengantongi nama pengancam Brigadir J.

Kamaruddin mengatakan mendiang pernah meminta kekasihnya, Vera, untuk mencari pria lain sebagai penggantinya. Brigadir J sampai menangis ketakutan dan merasa akan dibunuh oleh squad lama yang sudah mengancamnya.

Bukti digital yang disampaikan Kamaruddin itu pertama kali diungkap pada Sabtu (23/7/2022). "Kami sudah menemukan jejak digital dugaan pembunuhan berencana," kata Kamaruddin kepada wartawan.

Baca Juga: Bukan Cuma Irjen Ferdy Sambo, Ajudan Eks Kadiv Propam Ternyata Rayakan Ultah Pernikahan Sebelum Brigadir J Tewas, Begini Foto Wajah Istrinya

Facebook

Istri Brigadir Daden yang suaminya ikut terseret-seret kasus Brigadir J ternyata punya gelar mentereng. Foto sosoknya masih jadi misteri.

"Sudah ada rekaman elektronik di mana almarhum saking takutnya, di bulan Juni 2022, dia sampai menangis," tambahnya.

Kamaruddin enggan memberi rincian mengenai bukti terbaru itu. Ia hanya menyinggung bahwa ancaman pembunuhan pada Brigadir J terus dilakukan oleh seseorang hingga berakhir pada kejadian nahas di hari Jumat (8/7/2022).

"(Berupa-red) rekaman elektronik, nanti teknisnya pada saatnya akan kami ungkap," ujar Kamaruddin. "Kemudian ancaman pembunuhan itu berlanjut terus, hingga satu hari menjelang pembantaian."

Tudingan Brigadir Daden terlibat dalam pengancaman terhadap Yosua mendapat bantahan dari pengacara keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis. Sebelumnya, Arman membenarkan kedatangan Brigadir Daden ke kantor Komnas HAM.

Arman menyangkal apabila Brigadir Daden disebut sebagai orang yang mengancam Brigadir J. Hal itu telah didapat usai melakukan wawancara terhadap ketujuh ajudan Irjen Ferdy Sambo.

"Nah itu kan saya bilang, bagaimana mungkin D ini mengancam. Saya juga kan mewawancarai para ajudan juga itu bagaimana mungkin D itu mengancam, sedangkan Brigadir J itu orang yang paling dipercaya mengatur segala kebutuhan kebutuhan keluarga FS (Ferdy Sambo) lah ya," ungkap dia.

Bahkan Arman mengatakan dengan tugas Brigadir J yang turut mengatur kebutuhan keluarga Ferdy Sambo, tidak mungkin rekan-rekan sesama ajudan ada saling mengancam, termasuk Brigadir Daden yang disebut sebagai teman curhat.

"Artinya bagaimana mungkin, Brigadir D dan Brigadir J ini sahabat teman curhat. Bagaimana dia mau mengancam. Artinya kan setelah saya selesai dapat beritakan saya tanya dong," ujar Arman.

Baca Juga: Ajudan Irjen Ferdy Sambo LIburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh

Facebook

Istri Brigadir Daden yang suaminya ikut terseret-seret kasus Brigadir J ternyata punya gelar mentereng. Foto sosoknya masih jadi misteri.

"Dia (Brigadir D) jawab, bagaimana mungkin saya berani Pak arman, itu kawan saya teman curhat saya mau ancam, sedangkan dialah yang mengatur semua," tambah Arman.

Oleh karena itu, Arman pun meminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu hasil penyidikan Tim Khusus Polri, agar kasus baku tembak ini bisa terungkap dengan jelas.

Awal mula tercuat nama Brigadir Daden, ketika Arman menanggapi kabar Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat mengaku mendapat ancaman pembunuhan dari 'Squad Lama'.

Menanggapi hal itu, Arman menepis soal tudingan adanya ancaman terhadap Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat oleh 'Squad Lama'. Ia memastikan, tidak adanya hal yang dimaksudkannya itu.

"Ya squad lama itu siapa, kalau yang disebut di berita itu Brigadir D, saya pastikan itu tidak ada, itu tidak mungkin. Kan saya juga sudah tanya juga Brigadir D, ini beritanya gimana, benar tidak. Ya tidak mungkin lah, saya teman baik, saya teman curhatnya, lupa apa seangkatan atau apa lah ya," kata Arman kepada wartawan pada Sabtu (30/7/2022).

Suaminya ikut terseret-seret kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J, istri Brigadir Daden Miftahul Haq ternyata punya gelar mentereng ini. Foto sosok istri ajudan Irjen Ferdy Sambo masih menjadi misteri.

Brigadir Daden menikah pada November 2021. Dia menyunting wanita pujaan hatinya yang bernama Popy Desiyanti. Foto bukti pernikahan Brigadir Daden diunggah salah satu pengguna media sosial.

Melalui foto yang dibagikan, pengguna media sosial itu berdiri di sebelah papan bunga ucapan selamat kepada Brigadir Daden atas pernikahannya. Di foto papan bunga itu, pangkat Daden Miftahul Haq tertulis sebagai Brigadir Satu atau Briptu, satu tingkat lebih rendah dibandingkan saat ini.

Baca Juga: Ternyata Surat Tugas Bharada E Bukan Jadi Ajudan, Ketahuan Dapat Pistol dari Sosok Ini, Foto Sosoknya Sampai Dicari

Facebook

Istri Brigadir Daden yang suaminya ikut terseret-seret kasus Brigadir J ternyata punya gelar mentereng. Foto sosoknya masih jadi misteri.

Papan bunga itu sengaja diberikan ADC (aide de camp) atau ajudan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo kepada Brigadir Daden yang sedang berbahagia.Dia secara resmi menyunting Popy Desiyanti, wanita pujaan hatinya yang memiliki gelar mentereng, yaitu Sarjana Hukum. Sayangnya, tak ada keterangan lebih lanjut, istri Brigadir Daden mendapatkan gelar SH dari universitas mana. Foto sosoknya juga masih menjadi misteri.

Dalam akun media sosialnya, Brigadir Daden juga tidak pernah mengunggah foto keluarganya. Dia hanya mengunggah foto dirinya bersama rekan kerjanya. Dia juga pernah membagikan foto Irjen Ferdy Sambo saat masih merintis karirnya.

Komnas HAM yang sudahmemeriksa para ajudan Irjen Ferdy Sambo menemui sejumlah kejanggalan. Menurut Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, tujuh ajudan tersebut memberi keterangan yang berbeda.

Bahkan, beberapa dari mereka melakukan aksi tutup mulut dengan hanya mengaku tidak tahu. Dalam upaya membongkar kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Komnas HAM melakukan penyidikan independen.

Untuk itu, pihaknya meminta keterangan dari sejumlah saksi terkait, antara lain rekan ajudan Brigadir J. Komnas HAM sempat juga meminta keterangan mengenai barang bukti CCTV di rumah dinas yang dikatakan telah rusak.

Namun pihaknya justru mendapatkan jawaban yang simpang siur. "Sebagian enggak tahu, tapi sebagian mengatakan banhwa itu sudah rusak sebelumnya," kata Taufan melalui tayangan di kanal YouTubemetrotvnews.com,Jumat (5/8/2022). "Kan tidak sama dengan keterangan sebelumnya. Makanya kita timbul pertanyaan, ada apa?" "Apakah ini memang misinformasi di antara mereka, atau sesuatu."

Taufan menerangkan bahwa seorang ajudan mengatakan bahwa CCTV di rumah dinas tersebut rusak karena tersambar petir. Namun, ajudan lain mengatakan bahwa barang bukti penting itu sudah sejak lama rusak dan tak bisa dipergunakan. "Satu bilang katanya disambar petir, satu lagi bilang, 'Oh enggak, itu sudah sejak bulan lalu rusak'," beber Taufan.

Hal ini tentu menghambat proses pemeriksaan oleh Komnas HAM. Apalagi untuk membuktikan bahwa istri Ferdy Sambo benar dilecehkan Brigadir J atau tidak. "Kan pusing kita. Sementara kita ingin mencari kejelasan dalam kasus ini. Harus dijawab apakah pelecehan itu betul terjadi, sebab sekarang saudara Yosua sudah meninggal dunia, ibu PC adalah satu-satunya sumber informasi itu," tandas Taufan.

Baca Juga: Pangkatnya Lebih Tinggi dari Brigadir J, Ajudan Irjen Ferdy Sambo Ini Ngumpet di Balik Kulkas Saat Bharada E Balas Tembakan, Begini Foto Sosoknya

Facebook

Istri Brigadir Daden yang suaminya ikut terseret-seret kasus Brigadir J ternyata punya gelar mentereng. Foto sosoknya masih jadi misteri.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya